Cari Tahu Bagaimana Perkembangan Komputer Antar Generasi!

Komunikasi memegang peranan penting dalam kehidupan kita. Jika dulu manusia berkomunikasi secara tatap muka, zaman berkembang dan memungkinkan kita berkomunikasi dengan telepon. Tidak berhenti di sana, inovasi di bidang teknologi semakin maju sehingga memungkinkan kita berkomunikasi via teks, audio, bahkan audiovisual. 

Komputer, seperti kebanyakan barang elektronik lainnya, mengalami perbaikan dari masa ke masa, baik dari segi mesin, fungsi, hingga tampilan fisik. Dalam perkembangan komputer, mulai dari pertama kali benda ini dirancang hingga sekarang, terdapat 5 generasi komputer.

Berikut sejarah dari kelima generasi komputer yang ada:

Komputer generasi pertama, generasi tabung hampa udara

Beberapa sumber mengatakan bahwa komputer generasi pertama ada dalam rentang waktu tahun 1941-1959. Namun beberapa percaya bahwa komputer generasi ini sebenarnya sudah berakhir di tahun 1956 dan dilanjut dengan inovasi komputer generasi kedua.

Pada generasi pertama, komputer memiliki ukuran yang sangat besar dan dilengkapi dengan tabung hampa udara. Tabung ini berfungsi sebagai tempat di mana data disimpan dan diproses.

Karena ukuran tabung yang besar, energi listrik yang dibutuhkan pun besar. Berkaitan dengan hal tersebut, komputer ini cenderung menghasilkan panas yang juga besar sehingga diperlukan mesin pendingin dalam operasinya. Bukan hanya itu, biaya produksi, pembelian, serta perawatannya pun besar.

Selain ukurannya yang besar, komputer generasi pertama juga memiliki perbedaan yang sangat signifikan dengan komputer saat ini dari segi operasi. Komputer generasi tabung hampa udara hanya mampu menjalankan satu tugas dalam satu waktu. Kinerjanya juga cukup lambat karena kapasitas penyimpanannya masih sangat kecil.

 

Komputer generasi kedua, generasi komputer dengan transistor

Komputer mulai dilengkapi dengan transistor pada generasi ini (1956-1963). Dengan mengganti tabung hampa udara dengan transistor, para ahli dimungkinkan untuk menciptakan komputer dengan ukuran yang lebih kecil. Hal ini memungkinkan adanya penghematan energi pemakaian serta penghematan biaya produksi.

Transistor sendiri sebenarnya sudah ada sejak 1947, namun penggunaannya belum meluas sebelum akhirnya dilibatkan dalam rancangan komputer.

Jika komputer generasi pertama menggunakan bahasa mesin sebagai bahasa pemrograman, komputer generasi kedua sempat dirancang dengan bahasa mesin biner kriptik, lalu beralih ke bahasa simbolik. Dengan bahasa tersebut, komputer di generasi ini telah dapat memahami instruksi dalam bentuk kata-kata.

Setelah pengembangan bahasa simbolik, di generasi ini pula bahasa pemrograman tingkat tinggi mulai dikembangkan.

Komputer generasi ketiga, generasi komputer dengan sirkuit terpadu

Berjalan antara tahun 1964-1971, komputer generasi ketiga memiliki kecepatan proses data yang lebih tinggi dari sebelumnya. Integrated Circuit (IC) atau sirkuit terpadu merupakan perangkat elektronik kecil yang terbuat dari bahan semikonduktor. Alat ini pertama kali dikembangkan pada tahun 1950-an.

Perkembangan yang sangat signifikan terjadi pada generasi komputer ini, baik daya listrik yang digunakan serta harganya menjadi lebih rendah. Di samping itu, memori dan kemampuan perangkat lunaknya menjadi lebih besar. Bahkan kecepatannya hingga 10 ribu kali lebih besar dibanding komputer generasi pertama.

Komputer generasi keempat, generasi komputer dengan mikroprosesor

Komputer generasi keempat dibuat berdasarkan tujuan yang lebih jelas, yakni memperkecil ukurannya untuk membuat harganya lebih murah. Hal ini memungkinkan komputer generasi ini dapat digunakan secara pribadi.

Pada 1981, IBM memperkenalkan produknya untuk personal computer, dan pada 1982 Apple mulai memperkenalkan Macintosh.

Pada generasi ini, satu komputer dihubungkan dengan komputer lain untuk membentuk sebuah jaringan. Di sinilah awal sejarah internet dimulai.

Komputer generasi kelima dan Artificial Intelligence

Komputer ini juga disebut generasi komputer Pentium.

Pada generasi ini, komputer telah memiliki berbagai kemampuan serta variasi ukuran yang lebih kecil dibanding komputer-komputer di generasi sebelumnya.

Perangkat yang digunakan pada komputer generasi kelima berbasis Artificial Intelligence (kecerdasan buatan) dengan dukungan fitur yang lebih banyak.

Kecepatan pemrosesan informasi pada komputer ini juga mengalami peningkatan yang signifikan. Dengan berbagai peningkatan yang ada, komputer di masa ini kerap dilibatkan dalam berbagai aspek kehidupan.

Namun, pada dasarnya komputer di generasi ini masih cukup sulit didefinisikan karena hingga saat ini produknya pun masih dalam pengembangan.

Related Articles

Leave a Reply