Cari Tahu Yuk, Surga Labuan Bajo Dimana Sih?

Tentunya, kamu pasti nggak asing lagi kan dengan salah satu pulau di Indonesia bernama Labuan Bajo bukan, pulau yang menyimpan satu keajaiban dunia. Namun, tahukah kamu Labuan Bajo dimana letaknya?

Pulau ini terletak di bagian Indonesia Timur, tepatnya di Provinsi Nusa Tenggara Timur.

Labuan Bajo merupakan bagian dari sembilan desa yang masuk kedalam Kecamatan Komodo yang menjadi salah satu World Heritage UNESCO.

Taman Nasional Komodo lah yang hingga saat ini masih tetap dijaga kelestariannya agar tidak punah dan supaya kalian bisa bertemu langsung dengan komodo di Pulau ini!

Di Labuan Bajo terbagi menjadi beberapa desa termasuk Wae Mata, Pasar Baru, Kampung Ujung, Kampung Tengah, Lamtoro, Wae Kelambu, Wae Madu, Cowang Dareng, Wae Kesambi, Sernaru, Lancang, dan Pede.

Desa-desa ini memiliki hidden gem yang harus kalian kunjungi ya!

Jika kalian berlibur ke Labuan Bajo, kalian nggak akan kebingungan cari tempat wisata deh, karena destinasi di pulau ini banyak banget mulai dari pulau kelor, pulau kalong, goa batu cermin, air terjun cunca wulang, dan yang paling hits ada pulau padar!

Wah, menyenangkan sekali ya kalau berlibur kesana. Bukan cuma tempat wisatanya aja nih yang bikin kagum, kulinernya juga jagoan! Setelah tahu Labuan Bajo dimana, cari tahu lebih lanjut yuk kuliner dan hal lainnya!

Kuliner Khas Labuan Bajo

Via labuanbajotour.com

Rasanya kurang kalau berkunjung ke suatu tempat tapi kita nggak berkenalan dengan kuliner khasnya kan?

Di Labuan Bajo ada lima rekomendasi kuliner yang wajib banget kalian cobain. Walaupun di kota lain ada yang menyajikan makanan khas pulau ini, tentu rasa dan teknik memasaknya akan beda banget.

Se’i Sapi

Se’i sapi atau daging asap ini merupakan makanan dengan teknik asap pada daging.

Proses memasaknya juga membutuhkan waktu yang lama hingga daging benar-benar matang. Rasanya semakin gurih dengan teknik pengasapan tersebut, biasanya disajikan bareng tumis pepaya dan sambal! 

Jagung Bose

Makanan berbahan dasar jagung ini tidak disajikan sebagai makanan penutup melainkan makanan utama pengganti nasi dengan bahan pelengkap seperti kacang, santan dan rempah-rempah lainnya.

Rasanya yang creamy dan gurih bikin nagih deh.

Rumpu Rampe

Tumis sayuran berbahan dasar daun pepaya ini menjadi salah satu ciri khas di Labuan Bajo.

Perpaduan daun pepaya dengan bunga pepaya, buah pepaya muda, jantung pisang, serta daun ubi ditumis menjadi satu dengan bumbu rempah. Khas banget!

Koro Kampe

Nasi bakar khas Timur ini mempunyai cita rasa berbeda dengan nasi bakar pada umumnya. Jadi, nasi bakar ini dimasak selama kurang lebih 30 menit hingga bumbu rempahnya meresap ke dalam nasi.

Disantap dengan lauk pauk seperti udang, cumi dan daun pepaya!

Tradisi Khas Labuan Bajo

via Lokadata.ID

Di pulau ini memang serba menakjubkan! Dari pilihan tempat wisata, kuliner, hingga tradisi budayanya.

Kebudayaan di pulau ini sangatlah kental. Misalnya, Suku Laut sebagai ciri khas orang-orang yang hidup di laut disusul dengan Festival tahunan setiap tanggal 10 Maret bernama Festival Komodo. Festival ini menampilkan tarian tradisional serta keunikan khas Labuan Bajo.

Selain itu, tradisi-tradisinya pun masih rutin dirayakan seperti Tradisi Kepok sebagai tradisi penyambutan tamu mancanegara, dengan mempersiapkan ayam jantan berwarna putih serta moke putih yang telah didiamkan di dalam botol berasal dari labu. 

Labuan Bajo memang pantas menyandang nama “Surga” bagi wisatawan, jejeran pulau yang indah, adat istiadat yang kental serta budaya masyarakat nya yang membuat kita ingin terus berkunjung ke sana.

Lingkungan di area Labuan Bajo rentan akan kebakaran, maka dari itu setiap wisatawan pasti akan diberi peringatan oleh pemandu wisata untuk tidak merokok demi menjaga kawasan Labuan Bajo.

Agar tidak terjadi hal-hal yang diinginkan, buat kalian pengguna produk nikotin yang sudah berusia 18 tahun atau lebih, bukan perempuan hamil atau menyusui, bisa membawa VELO sebagai alternatif rokok. Selain mudah dibawa ke mana-mana, kamu bisa menggunakan VELO hingga 20-30 menit tanpa bau, loh!

Frista Kurniasari
Talented professional good multitasking, organizational and verbal and written communication skills. Expertise includes writing content on topics such as Lifestyle, Humanity, Education and Travel.

Related Articles

Leave a Reply