Cara Menjaga Tempo Permainan Drum dengan Drum Metronome

Bagi kamu drummer pemula yang ingin memperdalam ilmu drumming. Melatih hal-hal dasar setiap hari secara rutin sangatlah penting, pastinya lebih seru jika mempelajari dengan metode yang efektif dan menyenangkan.

Nah, kali ini VELO akan membahas cara menjaga tempo dalam permainan drum. Seperti yang sudah lumrah kita ketahui, tugas utama seorang drummer adalah menjaga tempo permainan musik tetap stabil dan terjaga ritmenya.

Menjaga tempo permainan ini, ternyata menjadi salah satu  masalah yang cukup sering dialami oleh para drummer, terutama bagi drummer yang baru belajar drum, sehingga timbul pertanyaan “bagaimanakah cara menjaga tempo permainan dengan baik?”.

Tempo dalam Bermain Musik

Drum Metronome
Image source: TeePublic

Pertama-tama, kita harus memahami terlebih dahulu apa itu tempo. Sederhananya, tempo adalah kecepatan dalam suatu permainan musik. Kecepatan permainan ini diukur dengan alat bernama metronome.

Jadi, dalam suatu permainan musik, terutama di dalam proses rekaman, biasanya kita menentukan dulu tempo yang ingin dimainkan dengan menggunakan metronome.

Metronome ini menggunakan satuan kecepatan BPM ( Beats Per Minute), misalkan kita menentukan kecepatan suatu lagu yang ingin direkam di tempo 100 BPM. Nah tugas kita sebagai drummer adalah mempertahankan, menjaga tempo 100 BPM ini.

Langkah pertama adalah kita harus memahami bagaimanakah bermain drum bersama metronome. 

Menggunakan Metronome untuk Menjaga Tempo

Image source: Musicradar.com

Bermain dengan metronome akan lebih mudah dilakukan jika kita memahami berbagai macam nilai not, mengapa? Karena setiap ketukan drum, fill in yang kita lakukan memakai nilai not yang berpatokan pada bunyi metronome yang kita sudah tentukan kecepatannya.

Nilai not ini memiliki berbagai macam pecahan/jenisnya. Misalkan kita memainkan tempo 100 BPM di not 4/4, metronome akan mengeluarkan bunyi yang sesuai dengan ritmenya. Begitu pula di not 3/4 maka hitungannya menjadi 3.

Berdasarkan kecepatan bunyi metronome tadi, kita bisa memainkan nilai not tertentu yang ditandai dengan nilai 1 ketuk. Jadi, kita harus memainkan 1 hitungan dalam setiap ketukan metronome.

Cara memainkannya adalah dengan mulai memukul hi-hat ¼ sambil berhitung dari angka 1 sampai 4 sambil mengikuti kecepatan ketukan metronome-nya.

Berikutnya, jika sudah terbiasa dan sudah akurat memainkan hi hat ¼ sesuai dengan iringan ketukan metronome, kamu bisa tambahkan dengan memainkan bass drum di setiap hitungan 1, dan tetaplah pukulkan hi hat ¼  terus menerus.

Langkah berikutnya, kita kombinasikan dengan menambah pukulan pada snare di setiap hitungan 2 dan 4. Tetaplah berhitung dengan menyesuaikan bunyi metronome tersebut, sehingga terbentuk lah satu drum beat drum yang memiliki tempo yang terjaga.

Latihan ini memang membutuhkan waktu sampai benar-benar terbiasa berpindah-pindah tempo permainan. Seiring waktu, kamu tidak perlu lagi berkonsentrasi penuh untuk mengikuti tempo-tempo yang ‘menjebak’.

Demikianlah cara menjaga tempo permainan drum dengan drum metronome. Simak juga info terbaru dan tips yang tak kalah menarik lainnya bersama VELO! Kantong nikotin bebas tembakau pertama di Indonesia yang bisa kamu jadikan alternatif rokok ketika situasi sedang tidak memungkinkan.

Tak masalah kapanpun dan dimanapun kamu berada, kamu tetap bisa menikmati sensasi nikotin tanpa harus mengganggu kenyamanan orang di sekitar karena VELO sepenuhnya bebas asap.

VELO dikhususkan untuk pengguna produk nikotin berusia 18 tahun ke atas, tidak sedang hamil atau menyusui dan bisa menyebabkan kecanduan.

Hengky
Crafting stories about social issues, pop culture, & common knowledge.

Related Articles

Leave a Reply