Gali Lebih Dalam Tentang Internet of Things dan 3 Contoh Perangkatnya!

Di era digital seperti saat ini, terutama era revolusi industri 4.0, istilah Internet of Things menjadi istilah yang begitu hangat dibicarakan. Mungkin istilah ini bukan merupakan sesuatu yang baru kamu dengar, karena selain mempengaruhi gaya hidup, Internet of Things juga mempengaruhi cara kita menyelesaikan pekerjaan sehari-hari.

Namun, apa sih Internet of Things itu sebenarnya? Apa saja dampak yang ditimbulkan? Apa saja contohnya yang dapat kita temukan saat ini?

Internet of Things diartikan sebuah konsep komputasi terhadap objek yang kita gunakan sehari-hari yang dihubungkan dengan internet dan dapat mengidentifikasi diri ke perangkat lain. Selain itu, istilah Internet of Things juga termasuk teknologi-teknologi sensor lain, teknologi nirkabel atau kode Quick Response (QR). Singkatnya, Internet of Things dapat kamu artikan sebagai konsep di mana kita menghubungkan objek fisik yang kita gunakan sehari-hari ke internet.

Sadar atau tidak, penerapan Internet of Things dalam hidup kita sangat dekat dan banyak. Salah satunya di bidang kesehatan. Saat ini banyak tenaga medis yang memanfaatkan teknologi Internet of Things untuk mendukung kinerja medis lebih agar lebih efektif dan efisien. Hal ini bisa kita lihat pada pendataan detak jantung, pengukuran kadar gula dalam tubuh, serta pengecekan suhu tubuh. Data tersebut dimasukkan ke penyimpanan data besar (Big Data).

Selain itu, penerapan konsep Internet of Things juga dapat kita lihat di bidang energi, di mana teknologi Internet of Things digunakan untuk mengurangi penggunaan energi listrik dengan menerapkan sensor cahaya.

Selain bidang-bidang tersebut, Internet of Things juga digunakan di berbagai bidang lain, seperti transportasi, lingkungan umum, dan sebagainya. Oleh karena itu tidak heran jika saat ini produksi perangkat-perangkat yang menerapkan konsep Internet of Things sangat banyak ditemukan, baik di Indonesia maupun di negara-negara lainnya, terutama negara-negara maju.

Yuk, intip apa saja  contoh perangkat-perangkat yang menerapkan konsep Internet of Things!

Nest Smart Thermostat

Nest merupakan sebuah perangkat termostat yang terhubung ke internet. Benda ini dapat mempelajari rutinitasmu agar secara otomatis dapat menyesuaikan suhu ruangan jika kamu sedang berada di dalam atau di luar rumah.

Dengan penggunaan perangkat ini, pengaturan suhu ruangan di rumahmu akan lebih efektif dan efisien. Kamu juga akan lebih hemat energi listrik yang otomatis mengurangi biaya tagihan listrik.

August Smart Lock

Siapa sangka saat ini kita sudah diberikan opsi untuk mengunci atau tidak mengunci rumah namun keamanan tetap terjaga?

Yup! August Smart Lock adalah salah satu contoh perangkat Internet of Things yang memungkinkanmu untuk tidak perlu repot mengunci rumah. Perangkat ini akan menutup pintu secara otomatis ketika kamu meninggalkan rumah dan membukakan pintu ketika kamu sampai di rumah. Wah, bagus nih untuk orang pelupa atau orang yang super sibuk!

Bukan hanya itu, dengan perangkat ini, kamu juga dapat memberikan ‘kunci’ kepada orang lain dan memberikan menentukan expired time untuk membatasi kapan mereka bisa atau tidak bisa mengakses rumahmu. Canggih kan?

Automatic Car Tracking Adapter

Perangkat yang satu ini pastinya memiliki banyak peminat karena ia memungkinkan pemilik mobil melacak informasi tentang mobilnya menggunakan adaptor yang ditempatkan di dalam mobil. Informasi yang bisa dilihat ialah informasi tentang jarak tempuh, lokasi, penggerak jam, biaya dan efisiensi bahan bakar, dan informasi penting serta detail lainnya. Bagaimana? Kamu tertarik?

Nah, itu dia penjelasan singkat dan padat tentang Internet of Things beserta 3 contoh perangkatnya yang sudah bisa kamu beli untuk membantu pekerjaanmu. Apakah kamu sudah punya salah satu di antara perangkat Internet of Things yang lain?

Related Articles

Leave a Reply