Daftar Terbaru 10 Orang Terkaya di Indonesia, Intip Kekayaannya!

Forbes Indonesia belum lama ini sempat merilis daftar 50 orang terkaya di Indonesia terbaru pada akhir 2020. Meskipun kita sudah memasuki awal kuartal kedua tahun 2021, hal ini masih menjadi referensi terdekat yang dapat ditelusuri. 

Seperti biasa, setiap akhir tahun Forbes memang selalu mengeluarkan daftar orang terkaya di berbagai negara. Di Indonesia sendiri para ‘old money’ masih mendominasi urutan teratas.

Nah, kali ini VELO akan membagikan info seputar para konglomerat yang menduduki urutan top 10. Seperti dilansir dari Forbes Indonesia, berikut daftarnya:

10. Dato Sri Tahir

Orang terkaya di Indonesia
Image source: fajar.co.id

Dato Sri Tahir turun ke peringkat ke-10 dalam daftar terbaru ini. Sebelumnya, Tahir menempati posisi ke-7. Pria berusia 60 tahun ini adalah pemilik Mayapada Group yang merupakan sebuah holding company dengan beberapa unit usaha.

Walaupun posisinya tergeser, ia masih termasuk deretan pengusaha etnis Tionghoa di Indonesia yang bisnisnya paling gemilang. Nilai kekayaannya dilaporkan mencapai USD 3,3 miliar atau setara Rp47 triliun.

9. Chairul Tanjung

Orang terkaya di Indonesia
Image source: konsultanjakarta.com

Nama Chairul Tanjung sudah sangat populer di Indonesia. Nilai kekayaan dilaporkan sebesar USD 3,9 miliar atau setara dengan Rp56 triliun. Ia tetap pada posisi yang sama di urutan ke-9 seperti tahun sebelumnya.

Chairul Tanjung adalah sosok ‘dalang’ dibalik Trans Corp, Bank Mega, Carrefour, hingga Transmart. Ia juga tercatat sempat menjabat sebagai komisaris di berbagai perusahaan yang berada di bawah naungan CT Corp seperti Bank PT Para Bandung Propertindo, PT Trans Studio, PT Asuransi Umum Mega, dan PT Asuransi Jiwa Mega Life.

8. Boenjamin Setiawan

Orang terkaya di Indonesia
Image source: twitter.com/tanotoeducation

Boenjamin Setiawan atau yang biasa disapa Dokter Boen bisa dibilang sebagai tenaga kesehatan terkaya di Indonesia dengan nilai kekayaan yang mencapai USD 4,1 miliar atau sekitar Rp59 triliun.

Beliau juga merupakan pengusaha yang sukses menjadikan Kalbe Farma sebagai salah satu perusahaan farmasi elit di Indonesia.

7. Jogi Hendra Atmadja

Orang terkaya di Indonesia
Image source: CNBC Indonesia

Dari urutan ke ke-10 tahun lalu, kini Jogi Hendra Atmadja naik ke ranking 7. Ia adalah salah satu orang terkaya di Indonesia dengan kekayaan senilai USD 4,3 miliar atau setara dengan Rp62 triliun.

Pria berusia 73 tahun ini yang merupakan founder dari Mayora, sebuah perusahaan yang semula berangkat dari produksi biskuit rumahan. Produk-produk Mayora sangat populer dan disukai di Indonesia.

6. Susilo Wonowidjojo

Orang terkaya di Indonesia
Image source: Tirto.id

Selanjutnya ada Susilo Wonowidjojo dengan nilai kekayaan sebesar USD 5,3 miliar atau setara Rp76 triliun. Sebagai salah satu orang terkaya di Indonesia, ia memiliki perusahaan rokok yang sudah sangat populer dan berpengaruh, yaitu Gudang Garam.

Susilo Wonowidjojo adalah generasi ketiga yang mengendalikan Gudang Garam. Pada tahun 2000, ia resmi menggantikan kakaknya Rachman Halim atau Tjoa To Hing sebagai pimpinan Gudang Garam setelah wafat pada 27 Juli 2008 di Singapura.

