Cara Menjadi Freelancer Saat Di Rumah Aja!

0
73
cara menjadi freelancer
© Unsplash

Cara menjadi Freelancer atau pekerja lepas menjadi salah satu tips yang paling banyak diinginkan, baik mahasiswa maupun pekerja kantoran.

Menjadi freelancer tentu memiliki perbedaan saat menjadi pekerja tetap. Kamu tidak terikat oleh kontrak dan peraturan, selain itu jam kerja yang fleksibel dan penghasilan tambahan yang lumayan menjadi daya tarik tersendiri untuk freelancer

Perlu kamu ketahui, kerja online sangat berbeda saat bekerja sebagai part-time. Kamu bisa menjadi apa saja yang kamu mau saat memutuskan untuk menjadi freelancer dan tidak terikat kontrak, tetapi jika part-time ada peraturan dan kontrak yang harus kamu lakukan, pekerjaannya juga membutuhkan proses tatap muka berbeda dengan freelance yang bisa kamu lakukan saat di rumah.

Tidak sulit untuk memulai karir sebagai freelancer, bagi kamu yang belum punya pengalaman menjadi freelancer dan ingin menambah penghasilan dengan jam yang fleksibel, ada beberapa tips dan cara yang mudah untuk kamu persiapkan untuk menjadi freelancer!

Kenali Minat Dan Kemampuan Melalui Webinar

Untuk mengenali minat dan kemampuan kamu, mengikuti webinar atau pelatihan saat online bisa kamu lakukan nih. Dengan memahami topik dalam pelatihan, kamu akan lebih mempersiapkan hal-hal apa yang perlu kamu ketahui sebelum memutuskan menjadi freelancer.

Sebaiknya, fokus kepada satu pekerjaan saja agar lebih terorganisir. Misalnya kamu tertarik di dunia menulis, maka kamu dapat mengikuti webinar yang khusus membahas tentang bagaimana menjadi content writer dan copywriter.

Menawarkan Jasa Freelance Secara Gratis 

Kamu perlu membangun kepercayaan klien nih sebagai freelancer, cara mudahnya yaitu dengan menawarkan jasa kamu secara gratis. Dengan latihan secara rutin, kemampuan kamu akan bertambah dan yang paling penting hal ini dilakukan untuk mengumpulkan portofolio yang dapat menarik klien untuk kerja bareng kamu.

Jika kamu tertarik menjadi desain grafis, kamu bisa menawarkan diri untuk membantu dalam pembuatan logo atau pun feed instagram teman kalian dan hasilnya dapat kamu masukkan sebagai portofolio.

Persiapkan Portofolio Menarik Jadi Cara Menjadi Freelancer Sukses!

Umumnya, saat kamu melamar menjadi freelancer di situs-situs resmi seperti Fastwork atau Sribulancer, klien akan meminta hasil karya kalian yang akan menjadi pertimbangan mereka untuk bekerja sama.

Nah, hasil-hasil karya kalian harus disusun semenarik mungkin nih. Kalau kamu punya karya di bidang desain grafis, kamu bisa bikin di Behance.net atau Dribble.com, jika kamu penulis, bisa unggah tulisan kamu di clippings.me agar lebih mudah dilihat oleh klien.

Belajar Skill Gratis Dari Website

Saat kamu sudah sukses menjadi freelancer, jangan pernah malas untuk tetap belajar meningkatkan kemampuan kalian ya. Selalu ada yang dapat dipelajari jika tertarik pada industri kreatif biar tidak ketinggalan ilmu-ilmu baru.

Selain belajar skill dari situs ternama seperti Coursera, Udemy, atau Skill Academy, kamu juga bisa dapetin sertifikat loh yang bisa kamu masukin ke resume sebagai bahan pertimbangan! Di situs ini kamu dapat memilih kemampuan apa yang ingin kamu kuasai, bahkan sertifikat yang diberikan dari Universitas luar negeri ternama!

Persiapkan Lingkungan Produktif untuk Bekerja

Lingkungan yang nyaman bisa buat kamu lebih betah bekerja di rumah. Kamu bisa mulai dari menyiapkan ruangan khusus untuk bekerja, atau sekedar merapikan meja kerja kamu, bisa buat kamu lebih produktif loh!

Hal lain yang bisa buat kamu produktif adalah memanfaatkan waktu dengan baik. Sebaiknya, kamu tidak terlalu banyak membuang waktu dengan menonton TV, ber-media sosial, atau bermain gadget. Untuk kebutuhan nikotin, kamu ga perlu keluar rumah, dengan VELO, kantong nikotin buat kamu yang sudah berusia 18 tahun ke atas dan pengguna produk yang mengandung nikotin, bukan perempuan hamil atau menyusui, kamu bisa menikmati sensasi nikotin dengan berbagai varian di mana aja dan kapan aja!

Tips di atas bisa kamu terapkan mulai sekarang, menjadi freelancer dengan waktu yang fleksibel juga dapat membantu kamu mengembangkan kemampuan dan bakat yang mungkin belum kamu sadari. Walaupun kamu di rumah aja dan belum bisa mendapatkan penghasilan tambahan, cara mudah ini bisa menjadi peluang kamu untuk memperluas koneksi dengan klien baru dan mendapatkan pengalaman baru!

Leave a Reply