Wisata Bandung Kota, Penuh Sejarah Mengagumkan

Sama seperti kota Jakarta, wisata Bandung juga memiliki destinasi yang penuh dengan sejarah. Salah satunya ialah Gedung Sate. Gedung peninggalan masa kolonial Belanda ini memiliki pesona unik yang sayang jika dilewatkan. Selain jalan-jalan kamu juga bisa belajar sejarah masa lalu disini. Penasaran dengan keseruan wisata Bandung Kota yang satu ini? Simak ulasannya berikut ini.

Sekilas Tentang Gedung Sate, Wisata Bandung Kota Penuh Histori

Dibangun pada tanggal 27 Juli 1920, kini gedung yang memiliki nama Gouverments Bedrijven ini  genap berusia 100 tahun. Gedung  bersejarah ini dulunya difungsikan sebagai kantor pusat pemerintahan. Maka tak heran jika ada banyak gedung-gedung kokoh di sekitarnya.  

Awal mula pembangunan gedung bersejarah ini bermula dari penetapan kota Bandung menjadi ibu kota Hindia Belanda oleh Gubernur Jenderal van Limburg Stirum di tahun 1918. Namun karena adanya krisis ekonomi kala itu, menyebabkan pembangunan komplek pusat pemerintahan pun terhenti. 

Hanya dua gedung saja yang berhasil dibangun, yakni Gouverments Bedrijven atau Gedung Sate saat ini. dan Hoofdbureau Post Telegraaf Telefoon Diest yang saat ini menjadi Museum Pos Indonesia. Meski sudah berusia tua ada banyak hal menarik yang bisa dikulik dari wisata Bandung Kota yang satu ini.

Museum Gedung Sate

Wisata Bandung Kota yang penuh sejarah ini hingga sekarang masih berdiri dengan kokoh. Bahkan masih difungsikan sebagai kantor gubernur Jawa Barat. Pun begitu, sebetulnya ada salah satu bagian gedung yang didedikasikan sebagai museum dan dibuka untuk umum setiap akhir pekan.

Letak museum ini sendiri berada di bagian lantai dasar. Kamu akan disuguhi bermacam-macam koleksi  seputar Bandung di dalam museum tersebut. Mulai dari contoh material bahan bangunan yang dipakai untuk pembangunan Gedung Sate. 

Lalu ada instalasi interaktif yang cukup menarik, seperti miniatur Gedung Sate dan visualisasi pembangunannya yang bisa kamu temukan di bagian ruang informasi. Kemudian kamu juga bisa melihat penampakan kota Bandung jika dilihat dari atas langit di lorong yang berdekatan dengan ruangan audio visual.

Hingga bermain AR (Augmented Reality) ditemani animasi orang-orang Belanda serta para pekerja yang membangun Gedung Sate. Kedengarannya menarik bukan? 

Masih ada lagi spot yang tak boleh terlewat jika kamu berkesempatan mengunjungi wisata Bandung kota yang satu ini, yakni Virtual Reality. Spot ini merupakan ruang terbuka di museum yang letaknya tepat berada di samping ruangan Augmented Reality. 

Kamu bisa mencoba simulasi menjelajahi Gedung Sate sambil naik balon terbang. Sound interesting, right? Sementara lantai dua dan tiga masih dipergunakan secara aktif sebagai kantor pemerintah. Kalau lagi ada di gedung milik pemerintah gini sepertinya kurang etis kalau merokok di sembarang tempat. 

Nah, kamu bisa coba VELO! Produk nikotin pertama di Indonesia yang dibuat khusus bagi pengguna produk nikotin dewasa. Minimal kamu harus berusia 18 tahun atau lebih jika bisa menikmatinya. Selain itu, VELO juga bukan ditujukan untuk perempuan hamil dan menyusui. VELO, cara asyik merasakan sensasi nikotin dengan lebih simpel dan praktis!

Banyak Hal Menarik

Tak cuma sampai disitu saja, kamu masih bisa naik ke menara gedung yang berada di lantai lima. Dari spot ini kamu bisa melihat keindahan kota Bandung dari sisi lain. Untuk bisa sampai di bagian menara tersebut, kamu bisa menggunakan elevator hingga lantai empat lalu naik tangga ke lantai lima.

Di lantai empat ini sebelumnya difungsikan sebagai museum, namun karena berbagai pertimbangan kemudian dipindahkan ke lantai dasar. Hingga sekarang, lantai empat ini terlihat masih kosong dan belum difungsikan. 

Namun jangan buru-buru naik dulu ke bagian menara, karena kamu harus mengurus perizinan lebih dahulu di Biro Umum. Terlebih jika kamu datang bersama rombongan, tapi kalau sendiri atau berdua saja masih diperbolehkan. Atau lihat situasinya dulu, apakah sedang digunakan atau tidak oleh pemerintah setempat.

Menarik sekali bukan? Kapan lagi bisa  menjelajahi wisata Bandung Kota sambil belajar sejarah? Cuma di Gedung Sate, kamu bisa belajar sejarah dengan cara yang lebih asyik dan seru! Yuk rencanakan liburan akhir pekan sekarang juga dan jangan lupa masukan Gedung Sate ke list yang akan kamu kunjungi!

Related Articles

Leave a Reply