Fenomena Aurora di Langit Kutub Utara dan Selatan

Fenomena aurora adalah salah satu di antara fenomena alam paling indah di dunia. Ada dua jenis aurora, yaitu Aurora Borealis yang ada di belahan Bumi bagian utara dan Aurora Australis di belahan Bumi sebelah selatan.

Meski sama-sama bercahaya, penampilan dan warna keduanya terlihat berbeda. Selama 10 tahun sejak 2009, para ilmuwan dan penjelajah bertanya-tanya, mengapa aurora terlihat berbeda di Kutub Selatan dengan di Kutub Utara.

Setelah dilakukan penyelidikan terkait ketidakseimbangan pola dan bentuk aurora kedua kutub, tim yang diketuai Anders Ohma, peneliti dari sekolah pascasarjana Universitas Bergen di Norwegia, merasa mendapat jawaban yang paling memuaskan.

Menurut tim mereka, ada tekanan miring yang disebarkan angin dari matahari mempengaruhi medan gaya bumi.

Studi ini menyinggung adanya satu mekanisme lain yang turut bertanggung jawab— tekanan matahari terhadap magnetotail. Ketika angin solar mengenai sisi bumi waktu pagi dalam orientasi timur-barat, magnetotail di sisi malam menjadi miring.

Orientasi tidak harmonis ini mungkin bertanggung jawab atas asimetri antara fenomena aurora kutub utara dan kutub selatan.

Waktu Terbaik untuk Menyaksikan Fenomena Aurora

Fenomena Aurora
Image source: Kompas.com

Waktu terbaik untuk melihat fenomena aurora borealis adalah antara bulan Agustus hingga pertengahan Februari. Sementara untuk aurora australis adalah antara Maret hingga September.

Tempat Menyaksikan Pemandangan Aurora

Image source: Selipan.com

Beberapa tempat untuk menikmati fenomena aurora borealis di antaranya; Grotta Lighthouse di Islandia, Tromso di Norwegia, Churchill di Kanada, Aurora Sky Station di Swedia, dan Nuuk di Greenland.

Sementara tempat terbaik untuk melihat aurora australis adalah Eaglehawk Neck di Australia, Pulau Georgia Selatan, Pegunungan Cradle di Australia, Pulau Stewart di Selandia Baru, dan Ushuaia di Argentina.

Untuk mendapatkan info menarik lainnya, simak update artikel terbaru dari VELO, kantong nikotin bebas tembakau super praktis dengan aneka varian rasa unik!

Kantong nikotin VELO 100% bebas tembakau dan bisa kamu nikmati kapan saja dan dimana saja. VELO dikhususkan bagi pengguna produk nikotin berusia 18 tahun ke atas dan tidak sedang hamil atau menyusui.

Penasaran dengan sensasi nikotinnya? Langsung saja kunjungi situs VELO Indonesia!

Hengky
Crafting stories about social issues, pop culture, & common knowledge.

Related Articles

Leave a Reply