Cari Tahu Yuk Harpa Berasal Dari Mana!

Alat musik harpa merupakan alat musik petik tertua di dunia yang memiliki bentuk mirip dengan kecapi, alat musik tradisional dari Sunda. Awalnya, harpa populer di negara-negara Celtic pada awal tahun 1200-an, dimana instrumen harpa memiliki label bernama cruit yang memiliki arti sebagai instrumen tertua yang diketahui pada saat itu. Sebenarnya, harpa berasal dari mana ya?

Kata “harpa” berasal dari kata kuno Jerman, Anglo dan Norse yang berarti “memetik”. Puncak kepopuleran harpa dimulai pada abad ke-13, ketika harpa digambarkan ke dalam lyre yang bermaksud umum atau alat musik yang umum dimainkan pada saat itu. 

Sedangkan di negara Skotlandia dan Irlandia, harpa disebut sebagai clarsach pada abad ke-15. Dalam perubahan perkembangan harpa di Eropa dan Skotlandia, Irlandia dari segi suara yang dihasilkan. 

Jika, harpa di Eropa dikenal sejak abad ke-13 dan di Skotlandia-Irlandia pada abad ke 15. Sebenarnya alat musik harpa berasal dari negara mana, sih? Kita cari tahu bersama yuk! 

Asal Mula Alat Musik Harpa 

Sebenarnya, alat musik harpa masih menjadi misteri yang belum terpecahkan hingga sekarang. Sejarah pun tidak tahu kapan musik harpa dibunyikan untuk pertama kalinya. 

1. Ditemukan di Perancis (15.000 SM) 

Penemuan lukisan dalam gua di Perancis yang berasal pada tahun 15.000 SM menunjukan bukti bahwa harpa digunakan dalam sebuah upacara. 

2. Ditemukan di makam Firaun Mesir (5.000 SM) 

Gambar “Bow-Harps” terlihat juga terlihat dalam karakter hieroglif di makam Firaun di Mesin yang diduga sudah ada sejak tahun 5.000 SM. 

3. Ditemukan di makam Ramses III (1198-1166 SM) 

Selain itu, bukti lain dari alat musik harpa ditemukan pada deskripsi singkat di sekitar makam Ramses III yang hidup pada dekade terakhir kekaisaran Mesir sekitar tahun 1198-1166 SM. 

Kerajaan setelah Ramses III menciptakan harpa dengan busur yang dibuat setinggi 2 meter sejumlah 18 hingga 19 senar. Harpa terlihat dimainkan oleh musisi secara duduk atau berdiri. Biasanya harpa dimainkan sebagai layanan mereka kepada Firaun atau penguasa di Mesir lainnya. 

4. Ditemukan di Era Mesopotamia dan Assyria 

Tidak hanya ditemukan di Mesir, harpa juga terdapat pada lukisan keramik di reruntuhan kuil Babilonia Kuno pada era Mesopotamia dan Assyria. Ilustrasi harpa ditemukan di vas yang menggambarkan kecapi dengan jumlah senar sebanyak 13 hingga 15 yang sangat mirip dengan gambar kecapi busur di zaman Mesir Kuno. 

Pengaruh Timur Tengah Pada Harpa 

Budaya yang berada di Sumeria dan Fenisia kuno telah menjadi asal mula kelahiran Lyre Harp. Pada waktu itu, harpa dibuat dengan dia tangan dan ditampilkan pada lukisan serta keramik budaya pada tahun 2.500-3.000 SM. 

Masyarakat Yunani juga berperan besar terhadap perkembangan Lyre Harp dengan ditemukannya tangga nada musik Matematika oleh Phytagoras. 

Evolusi Modern Pada Harpa – The Triangular Harp 

Gambar pertama dari the triangular harp ditemukan di Utrecht Psalter yang berasal dari abad ke-9. Penemuan ini yang menggambarkan harpa dengan tiang kayu di antara kedua ujung lengan harpa. 

Fakta Menarik Harpa 

Tahukah kamu jika Afrika memiliki variasi harpa paling banyak dari budaya manapun yang digunakan dalam tradisi suku mereka. Sedangkan, istilah harpa pertama kali digunakan pada tahun 600 M yang memiliki arti “berbicara berulang kali tentang suatu subjek”. 

Walaupun, sejarah belum mengetahui pasti dari mana harpa berasal, namun fakta-fakta di atas bisa jadi referensi bagi kamu yang pengen tahu banyak tentang harpa. 

Frista Kurniasari
Talented professional good multitasking, organizational and verbal and written communication skills. Expertise includes writing content on topics such as Lifestyle, Humanity, Education and Travel.

Related Articles

Leave a Reply