Ciri-Ciri Musik Jazz Yang Mudah Dikenali

Musik jazz memiliki aliran musik yang kompleks dan terbuka dengan jenis musik lainnya. Bagi sebagian orang berpendapat ciri-ciri musik jazz salah satunya adalah gabungan instrumen alat musik jazz seperti piano, gitar, dan saxophone. 

Lalu, tahukah kamu bagaimana sebuah musik dinamakan jazz? Nah, untuk menambah pengetahuan kamu seputar musik jazz, berikut ini akan membahas pengertian musik jazz serta ciri-ciri musik jazz secara lengkap. Simak selengkapnya di bawah ini. 

Pengertian Musik Jazz 

Selain itu, beberapa pakar seperti Whitney Ballet mengatakan bahwa jazz merupakan sebuah musik yang sangat personal seperti blues. Karena jazz memiliki suara instrumental yang unik, vokal yang keren, ditambah dengan improvisasi yang kreatif. Musik jazz bisa dikatakan jazz karena terdapat melodi yang berirama, ritme, serta harmoni pada isi musiknya. 

Jika kita tarik kesimpulannya, pengertian musik jazz adalah musik dengan kesempurnaan yang kreatif. Jadi, tidak heran jika genre musik ini memiliki tempat tersendiri di hati para penikmat musik di seluruh dunia. 

Ciri-Ciri Musik Jazz 

Berbicara tentang musik jazz, perlu diingat ciri-ciri musik jazz yang ada dalam teknik musiknya. Berikut ini ciri-ciri musik jazz. 

1.      Musisi Memainkannya Dengan Improvisasi 

Ciri utama genre jazz adalah improvisasi. Dimana letaknya ini berada pada musisinya yang bernyanyi dengan improvisasi yang kreatif. Bahkan, beberapa musisi jazz memainkan lagu dan gaya yang sama berulang-ulang. 

Hal itu yang dinamakan musik jazz memiliki ritme dan melodi yang improvisatif.  Karena sejak awal jazz memang dimainkan secara improvisasi, dan dimainkan secara duet, solo, maupun grup. 

2.      Menggunakan Instrumen Khusus 

Yang membedakan genre musik jazz dengan genre musik lainnya yang paling menonjol adalah karena musik jazz memiliki instrumen khusus yang biasa digunakan. Diantara instrumen alat musik jazz yang khusus ini adalah saksofon, terompet, gitar, piano, drum, gitar bass, dan biola. Selain itu, lirik musik jazz juga menjadi ciri khas musik yang mudah dikenali. 

3.      Sinkopasi 

Selain dimainkan menggunakan alat musik jazz instrumen khusus, ciri-ciri musik jazz lainnya adalah memiliki nada tempo musik yang tinggi. Hal ini dinamakan sinkopasi (syncope) yang merupakan penekanan atau aksentuasi pada not-not upbeat (not-not dengan ketukan lemah). Nada yang dihasilkan membuat para pendengarnya ingin menari dan menggertakan kaki mengikuti irama musik. 

4.      Blue Note 

Blue note adalah nada yang dimainkan di dalam musik jazz. Karena pada awalnya musik jazz terbentuk dari genre musik blues. 

5.      Swing 

Ciri-ciri musik jazz yang terakhir adalah jazz dikenal sebagai genre yang mempersatukan orang kulit hitam di Amerika Serikat dengan irama musiknya yang cepat. Sehingga swing menjadi antithesis dari musik jazz dan memiliki keistimewaan yang membuat para pendengarnya berirama, menari mengikuti musik. 

Musik jazz disebut swing atau irama yang mendayu, jadi musik jazz enak banget di dengerin. Apalagi buat mereka yang sudah menggemari musik jazz, hampir semua komposisi musik didominasi dengan unsur swing. 

Hingga sekarang ini musik jazz semakin mendunia karena hampir semua orang bisa menikmati genre musik ini. Selain itu, musik jazz juga sudah lebih modern, sebab kreativitas tinggi para musisinya menghasilkan komposisi jazz yang berbeda setiap saat. Nah, sekarang udah tahu kan bedanya musik jazz dengan genre musik lainnya?  

Bukan hanya ciri-ciri musik jazz aja nih yang bisa kamu ketahui, tapi ada juga VELO! VELO merupakan kantong nikotin bebas tembakau. Kalau kamu pengen coba, ambil saja  kantong VELO, letakkan di antara bibir dan gusi atas, dan rasakan sensasinya. VELO hanya diperuntukkan bagi pengguna produk nikotin yang berusia 18 tahun ke atas, bukan perempuan hamil atau menyusui. 

Elya
Seorang penulis blog yang sudah berkecimpung sejak tahun 2014 sampai sekarang.

Related Articles

Leave a Reply