Desa Wisata Tembi, Destinasi Seru buat Liburan Akhir Pekan

Menjelajahi desa wisata bisa jadi rencana liburan keren di akhir pekan. Kalau kamu jalan-jalan ke Bantul, ada sebuah desa dengan keindahan alamnya yang begitu menarik dan layak jadi destinasi liburan keluarga yang menyenangkan. Desa wisata Tembi namanya.

Didirikan tahun 1997, desa wisata yang satu ini menawarkan sisi berbeda dalam kehidupan desa yang bakal memberikan pengalaman seru. Ingin lebih jauh mengenal desa unik yang satu ini? Simak ulasan selengkapnya berikut ini.

Sekilas Tentang Desa Wisata Tembi

Berlokasi di Timbulharjo, Kecamatan Sewon, Kabupaten Bantul, DI Yogyakarta, Desa Wisata Tembi merupakan sebuah desa penuh sejarah. Pada masa kerajaan Mataram ketika Sultan Agung berkuasa, desa Tembi dijadikan sebagai lokasi untuk mendidik keturunan kerajaan.

Desa tersebut dikelola oleh seorang kyai yang dikenal dengan nama Kyai Tembini. Bersama sang istri, Kyai Tembini mendidik dan mengembang para keturunan raja agar menjadi pribadi yang kuat secara akhlak, ilmu pengetahuan hingga ilmu bela diri. 

Kini desa yang ditinggali oleh Kyai Tembini dan sang istri bersama para pengikutnya ini lebih dikenal sebagai desa Tembi. Dan kini desa Tembi dijadikan sebagai salah satu objek wisata andalan di Bantul.

Dari Main di Sawah, Trekking hingga Menikmati Sajian Kuliner Khas

Source: @desawisatatembi via instagram.com

Selain suasana pedesaan yang asri dengan pemandangan area persawahan, kamu bakal mendapatkan pengalaman seru yang berbeda di desa wisata Tembi. Di sini kamu bisa mengenal kehidupan pertanian desa dan ikut langsung belajar bercocok tanam di sawah. Mulai dari membajak, menanam hingga memanen padi.

Desa wisata Tembi

Source: @desawisatatembi via instagram.com

Kalau kamu suka jelajah alam, tersedia juga jalur trekking yang bisa kamu jelajahi untuk mengenal alam desa Tembi lebih dekat. Puas dengan serunya kegiatan cocok tanam di sawah, kamu bisa lanjut belajar membatik bersama para pembatik profesional hingga mencicipi sajian kuliner khas.

Mengenal Sejarah di Tembi House of Culture

Desa Wisata Tembi

Source: @desawisatatembi via instagram.com

Di desa Tembi juga ada sebuah museum budaya yang dinamakan dengan Tembi House of Culture (Museum Rumah Budaya Tembi). Di museum ini, kamu bakal disuguhi koleksi benda-benda tradisional yang banyak macamnya. Dari mulai peralatan dapur kuno masyarakat Jawa, peralatan bertani dan kesenian kuno hingga koleksi senjata-senjata tradisional.

Tak sampai disitu saja, museum Tembi juga memiliki koleksi benda-benda kuno seperti foto-foto, poster, sepeda onthel hingga sepeda motor lawas. Di museum ini juga terdapat 5.000 naskah lebih yang rapi tersimpan di dalamnya. 

Desa wisata Tembi

Source: @desawisatatembi via instagram.com

Museum Tembi buka 5 hari dalam seminggu, setiap hari Senin hingga Jumat dari jam 9 pagi sampai jam 4 sore. Jangan sampai terlewat ya! Bukan cuma itu saja, kamu juga bisa menikmati berbagai pertunjukan seni tradisional yang rutin digelar di desa wisata Tembi. Dari mulai seni tari, pertunjukan wayang, pameran, baca puisi hingga workshop sampai seminar. 

Sambil santai menikmati pertunjukan seni, kamu juga bisa menikmati VELO. Produk inovatif dengan nikotin bebas tembakau pertama di Indonesia yang praktis dan bebas asap, buat kamu yang sudah berusia 18 tahun ke atas dan pengguna produk yang mengandung nikotin, bukan perempuan hamil atau menyusui, . Hadir dengan berbagai varian rasa yang unik, VELO menawarkan sensasi seru yang berbeda. Selain itu, VELO bisa dinikmati dengan nyaman kapan saja dan dimana saja tanpa khawatir mengganggu orang lain.

Kalau belum cukup puas bermain seharian di desa wisata Tembi, kamu juga bisa menginap di sini. Tersedia beberapa penginapan dengan nuansa pedesaan yang cukup kental, pas banget buat liburan seru akhir pekan bareng keluarga.

Demikian tadi informasi menarik tentang Desa Wisata Tembi yang punya daya tarik yang mengesankan. Bukan cuma mengenal kehidupan desa kamu juga bakal bisa belajar seni tradisional dan melestarikan budaya lokal. Kalau berkunjung ke Jogja jangan lupa masukan destinasi ini ke dalam daftar kunjungan kamu ya! 

Related Articles

Leave a Reply