Mengenal Aurora, Fenomena Langit Warna-Warni yang Memukau

Aurora adalah cahya indah yang menyala-nyala dan menari di di langit malam. Sayangnya, untuk melihat keindahan cahaya aurora tidak bisa di sembarang tempat. Aurora hanya bisa dilihat di negara yang jauh dari garis khatulistiwa.

Fenomena ini dapat terjadi karena adanya interaksi antara medan magnetik Bumi dengan partikel yang dipancarkan oleh matahari (angin surya).

Selain keindahan cahayanya yang membuat mata terkagum, aurora memiliki sederet fakta unik. Berikut ulasannya:

Perubahan Warna Aurora

Aurora
Image source: Getty Images

Kalau kita lihat foto-foto tentang Aurora yang beredar, kita bisa melihat kalau Aurora ini memiliki warna cahaya yang berbeda-beda. Perbedaan warna ini disebabkan karena kandungan atom pada Oksigen dan Nitrogen di udara selalu berubah-ubah.

Ketika kadar atom Oksigen lebih besar, maka cahaya Aurora akan dominan berwarna hijau atau kemerahan. Sedangkan kalau kadar atom Nitrogen lebih banyak, maka cahaya Aurora akan dominan berwarna orange atau kemerahan. Terkadang ada pula cahaya berwarna biru.

Ilusi Cahaya Aurora

Image source: Getty Images

Setiap orang yang menyaksikan cahaya Aurora secara langsung, pasti menyangka kalau Aurora itu letaknya dekat banget. Padahal nih itu semua cuma ilusi saja. Kenyataannya Aurora itu letaknya di atmosfir bumi, jaraknya sekitar 90 kilometer.

Bahkan saking jauhnya, keindahan cahaya Aurora masih bisa dinikmati oleh para astronot yang sedang berada di luar angkasa. Tapi para astronot harus berhati-hati saat menikmati Aurora, karena biasanya cahaya Aurora jelas terlihat kalau sedang terjadi badai di matahari. Dan mereka harus berusaha menghindari radiasi dari badai matahari tersebut.

Asal Usul Nama Aurora

Image source: Getty Images

Keindahan cahaya di langit utara ini memang tiada duanya, hal ini membuatnya diberikan nama yang sama indahnya yakni Aurora Borealis. Nama Aurora berasal dari nama Dewi Fajar kepercayaan orang Romawi Kuno. Sedangkan nama Borealis berasal dari bahasa Yunani “Boreas”, yang artinya angin utara.

Legenda Aurora

Image source: Getty Images

Hal-hal aneh dan unik pasti selalu memiliki legenda yang menyertainya, begitu juga dengan Aurora Borealis. Penduduk di Amerika Utara percaya kalau Aurora merupakan perwujudan roh dari orang-orang yang sudah meninggal. Namun, ada pula yang percaya kalau Aurora merupakan cahaya untuk memandu jiwa-jiwa orang yang sudah meninggal ke surga.

Sedangkan orang-orang suku Inuit atau lebih kita kenal sebagai orang Eskimo, memiliki kepercayaan kalau Aurora Borealis adalah perwujudan dari roh-roh binatang yang sudah mereka buru selama ini.

Aurora Mengeluarkan Suara

Image source: Unsplash

Menurut para ilmuwan, karena letaknya yang sangat tinggi maka Aurora juga mampu mengeluarkan suara. Namun suara Aurora tidaklah selalu terdengar, karena suaranya biasanya muncul di malam hari saat tidak ada angin yang berhembus.

Menurut orang-orang yang sudah pernah mendengarnya, suara yang dikeluarkan oleh Aurora merupakan suara lembut seperti gulungan ombak. Namun ada juga yang mendengarnya seperti suara gemericik air, dan suara tepukan.

Peran Matahari dalam Proses Terjadinya Aurora

Image source: Unsplash

Seperti yang sudah dijelaskan di awal artikel ini, Aurora terjadi karena adanya interaksi antara medan magnetik bumi, dengan partikel yang dipancarkan oleh matahari. Oleh karena itu matahari memegang peranan penting dalam proses terjadinya Aurora.

Semakin tinggi suhu yang dipancarkan oleh matahari, maka cahaya Aurora yang terpancar juga akan semakin indah dan spektakuler. Cahaya Aurora Borealis yang paling spektakuler, pernah terjadi pada tanggal 28 Agustus dan 2 September 1859. Cahayanya saat itu begitu kuat dan menyilaukan mata.

Aurora Bisa Disaksikan di Bagian Utara Bumi

Image source: Unsplash

Saat ini Aurora Borealis dikenal sebagai pesona alam yang ada di Iceland atau Islandia. Tapi sesungguhnya cahaya Aurora bisa dinikmati pada beberapa tempat di bumi bagian utara. Mulai dari Alaska, Kanada hingga Siberia, di tempat ini kamu bisa menyaksikan indahnya cahaya Aurora dengan sempurna.

Cahaya Aurora bisa dilihat sepanjang hari. Dataran Arktik menjadi tempat terbaik kalau kamu ingin melihat keindahan cahaya Aurora di siang hari ataupun saat tengah malam. Sayang sekali ya tempat-tempat tersebut sangat jauh letaknya dari Indonesia. Tapi mungkin suatu hari nanti, kamu juga memiliki kesempatan untuk menyaksikan keindahan Aurora Borealis secara langsung. 

Untuk mendapatkan info menarik lainnya, simak update artikel terbaru dari VELO, kantong nikotin bebas tembakau super praktis dengan aneka varian rasa unik!

Kantong nikotin VELO 100% bebas tembakau dan bisa kamu nikmati kapan saja dan dimana saja. VELO dikhususkan bagi pengguna produk nikotin berusia 18 tahun ke atas dan tidak sedang hamil atau menyusui.

Penasaran dengan sensasi nikotinnya? Langsung saja kunjungi situs VELO Indonesia!

Hengky
Crafting stories about social issues, pop culture, & common knowledge.

Related Articles

Leave a Reply