Gajimu Kurang? Tambah Pendapatan dengan Usaha Sampingan Ini

Kebutuhan dan biaya hidup yang makin besar kadang membuat gaji yang kamu terima dari perusahaan tidak cukup untuk memenuhinya. Jika sudah berhemat namun uang masih saja kurang, maka solusinya adalah membuat usaha sampingan untuk menambah pendapatan.

Nih, ada 10 ide usaha sampingan yang bisa kamu jalankan tanpa menggangu pekerjaan utamamu.

1. Jasa freelance

Pekerjaan sebagai freelancer kini cukup menjanjikan lho. Ranahnya juga tidak terbatas, jadi kamu bisa memanfaatkan apa saja keahlian yang kamu miliki. Kamu bisa memilih jadi penulis lepas, pengembang untuk web atau aplikasi, hingga menjadi admin media sosial. Pastikan pekerjaan ini bisa kamu lakukan setelah jam kerja berakhir ya.

2. Rental barang

Manfaatkan benda-benda berharga yang kamu miliki untuk disewakan kepada mereka yang membutuhkan. Misalnya, kamu punya kamera DSLR, buka saja persewaan kamera untuk menambah pundi-pundi pendapatan. Kamu juga bisa menyewakan mobilmu saat sedang tidak dipakai di akhir pekan.

3. Membuat blog atau website

Jika kamu hobi menulis dan punya blog sendiri, cobalah untuk memonetisasi blog-mu. Kamu bisa mengunggah tulisan di blog sepulang kerja, sehingga pekerjaan utama tidak terganggu. Beberapa cara bisa kamu lakukan agar blog-mu bisa menghasilkan uang. Mulai dari memasang iklan dengan Google AdSense, menjalin afiliasi, bekerja sama dengan brand tertentu, hingga guest blogging.

4. Menjual pulsa atau paket internet

Meningkatnya pengguna smartphone dan kebutuhan untuk selalu terhubung dengan internet mendatangkan banyak keuntungan bagi penjual pulsa dan paket internet. Tidak butuh banyak modal untuk memulai usaha sampingan. Dengan uang Rp 1 juta sampai Rp 2 juta saja, kamu sudah bisa mulai berjualan pulsa dan paket internet. Pasarkan produk pada orang-orang terdekat terlebih dahulu, seperti teman-teman kantor. Bisnis sederhana namun menguntungkan ini bisa kamu jalankan kapan saja dan dimana saja, hanya melalui handphone kamu.

5. Menerima endorsement

Punya banyak pengikut di media sosial? Jangan disia-siakan. Kamu bisa menerima endorsement dari para penjual yang ingin mempromosikan produknya. Mereka biasanya mencari orang-orang yang memiliki ribuan pengikut agar produknya bisa menjangkau lebih banyak calon pelanggan. Kamu bahkan bisa mempromosikan produk jualanmu sendiri dengan memanfaatkan para pengikutmu lho!

6. Fotografer

Daripada bengong di akhir pekan, mending isi waktu untuk mencari pendapatan tambahan. Apalagi kalau kamu punya keahlian fotografi dan punya kamera sendiri. Sebagai permulaan, tawarkan jasa gratis pada teman-teman terdekatmu. Sebagai balasannya, minta mereka untuk mempromosikan jasamu pada kenalan mereka. Perlu kamu tahu, jasa fotografer ini cukup laris manis lho.

7. Membuat toko online

Ide usaha sampingan lain untuk menambah pendapatan adalah dengan berjualan online. Kini banyak e-commerce baik lokal maupun internasional yang menyediakan jasa gratis agar kamu bisa “membuka” toko dan berjualan. Tidak perlu khawatir kalau kamu tidak punya cukup modal, kamu bisa jadi reseller atau dropshipper saja. 

8. Menjual makanan

Ubah hobi memasak menjadi bisnis dengan menjual makanan. Bisnis kuliner adalah salah satu yang paling diminati saat ini lho. Terlebih dengan munculnya berbagai macam makanan dan minuman kekinian. Kamu bisa memasaknya langsung dari dapurmu dan promosi lewat media sosial.

Untuk memenuhi kebutuhan nikotin, kamu gak perlu keluar rumah, dengan VELO, kantong nikotin buat kamu yang sudah berusia 18 tahun ke atas dan pengguna produk yang mengandung nikotin, bukan perempuan hamil atau menyusui, kamu bisa menikmati sensasi nikotin dengan berbagai varian di mana aja dan kapan aja!

Indah Ariviani
Indah is an experienced writer specializes in lifestyle, design, and finance, who occasionally lost in her imaginations.

Related Articles

Leave a Reply