Generasi Baby Boomer Jadi Generasi Emas, Benarkah?

Generasi emas baby boomer, seperti apa ya?

0
42
generasi baby boomers
Yanni Panesha via Unsplash

Buat orang-orang yang sekarang umurnya di atas 25 tahun pasti kalian bingung dengan istilah generasi baby boomer kan? Kita pasti tidak asing dengan sebutan millennial atau gen x dan y.

Kamu dapat menanyakan ke orang tua kapan mereka lahir.

Jika orang tua kalian merupakan kelahiran tahun 1944 hingga 1964, berarti mereka termasuk generasi baby boomer. 

Istilah baby boomer sendiri ditujukan untuk orang-orang yang lahir setelah Perang Dunia II.

Generasi ini punya persentase sebanyak 20% dari masyarakat Amerika loh. Wah, ternyata keluarga kita yang lahir di rentan tahun tersebut sudah mengalami banyak hal yah. Buat lebih tahu apa itu generasi baby boomer, simak sejarah lengkapnya yuk!

Sejarah Generasi Baby Boomer

Kevia Tan via Unsplash

Menurut survey Research Center Social and Demographic Trends, lahir di tengah-tengah perang akan memberikan dampak kehidupan yang berbeda jika dibandingkan dengan yang lahir di tengah pesatnya kemajuan teknologi.

Menjalani kehidupan yang berat, menyebabkan Boomer memiliki kualitas hidup yang rendah daripada generasi lain di atas nya.

Mereka cenderung khawatir terhadap faktor inflasi dan minimnya pendapatan. 

Kamu tahu tidak? Kualitas kehidupan Boomer di masa lalu mempunyai pengaruh yang signifikan pada masa depan.

Menurut data jika Boomer berwajah masam atau cemberut itu bukan hanya pengaruh bertambahnya usia, tapi terkait dengan sikap dan harapan tentang kehidupan yang mereka jalani sewaktu muda.

Menurut survey yang dilakukan oleh Pew, Boomer mengakui bahwa kualitas hidup mereka dari skala 1 sampai 0 hanya 26% dari 2,413 orang dewasa yang mengatakan bahwa mereka mempunyai harapan untuk dapat hidup secara nyaman dan layak saat pensiun. 

Sedangkan, menurut teori dari ahli sosiologi bernama Yang Yang dari Universitas Chicago, menyatakan bahwa generasi baby boomers sebanyak 76 juta memiliki sifat bersaing dalam urusan sekolah dan pekerjaan jika dibandingkan dengan generasi yang akan datang, faktor itulah yang memicu tingkat stres sehingga mempengaruhi kualitas hidupnya semasa pensiun.

Pola Pikir Generasi Boomer

Aaaron Santeli via Unsplash

Hidup di zaman setelah Perang Dunia II tentunya akan berpengaruh dari segi mental dan pola pikir. Rentang usia baby boomer dimulai sejak tahun 1940 an hingga 1964. Hal ini memberikan dua perspektif sosiologi Boomer.

Kira-kira apa saja yang yang membedakan generasi Boomer dari dua tahapan tersebut?Muncul sebagai sekelompok manusia yang karakteristiknya mirip dengan kelompok kelahiran sebelumnya. Menurut Kiernan, 2003 baby boomer generasi pertama dianggap memiliki “waktu emas” dalam kehidupan pernikahan dari tahun 1950 hingga 1970.

Mereka yang lahir pada tahun 1946 memiliki 96% wanita dan 92% pria yang telah menikah.

Generasi gelombang pertama mempunyai perbedaan jika dibandingkan dengan generasi kedua dan ketiga.

Misalnya pertumbuhan perceraian dan karakteristik pasangan yang kembali bersama pasca perang dan memiliki efek pada kualitas hidup di masa tua.

Waktu Emas Boomers

Generasi ini dilansir menjadi generasi yang menjembatani, misalnya membaur dengan kelompok sebelumnya yang sedang menjalani kehidupan yang baru.

Boomer akan mengalami pengalaman pensiun dan penuaan yang melibatkan identitas mereka sekitar pasca perang.

Fakta ini diungkapkan pada penelitian yang dilakukan Jones pada tahun 2008.

Sudut Pandang Boomers

Boomer memiliki sudut pandang akan sumber daya di kehidupan masa depan. Sudut pandang tersebut diperkuat dengan pengalaman mereka mengelola keuangan karena berhasil mengakhiri kemiskinan pasca perang.

Oleh karena itu generasi baby boomer memiliki karakteristik ceria, idealis, dan tidak khawatir dengan uang saat masa emas kejayaan mereka.

Kehidupan Masa Pensiun Boomer

Jeff Sheldon via Unsplash

Tahun 2020 akan membuat generasi baby boomer pensiun, mereka akan berusia 60-75 tahun.

Generasi boomer ini memiliki angka yang tinggi yaitu sebanyak 2,1 miliar jiwa pada tahun 2050.

Sehingga sebagian besar penduduk akan penuh dengan penduduk lanjut usia.

Boomer akan mengalami proses pensiunan yang pastinya menurunkan tingkat produktivitas mereka secara drastis. Seperti yang kita tahu, generasi Boomer memiliki pola hidup yang sehat dan teratur. Maka, tidak heran jika kebanyakan dari mereka masih memiliki stamina dan kesehatan yang baik pada masa pensiunnya.

Boomer yang masih sehat, menolak untuk menjalani kehidupan yang membosankan.

Sebagian dari boomer akan pindah ke kota yang lebih kecil dan mencari pekerjaan.

Sedangkan beberapa boomer lainnya akan pindah ke perkotaan untuk memanfaatkan fasilitas.

Tidak semua Boomer seperti itu, bahkan data menunjukan ada sebanyak 45% Boomer tidak memiliki tabungan pensiun.

Mereka hanya mengandalkan anak cucu untuk menikmati masa tua.

Boomer menghabiskan hidupnya di era yang menuju tahap berkembang, tidak asing lagi kalau mereka kurang mengerti dengan investasi. Nah, itu juga salah satu faktor yang menyebabkan Boomer tidak punya tabungan pensiun dan mengalami resesi hebat. Jadi, memang ada faktor-faktor positif dan negatif di beberapa orang nih saat menjalani masa pensiun.

Tips Persiapan Masa Pensiun Untuk Boomer

Sebagai persiapan Boomer dalam memiliki kualitas hidup yang baik, sebaiknya mereka mempersiapkan beberapa hal dibawah ini, agar tidak kebingungan saat pensiun nanti. 

• Jangan pernah memikirkan untuk pensiun dini, tundalah jika mereka masih memiliki stamina dan kesehatan. Jika tabungan pensiun belum cukup, Boomer dapat mencari pekerjaan paruh waktu untuk dapat memenuhi finansial dan emosional.

• Kamu perlu mempersiapkan asuransi kesehatan agar kehidupan setelah pensiun menjadi lebih mudah. Mempunyai asuransi dengan perawatan jangka panjang dapat meringankan beban Boomer sebagai lansia.

Setelah mengenal generasi baby boomer, kalian pasti sudah bisa punya gambaran bukan bagaimana kehidupan yang dijalani orang tua kalian atau keluarga kalian.

Dengan persiapan yang matang mereka dapat memiliki kualitas kehidupan yang lebih baik lagi, apalagi pada saat pensiun.

Leave a Reply