Contoh Alat Musik Ritmis Adalah Keempat Benda Ini

Saat ini banyak sekali jenis-jenis alat musik yang dapat kamu temukan. Salah satunya adalah alat musik ritmis. Contoh alat musik ritmis pun sangat beragam, mulai dari alat musik ritmis tradisional hingga yang modern.

Alat musik ritmis sendiri kerap dikenal sebagai jenis alat musik yang hadir dengan nada yang sangat terbatas, bahkan banyak orang menyebutnya sebagai alat musik tanpa nada. Meskipun demikian, alat musik ritmis terkenal dengan banyak fungsi.

  • Salah satu fungsi utamanya adalah melengkapi bahwa menyempurnakan lagu atau pertunjukan musik. Ia dikenal sebagai alat musik yang dapat mengatur tempo dan dapat digunakan sebagai penanda peralihan intro, bridge, reff, dan sebagainya, bagi pemain musik. Alat-alat ini juga bahkan banyak difungsikan dalam pertunjukan tari, juga sebagai pengatur tempo dan penanda peralihan dari satu gerakan ke gerakan lainnya.

Nah, setelah tahu fungsi-fungsi alat musik ritmis, saatnya kamu tahu apa saja sih contoh alat musik ritmis dan bagaimana alat-alat tersebut biasanya digunakan. Yuk, simak artikel di bawah ini!

Kendang

Siapa sih yang tidak tahu kendang? Kendang sendiri merupakan contoh alat musik ritmis tradisional. Alat ini banyak ditemukan di daerah Jawa Barat dan Jawa Tengah karena merupakan alat musik khas kedua daerah tersebut.

Kendang dibuat dari bahan kayu dan dibentuk lonjong. Ia memiliki 2 rongga, masing-masing terletak di sisi kiri dan kanan, ditutupi dengan kulit sapi. 

Alat musik ritmis yang satu ini dimainkan dengan cara dipukul yakni di bagian kulit sapi yang menutupi kedua rongganya.

Meskipun merupakan alat musik yang berasal dari 2 daerah tertentu di Jawa, kendang juga sudah banyak digunakan di berbagai daerah sebagai alat musik pelengkap pertunjukan musik kontemporer. Bahkan sanking populernya, cara memainkan kendang pun banyak diajarkan di sekolah-sekolah, bahkan berbagai perguruan tinggi. 

Tifa

Satu lagi contoh alat musik ritmis yang dimainkan dengan cara dipukul, yakni tifa. Alat musik ini mirip seperti kendang yang terbuat dari kayu dengan rongga ditutup dengan kulit hewan. 

Tifa sendiri biasanya dimainkan pada berbagai upacara adat di daerah Indonesia bagian timur, seperti Papua dan Maluku. Fungsinya pun digunakan sesuai fungsi alat musik ritmis pada umumnya, yakni sebagai pelengkap lagu dan pengiring berbagai tarian adat.

Conga

Jika kendang dan tifa mungkin sudah tidak asing lagi di telingamu, conga mungkin masih jarang terdengar. Padahal ini adalah contoh alat musik ritmis yang cukup populer dan mendunia.

Alat musik ini tidak berasal dari Indonesia. Ia berasal dari Afrika dan sudah banyak digunakan sebagai pengiring berbagai musik pop modern. Di sana, nama conga lebih populer dengan sebutan tambora.

Cara memainkan conga pun mirip seperti kendang dan tifa, yakni dengan cara dipukul. Saat ini, bentuk alat musik conga yang terlihat mulai mengikuti perkembangan zaman. Bahannya pun kebanyakan terbuat dari fiberglass atau serpihan kayu.

Triangle

Sesuai namanya, triangle adalah alat musik berbentuk segitiga dan terbuat dari logam. Ia dimainkan dengan cara dipukul. 

Alat ini merupakan salah salah satu contoh alat musik ritmis yang paling populer.

Triangle bahkan sudah dikenal sejak abad ke-16 dan sangat banyak dilibatkan dalam berbagai musik klasik. Saat ini, triangle banyak digunakan sebagai pelengkap berbagai aliran musik seperti pop, jazz, bahkan dangdut, musik kebanggaan Indonesia.

Nah itu dia beberapa contoh alat musik ritmis yang perlu kamu ketahui. Tertarik mempelajari alat musik di atas? Jangan lupa temani harimu dengan VELO, kantong nikotin yang ditujukan untuk kamu yang sudah 18 tahun ke atas dan pengguna produk yang mengandung nikotin, bukan perempuan hamil atau menyusui. Berbagai varian rasanya bisa kamu pilih sesuai selera. Selain itu, VELO bisa dinikmati dengan nyaman kapan saja dan dimana saja tanpa khawatir mengganggu orang lain.Nge-VELO sambil belajar musik bakalan bikin kamu ngerasa lebih santuy! 

Related Articles

Leave a Reply