Danau di Gunung Semeru Dengan Pemandangan Indah!

Gunung Semeru sudah terkenal sejak zaman dahulu karena keindahan dan legenda yang melatarbelakangi Gunung ini. Tidak hanya menjadi Gunung tertinggi di Pulau Jawa dengan ketinggian 3.676 mdpl saja, ada danau di gunung semeru yang punya pemandangan indah.

Kepopuleran film 5 cm berhasil menginspirasi banyak orang, terutama millennial di Indonesia untuk melakukan pendakian. Biasanya, jika pemula tidak sanggup mendaki hingga ke puncak Semeru, mereka akan berhenti di Ranu Kumbolo, salah satu danau yang memiliki keindahan yang cantik. 

Ranu memiliki arti danau, kamu juga bisa menemukan beberapa danau di Gunung Semeru yang memiliki pemandangan tak kalah indah dari Ranu Kumbolo, kok! Cari tahu kelima danau berikut ini, yuk! 

1. Danau Kumbolo 

Ranu Kumbolo jadi danau paling favorit pilihan wisatawan yang terletak tepat di bawah pos 4 Gunung Semeru. Danau Kumbolo yang berada pada ketinggian 2.400 mdpl ini memiliki luas sekitar 15 hektar. 

Jika kamu memutuskan untuk bermalam di danau ini, kamu hanya bisa mendirikan tenda di dua titik lokasi yang direkomendasikan ya, karena lokasi lain yang terkenal dengan kramat. Jadi, lebih baik kamu menghormati peraturan yang sudah ditentukan. Biasanya, relawan akan memberikan briefing singkat sebelum pendakian. 

2. Danau Ranu Pani 

Ranu Pani yang terletak di Desa Ranu Pani yang termasuk desa tertinggi di Indonesia. Sudah tidak bisa diragukan lagi ya kalau danau ini memiliki keindahan yang menjadi salah satu ikon dari Gunung Semeru. Jika kamu akan memulai pendakian menuju Taman Nasional Gunung Semeru, pasti akan tidak sulit menemukan danau ini. 

Penduduk yang tinggal di Desa Ranu Pani ini pun masih didominasi oleh Suku Tengger yang terkenal dengan kerahmahtamahan mereka terhadap wisatawan. 

3. Danau Regulo 

Selain Ranu Kumbolo dan Ranu Pani, masih ada Ranu Regulo nih yang bisa jadi tempat kamu menikmati pemandangan saat menuju ke Gunung Semeru. Ranu Regulo berada di Desa Ranu Pani, masih satu lokasi dengan Ranu Pani. 

Saat berada di Ranu Regulo, kamu dapat menikmati pemandangan perbukitan yang berada di sekeliling danau ini. Nah, jika kamu tidak sempat untuk mengunjungi Ranu Kumbolo, kamu bisa nih bermalam di sini karena danau ini tidak terlalu ramai. Jadi, suasana nya akan lebih tenang dan sejuk. 

4. Danau Tompe 

Ranu Tompe terkenal dengan cerita mistis di sekitar Gunung Semeru. Oleh karena itulah, masyarakat dan wisatawan tidak ada yang berani berkunjung atau bermalam di danau ni. Konon, Ranu Tompe sering juga disebut sebagai kerajaan lelembut sehingga mendapatkan julukan Ranu Lus. 

Danau ini tidak seperti danau lainnya yang memiliki luas yang besar, Ranu Tompe hanya seluas 0,7 hektar saja. Masih pengen mencoba mampir nggak nih? 

5. Danau Darungan 

Tahukah kamu jika danau ini merupakan peninggalan penjajah Belanda? Dahulu kala, Ranu Darungan punya nilai sejarah yang besar karena tempat ini pernah digunakan sebagai konservasi anggrek. 

Bahkan, Ranu Darungan diduga danau buatan penjajah karena adanya pilar-pilar besar dengan arsitektur kolonial. 

Danau terakhir ini masih berada di sekitar area Gunung Semeru adalah Ranu Darungan yang berada pada ketinggian 830 mdpl. Danau ini paling rendah jika dibandingkan yang lainnya, luas nya pun tergolong kecil hanya 0,25 hektar saja. 

Ranu Darungan dikelilingi oleh tebing dan hutan rimbun yang menjadi habitat bagi satwa liar. 

Frista Kurniasari
Talented professional good multitasking, organizational and verbal and written communication skills. Expertise includes writing content on topics such as Lifestyle, Humanity, Education and Travel.

Related Articles

Leave a Reply