Contoh Insecure yang Merugikan Bagi Hidupmu

Tidak ada seorang pun di dunia ini yang tidak memiliki rasa insecure. Ada banyak contoh insecure yang membuat seseorang tidak percaya diri dan bahkan meragukan kemampuannya sendiri.

Insecure memang sangat lekat dengan label negatif karena pengaruh buruk yang ditimbulkannya kepada diri seseorang yang mengalami. Jika kamu belum terlalu memahami seperti apa insecure itu, simak beberapa contoh insecure berikut:

  1. Cemburu pada pasangan. Merasa cemburu pada pasangan memang tanda cinta, namun jika cemburumu berlebihan, kamu harus mempertanyakan hal itu. Cemburu berlebihan menyebabkan kamu tidak yakin dengan rasa cinta pasanganmu dan akibatnya muncul pertengkaran. Hal ini bisa merusak hubunganmu sendiri.
  2. Iri dengan unggahan orang lain di media sosial. Di saat kamu merasa kehidupan orang lain di media sosial lebih bahagia dari hidupmu saat ini, maka itulah yang dinamakan insecure. Apalagi jika kamu sampai iri dan cemburu. Akibatnya kamu merasa rendah diri dan stalking media sosial seseorang yang kamu anggap bahagia tanpa henti.
  3. Terganggu dengan tindakan orang lain. Orang insecure cenderung tidak suka melihat orang lain yang percaya diri. Bukan tindakan orang lain yang salah, namun kamu merasa kamu tidak bisa percaya diri seperti mereka hingga merasa terganggu.
  4. Meragukan diri sendiri. Bentuk keraguan pada diri sendiri sangat banyak. Misalnya kamu merasa tidak cantik atau tampan, tidak pintar, tidak kaya, dan masih banyak lagi. Yang kamu lakukan kemudian adalah terus mengkritik dirimu sendiri dengan hal-hal negatif yang justru tidak bisa membuatmu berkembang dan menjadi lebih baik.
  5. Menunda tugas yang sulit. Semua orang menunda pekerjaan mereka. Ketika tugas tersebut dirasa terlalu sulit dan mereka tidak yakin apakah bisa melakukannya, maka ini adalah contoh insecure. Hal ini bisa terjadi pada siapa saja, bahkan seseorang yang merasa insecure dengan tugas yang terlalu sulit akan memilih tugas yang lebih mudah baginya dan menghindari tugas-tugas lain yang sulit di masa depan.
  6. Khawatir akan peristiwa yang akan datang. Peristiwa ini bisa berbentuk apa saja. Misalnya kamu akan melakukan liburan dengan rekan kerja minggu depan atau menghadiri reuni dengan teman-teman lama. Kamu mengkhawatirkan hal itu secara berlebihan hingga membuatmu merasa tidak nyaman. Rasa tidak nyaman ini begitu tinggi hingga kamu mempertimbangkan untuk membatalkan keikutsertaanmu pada acara tersebut.
  7. Tidak mau keluar dari zona nyaman. Zona nyaman memang zona yang membuatmu enggan untuk meninggalkannya. Namun hal ini bisa menjebakmu dan mencegah dirimu berkembang. Misalnya saja, kamu tidak mau melakukan satu aktivitas baru yang belum pernah kamu coba sebelumnya. Kamu takut akan gagal atau takut jika aktivitas tersebut terlalu sulit untukmu. Ini juga bentuk keraguan yang lain pada diri sendiri.

Berbagai contoh insecure di atas semoga bisa membuatmu semakin berani dalam mengalahkan rasa negatif tersebut ya! Kamu juga bisa lho melakukan kegiatan yang kamu sukai untuk mengatasi insecure.

Di sela-sela waktumu, bagi kamu pengguna produk nikotin yang sudah berusia 18 tahun atau lebih, bukan perempuan hamil atau menyusui, VELO menawarkan cara baru menikmati nikotin tanpa asap, kapan saja dan di mana saja.

Kamu tinggal menyelipkan sekantong kecil VELO di antara bibir dan gusi bagian atas. Nikmati sensasi nikotin selama 15 sampai 20 menit setelahnya.

Indah Ariviani
Indah is an experienced writer specializes in lifestyle, design, and finance, who occasionally lost in her imaginations.

Related Articles

Leave a Reply