Fakta Menarik Danau Ranu Kumbolo Yang Harus Kamu Tau!

Tahukah kamu dengan salah satu film dengan judul “5 CM” yang dirilis pada tahun 2012? Film ini menceritakan perjalanan kelima sahabat menuju Gunung Semeru. Salah satu ikon yang tidak kalah menarik ketika sedang dalam perhentian di Ranu Kumbolo. 

Sejak kemunculan film yang berlatar belakang keindahan Gunung Semeru telah meningkatkan daya tarik wisatawan untuk melakukan pendakian. Gunung Semeru merupakan salah satu gunung tertinggi di pulau Jawa yang tingginya mencapai 3,676 meter atau 12,067 di atas permukaan laut. 

Umumnya, pendaki akan istirahat sejenak dan mendirikan tenda di danau sebelum melanjutkan perjalanan ke puncak Gunung Semeru. Danau Kumbolo jadi bagian dari perjalanan pendakian dengan tinggi 2400 meter atau 7900 dari permukaan laut. 

Namun, hanya ada dua titik lokasi yang diperbolehkan untuk beristirahat. Kira-kira apa ya alasan spesifik terbatasnya tempat istirahat di Danau Kumbolo? Simak Fakta menarik lainnya mengenai Ranu Kumbolo berikut ini, yuk! 

1. Dilarang Mendirikan Tenda Selain Dua Lokasi Ini! 

Tahukah kamu jika ada peraturan mengenai tempat istirahat di Danau Kumbolo? Padahal, danaunya sangat luas, namun hanya dua lokasi yang bisa menjadi spot beristirahat bagi pendaki yang akan meneruskan perjalanan ke Gunung Semeru. 

Dua lokasi tersebut berada di daerah Savana di dekat pos 4 dan Shelter di bukit Ranu Kumbolo. Kamu dilarang mendirikan tenda selain dari lokasi tersebut, karena banyak titik yang dianggap sakral oleh penduduk sekitar. Jadi, kamu harus menuruti peraturan mereka ya! Agar tidak terjadi sesuatu yang tidak diinginkan selama pendakian. 

2. Dilarang Berenang di Ranu Kumbolo! 

Ranu Kumbolo terkenal dengan danaunya yang luas dan indah, rasanya tidak pas kalau gak mencoba berenang atau sekedar bermain air bukan? Namun, sayangnya kamu tidak diperbolehkan untuk melakukan aktivitas air di danau tersebut. Alasannya bukan kesakralannya, namun suhu yang sangat dingin dan kedalamannya mencapai hingga 28 meter loh! Akan sangat berbahaya bagi para pendaki untuk berenang, maka dari itu jangan sekali-kali melanggar peraturan yang sudah dibuat ya! 

Kamu hanya boleh mendekati tepi bibir danau aja nih, sambil menikmati keindahan Danau Kumbolo. 

3. Taati Aturan Mendirikan Tenda! 

Selain diharuskan mendirikan tenda di dua lokasi yang telah disebutkan, ternyata ada aturan lain mengenai pendirian tenda, nih. Kamu juga harus menaati peraturan wajib ini. Pendaki harus mendirikan tenda setidaknya 15 meter dari tepi danau. Hal ini dilakukan untuk menghindari banyaknya sampah yang akan mencemari danau. Tidak tanggung-tanggung, jika ada pendaki yang tidak melakukan peraturan ini, kamu bisa langsung diusir loh! 

Cobalah untuk membantu melestarikan Danau Kumbolo dengan tidak meninggalkan sampah, ya! Apapun makanan yang sudah dikonsumsi, bisa disimpan terlebih dahulu kemudian dibuang saat sudah berada di bawah. 

4. Dilarang Membuat Api Unggun di Ranu Kumbolo 

Saat mendirikan tenda, pasti identik dengan membuat api unggun di malam hari untuk mengurangi hawa dingin atau sekedar untuk memasak makanan. Namun, hal tersebut tidak diperbolehkan di Danau Kumbolo. Sebab jika ada pendaki yang lalai dapat memberikan bencana, karena banyaknya savana di sekitar danau. 

Tapi, jangan khawatir kamu tetap bisa menghilangkan hawa dingin di satu api unggun yang biasanya dibuat khusus di lokasi yang aman oleh petugas TNBTS. 

5. Dilarang Memberi Makan Ikan di Danau Ranu Kumbolo 

Saat bersantai di tepi danau pasti kamu akan menjumpai berbagai macam ikan yang sedang muncul ke permukaan danau. Biasanya, pendaki memiliki rasa untuk memberi makan ikan. Namun, hal tersebut dilarang untuk dilakukan karena makanan yang kamu berikan dapat mencemari air danau. Maka dari itu, selalu jaga kebersihan danau ya agar kualitas airnya tetap terjaga dan tetap alami. 

6. Beretika Mencuci Piring 

Jika selesai memasak makanan, kamu pasti akan kebingungan mencuci piringnya, lantaran banyaknya peraturan yang harus dipatuhi saat berada di Danau Kumbolo. Jangan khawatir, kamu masih bisa mencuci piring kok, namun tidak bisa dilakukan secara langsung di tepi danau. Kamu diharuskan membuat lubang kecil kurang lebih sebesar 15 meter dari bibir danau. Lubang tersebut dibuat untuk membuang bekas cucian kamu. Hal ini dilakukan agar kebersihan selalu terjaga! 

7. Sudah Tersedia Toilet Umum 

Hal yang paling dipertanyakan saat mendaki adalah dimana harus membuang air besar atau kecil. Biasanya, saat mendaki gunung kamu diharuskan membuat lobang kecil. Namun, jangan khawatir! Ternyata di Ranu Kumbolo sudah menyediakan toilet khusus bagi para pendaki. 

Indahnya pemandangan yang ditawarkan oleh Ranu Kumbolo membuat siapa saja tertarik untuk menuju ke sana, bahkan tidak banyak mereka hanya mendaki hingga danau saja dan tidak melanjutkan perjalanan ke Gunung Semeru. 

Keindahannya pun mengharuskan setiap pendaki untuk menaati berbagai macam peraturan, menghormati kesakralan area danau dan selalu menjaga kebersihan. Oleh karena itu, sebaiknya kamu tidak merokok di area ini ya! Daripada terjadi kebakaran akibat api dari rokok, lebih baik gunakan alternatif lain saja seperti VELO! 

VELO hadir dengan kemasan yang praktis dibawa ke mana-mana dengan varian rasa yang unik dan sensasi beda. Tentunya, kamu harus berusia setidaknya 18 tahun dulu ya, dan bukan perempuan hamil atau menyusui, untuk menikmati kantong nikotin ini. Kamu juga ga akan mengganggu aktivitas liburan orang lain nih, soalnya VELO ramah lingkungan banget! Tanpa bau dan tanpa asap, pas banget buat menikmati keindahan sambil pop, set and go! 

Frista Kurniasari
Talented professional good multitasking, organizational and verbal and written communication skills. Expertise includes writing content on topics such as Lifestyle, Humanity, Education and Travel.

Related Articles

Leave a Reply