Dampak Efek Rumah Kaca dan Penanggulangannya

Dampak Efek Rumah Kaca – Sesungguhnya, efek rumah kaca punya kontribusi yang positif terhadap keberlangsungan kehidupan di bumi. Tanpa fenomena ini, permukaan bumi akan tetap membeku dan terselimuti oleh lapisan es. Kondisi tersebut tentu tak akan memungkinkan adanya kehidupan di bumi, termasuk manusia.

Dampak Efek Rumah Kaca Terhadap Lingkungan

Source: Marcin Jozwiak/pexels

Akan tetapi, sekarang ini efek rumah kaca sudah cukup berlebihan. Sehingga, kondisi tersebut membuat permukaan bumi jadi lebih panas dari masa ke masa. Fenomena tersebut tentu memberikan dampak yang dapat mengancam kehidupan yang ada di bumi, diantaranya seperti:

Meningkatkannya suhu permukaan bumi, dimana para ahli menyebutkan bahwa penyebab pemanasan global yang membuat bumi makin panas sekarang ini karena dampak dari emisi rumah kaca di masa lampau.

Lapisan es di kutub bumi mencair, dampak dari pemanasan global yang berlebihan juga berimbas pada kondisi es di kutub yang mencair. Sehingga menyebabkan permukaan air laut naik, akibatnya banyak pulau kecil yang tenggelam.

Kerusakan ekosistem, akibat dari terjadinya pemanasan global yang memicu lapisan es di kutub mencair, banyak ekosistem yang terancam mengalami kerusakan bahkan kepunahan. Misalnya saja, saat ini hanya tersisa lahan yang sempit untuk tempat tinggal beruang kutub, akibat lapisan es yang terus-menerus mencair.

Cara Menanggulangi Dampak Efek Rumah Kaca

Dampak efek rumah kaca
Source: iStockphoto

Dampak efek rumah kaca yang berlebihan bisa mengakibatkan berbagai masalah lingkungan hingga menimbulkan dampak pemanasan global. Dengan langkah kecil, kita mungkin bisa sedikit menanggulanginya.    

1. Kurangi penggunaan energi listrik

Jika memungkinkan, kurangi pemakaian energi listrik yang kurang penting. Dengan begitu kita turut berkontribusi dalam mengurangi penggunaan batu bara yang dapat menghasilkan emisi gas CO2 di udara.

2. Kurangi penggunaan pupuk non-organik 

Penggunaan pupuk non-organik atau kimia memang mampu membuat hasil pertanian meningkat. Namun, hal tersebut juga memiliki dampak yang buruk karena memicu peningkatan jumlah emisi gas Dinitrogen Oksida atau N2O. Sehingga dampak pemanasan global sulit dihindari. 

Agar emisi gas N2O berkurang, ada baiknya kurangi penggunaan pupuk kimia atau non-organik. Bisa dengan beralih menggunakan pupuk organik yang lebih ramah lingkungan. 

3. Beralih ke bahan bakar yang eco-friendly

Mengurangi dampak efek rumah kaca salah satunya dengan beralih menggunakan bahan bakar  yang lebih ramah lingkungan atau eco-friendly. Penggunaan bahan bakar jenis ini di Indonesia memang masih cukup jarang ditemukan. 

Adapun baru bahan bakar listrik dan panel surya saja. Disebut lebih ramah lingkungan, karena kedua jenis bahan bakar tersebut hampir tak menghasilkan polutan yang dapat membahayakan lingkungan di sekitarnya.

4. Memanfaatkan limbah 

Limbah menjadi salah satu penyumpang gas rumah kaca, apalagi limbah dari peternakan. Agar bisa mengurangi emisi gas karbon dioksida maupun metana, limbah tersebut bisa diolah jadi biogas. Biogas tersebut dapat dimanfaatkan menjadi sumber energi alternatif untuk menggantikan penggunaan bahan bakar fosil.

5. Menggalakkan penghijauan kembali

Penghijauan kembali kawasan hutan yang sudah mengalami penebangan menjadi salah satu solusi untuk mengurangi dampak efek rumah kaca. Seperti yang kita ketahui, pepohonan akan menyerap gas karbon dioksida serta uap air untuk memproses fotosintesis agar menghasilkan oksigen. 

6. Membatasi penggunaan plastik dalam kehidupan sehari-hari

Plastik terbuat dari senyawa polimer dimana bahan ini sangat sulit terdegradasi dalam tanah. Sehingga menimbulkan dampak yang buruk terhadap lingkungan. Agar dapat mencegah limbah plastik dalam tanah, salah satu cara paling mudah adalah membakarnya.

Namun, hasil pembakaran tersebut menimbulkan gas karbon dioksida dalam jumlah yang besar. Karenanya, batasilah penggunaan plastik dalam kehidupan sehari-hari, misalnya dengan cara membawa tas berbahan kain untuk kantong belanja atau membawa botol minum dari rumah. 

Itulah tadi beberapa dampak dari efek rumah kaca terhadap lingkungan dan cara sederhana menanggulanginya. Agar dampaknya tidak semakin meluas, maka jangan lelah untuk menjaga lingkungan di sekitar, dan jangan berhenti di kamu!

Temukan ragam info menarik dan inspiratif lainnya bareng VELO! Inovasi terbaru produk nikotin bebas tembakau, tanpa asap dan praktis penggunannya. Cukup POP-SET-GO! Tersedia beragam varian rasa unik dan seru. Direkomendasikan untuk pengguna produk nikotin dewasa diatas 18 tahun, bukan wanita hamil atau ibu menyusui.

Related Articles

Leave a Reply