Fakta-fakta Yang Belum Kamu Ketahui dalam Perkembangan Internet

Internet sudah menjadi bagian penting dalam hidup kita. Banyak aktivitas kita yang mengandalkan internet. Bahkan banyak orang yang pekerjaannya (mata pencaharian) didukung oleh internet. Sebagian besar pengguna internet lain, selain pekerja, menggunakan internet untuk berbagai kepentingan, mulai dari kepentingan edukasi, belanja, hiburan, investasi, dan sebagainya.

Saat ini jumlah pengguna internet secara global telah mencapai angka 4.5 milyar jiwa atau sekitar lebih dari 60% dari jumlah populasi secara global.

Informasi mengenai perkembangan internet kerap kita dengar, terutama di sekolah maupun mata kuliah yang bersangkutan. Namun tahukah kamu ternyata ada beberapa fakta-fakta menarik yang terjadi dalam proses perkembangan internet. Fakta-fakta tersebut biasanya tidak tertulis di buku pelajaran sehingga tidak banyak orang yang tahu.

Fakta apa aja sih yang dimaksud? Yuk, simak artikel di bawah ini!

Steve Job memiliki peran dalam penemuan internet

Kamu pasti tidak asing dengan nama Steve Job! Ia adalah sang pendiri salah satu perusahaan teknologi terbesar di dunia, yakni Apple.

Jika berbicara tentang perkembangan internet, Steve Job memang tidak asing disebut-sebut. Namun tahukah kamu, ternyata kita juga bisa mengaitkan nama Steve Job sebagai salah satu tokoh penting dalam penemuan internet?

Saat World Wide Web pertama kali ditemukan di tahun 1989, tim penemunya, Berners-Lee dan tim, menyimpan World Wide Web di NeXTcube dari perusahaan NeX. Ternyata, NeXT sendiri adalah perusahaan rintisan Steve Job lho! Jadi sudah jelas, ia tidak hanya berkontribusi dalam pengembangan internet, tetapi juga berperan secara tidak langsung dalam penemuannya.

Domain Garfield

Kamu pasti tahu Garfield kan? Ia adalah tokoh kartun berupa kucing berwarna oranye. Orang-orang yang memiliki alamat email @gmail.sebelum tahun 2004 kemungkinan besar merupakan fans komik strip karya Jim Davis, Garfield.

Saat sedang naik daun, Garfield menawarkan alamat email gratis kepada fans-nya dengan alamat gmail.com, mirip seperti Gmail.com yang kita ketahui saat ini merupakan kepemilikan Google. Layanan email dari Garfield tersebut bahkan sudah ada sebelum Google.com diciptakan.

Namun pada 2004, Google membeli gmail.com dan penggemar Garfield dari gmail.com ditransfer ke e-garfield.com.

Tujuan awal penggunaan Webcam adalah untuk mengawasi teko kopi

Siapa sangka dulunya Webcam hanya digunakan untuk hal yang tidak terlalu urgent?

Pada tahun 1991 di Universitas Cambridge, penggunaan Webcam pertama kali diimplementasikan untuk melakukan pemantauan terhadap teko kopi dan mendapat informasi seberapa banyak kopi yang tersisa. Baru pada tahun 2001 Webcam mulai mengalami perubahan fungsi.

Larangan terhadap aktivitas jual-beli secara online

Saat ini, penggunaan internet untuk keperluan belanja online kerap kita lakukan. Terutama di era pandemi Covid-19, saat kita diminta untuk tetap berada di rumah, situs-situs belanja online menjadi situs paling favorit banyak kebanyakan orang. Namun tahukah kamu dalam sejarah perkembangan internet, aktivitas jual-beli online ternyata pernah dilarang lho!

Namun, pada tahun 1992, kongres Amerika Serikat mengesahkan Undang-undang Scientific Advance Technology dan urusan komersial di internet pun diperbolehkan.

Online dating

Perkembangan internet memang membantu mempermudah pekerjaan manusia, termasuk dalam hal pencarian jodoh. Perkembangan internet yang begitu dinamis membuat kita semakin mudah berkomunikasi dan memperluas jaringan.

Bahkan, sebuah penelitian menunjukkan bahwa satu dari enam pernikahan yang terjadi ternyata berawal dari online dating. Nah, buat kamu yang jomblo, bisa dicoba nih!

Nah itu dia beberapa fakta gila dalam perkembangan internet yang mungkin belum pernah kamu dengar. Jika kamu tahu fakta menakjubkan lainnya, share ya!

Related Articles

Leave a Reply