eSport Indonesia: Mengenal Peta Industri & Popularitasnya

Bagi penggemar olahraga elektronik atau esport, Indonesia menjadi salah satu basis yang cukup besar di kawasan Asia Tenggara. Bahkan untuk kancah dunia pun, beberapa tim dari nusantara juga dapat menunjukkan tajinya dan berhasil memenangkan turnamen internasional.

Terlebih, kini Indonesia juga mendapat dukungan dari pemerintah melalui Kementerian Pemuda dan Olahraga bersama Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) yang sudah meresmikan esport sebagai cabang olahraga yang diakui. Pekan Olahraga Nasional (PON) hingga SEA Games juga sudah mencantumkan cabang olahraga ini.

Nah, lalu bagaimana sejarah perkembangan esport Indonesia dari awal hingga sekarang? Bagaimana prospek ke depan yang akan dihadapi? Seberapa bagus peluang untuk menjadi seorang atlet esport? Tanpa panjang lebar lagi, mari kita simak ulasannya berikut ini.

Awal Mula Popularitas eSport Indonesia

Hal yang paling kentara dari perkembangan esport di Indonesia terjadi pada tahun 2018 lalu. Ditandai dengan dukungan pemerintah melalui Kemenpora dan KONI yang telah mengakui olahraga elektronik sebagai cabang resmi yang layak untuk diseriusi ke depannya.

Salah satu turnamen yang paling ditunggu-tunggu adalah MPL ID (Mobile Legends Professional League) dan PMPL (PUBG Mobile Professional League). Kedua game ini juga menempati urutan teratas sebagai game paling banyak dimainkan oleh penggemar di Indonesia.

Berbicara soal prospek, atlet esport dinilai cukup menjanjikan. Banyak pemain profesional (atau biasa disebut pro player) menyandang gaji fantastis, di atas UMR. Bahkan, beberapa di antaranya juga selalu didatangi oleh brand untuk kerja sama dan sponsorship.

Tentu saja hal ini akan menarik minat para pemuda yang ingin menyalurkan hobi sekaligus membangun karier profesional. Yaps, hal ini wajar karena seiring perkembangan zaman, bahwa profesi tidak harus bekerja di kantor dan berseragam rapi.

Game Paling Banyak Dimainkan di Tanah Air

Game memang efektif untuk melepas penat di kala sedang kalut-kalutnya. Apalagi sambil nongkrong sama teman-teman dan bergegas menyalakan rokok. Tapi kalau kamu tidak terlalu suka asap rokok, tenang saja. Karena masih ada alternatifnya, yakni kantong VELO.

VELO merupakan kantong nikotin buat kamu yang sudah berusia 18 tahun ke atas dan pengguna produk yang mengandung nikotin, bukan perempuan hamil atau menyusui, . Ada banyak ragam rasa dengan sensasi nikotin di dalamnya. Tinggal POP-SET-GO, dibuka, diletakkan di antara bibir dan gusi atas, dan nikmati sensasinya dalam 20-30 menit sambil melakukan aktivitas apa saja.

Balik lagi ke permainan daring yang kerap dimainkan oleh para penggemar di Indonesia. Di sini, kami mendapat beberapa daftarnya, yaitu Mobile Legends, PUBG Mobile, Free Fire, FIFA, dan PES.

Mobile Legends

Sudah tidak asing lagi di telinga kita. Banyak sekali tim papan atas yang turut menyumbang prestasi di turnamen domestik maupun internasional. Mobile Legends punya role permainan yang mirip dengan Dota 2, namun dimainkan dalam mode ponsel.

PUBG Mobile

Permainan survival yang juga tak kalah populer dari Mobile Legends. Punya banyak sekali turnamen yang digelar. Salah satu yang populer di Indonesia ialah PMPL atau singkatan dari PUBG Mobile Professional League. Sejumlah artis papan atas juga turut meramaikan, sebut saja Ariel Noah.

Free Fire

Permainan survival juga yang mirip dengan PUBG, namun dengan antarmuka yang lebih simpel. Meski begitu, tetap saja permainan ini terasa menantang adrenalin sekaligus kemampuan berpikir dan bekerja dalam tim. Permainan ini juga kerap digelar turnamennya, salah satunya masuk ke dalam cabang olahraga di Piala Presiden 2020 lalu.

FIFA

Sejalan dengan membludaknya penggemar sepak bola di Indonesia, ternyata permainan FIFA juga punya tempat di hati para fans. Permainan konsol ini juga tak kalah populer dibanding permainan mobile seperti Mobile Legends atau PUBG Mobile.

PES

Di tempat berikutnya juga disusul oleh pesaing FIFA, yakni PES. Tidak banyak perbedaan yang disandang oleh kedua kompetitor ini. Keduanya sama-sama asik dan seru untuk dimainkan. Sekaligus juga banyak turnamen yang seru untuk diikuti di kedua permainan sepak bola online ini.

Ifan Prasya
Karena belajar bisa dari mana aja.

Related Articles

Leave a Reply