5. Sri Prakash Lohia

Image source: theasianawards.com

Di posisi ke-5 ada Sri Prakash Lohia, pemilik dari perusahaan Indorama Corporation yang bergerak di bidang petrokimia dan tekstil. Pria berusia 67 tahun ini lahir dan besar di India, tetapi menghabiskan sebagian besar masa hidup profesionalnya di Indonesia sejak tahun 1974. Kekayaannya dilaporkan mencapai USD 5,6 miliar atau setara Rp80 triliun.

4. Anthony Salim

Image source: VOI.id

Pewaris Salim Group, Anthony Salim adalah ketua Salim Group yang kini menjalankan bisnis perusahaan di seluruh Indonesia. Anthony Salim mengambil alih perusahaan usai sang ayah wafat. 

Seperti yang dilaporkan Forbes, harta kekayaan Anthony Salim & keluarga mencapai USD 5,9 miliar atau setara dengan Rp85 triliun berkat rentetan bisnisnya yang sukses menguasai pasar Indonesia.

Belakangan, perusahaan milik Salim Group, PT Indofood Sukses Makmur Tbk (INDF) telah membukukan kenaikan laba bersih meski di tengah pandemi Covid-19. Merujuk laporan tersebut, laba yang disebutkan naik sebesar 6,23% dari Rp3,53 triliun pada September 2019 menjadi Rp3,75 triliun pada September 2020.

3. Prajogo Pangestu

Image source: VOI.id

Prajogo Pangestu menempati posisi ke-3 sebagai orang terkaya di Indonesia versi Forbes Indonesia tahun 2020. Ia merupakan pengusaha Barito Pacific dan Chandra Asri Petrochemical yang bergerak di bidang perkayuan. 

Melalui bisnisnya, Prajogo mengumpulkan kekayaan mencapai USD 6 miliar atau setara sekitar Rp86 triliun. Bukan hal aneh apabila Prajogo berhasil menempati tempat tersebut. Selain itu, Prajogo juga memiliki investasi dan pengelolaan bisnis yang baik.

2. Keluarga Eka Tjipta Widjaja

Image source: Republika.co.id

Berawal dari sosok mendiang Eka Tjipta Widjaja pendiri Sinar Mas Group, yang merupakan salah satu konglomerat terbesar pada masa Orde Baru.

Bank andalannya, BII atau Bank Internasional Indonesia, mendanai banyak usahanya yang lain yang menjadikannya sebagai raja kopra pada waktu itu. Hal itu membuat Keluarga Widjaja ada di urutan kedua sebagai orang terkaya di Indonesia versi Forbes.

1. Hartono Bersaudara

Image source: Minews.id

Reputasi dan kekayaan Hartono bersaudara memang masih belum terkalahkan. Sama seperti tahun-tahun sebelumnya, mereka masih menempati posisi pertama sebagai orang paling kaya di Indonesia. Mereka adalah Budi Hartono dan juga Michael Hartono merupakan dua bersaudara.

Budi Hartono, selain dikenal sebagai orang terkaya di dalam negeri juga menempati posisi 80 dalam daftar orang terkaya di dunia. Total kekayaan Hartono bersaudara dilaporkan mencapai USD 38,8 miliar atau setara dengan Rp559 triliun!

Nah, itulah deretan 10 orang terkaya di Indonesia versi Forbes Indonesia. Simak juga info dan tips yang tak kalah menarik lainnya bersama VELO, kantong nikotin bebas tembakau pertama di Indonesia yang praktis dan simple!

VELO tersedia dalam aneka varian rasa unik seperti Berry Frost, Tropical Mix, Polar Mint, dan Ruby Berry. Kantong nikotin ini ditujukan bagi pengguna nikotin berusia 18 tahun ke atas dan tidak sedang hamil atau menyusui.

VELO akan menemani keseruan aktivitasmu kapan saja dan dimana saja tanpa khawatir mengganggu kenyamanan orang di sekitar, karena kantong nikotin ini sepenuhnya bebas asap!

Hengky
Crafting stories about social issues, pop culture, & common knowledge.

Related Articles

Leave a Reply