Gini Nih Cara Menghitung Bunga Bank untuk Pinjaman

Sebelum mulai mengajukan permohonan pinjaman pada bank, ada baiknya untuk tahu bagaimana cara menghitung bunga bank terutama untuk pinjaman. Supaya kita bisa mengetahui besaran cicilan yang harus dibayarkan tiap bulan. 

Dengan begitu kita pun bisa mulai menganalisis seberapa besar angsuran yang mesti dibayarkan. Selain itu, kita juga bisa mengetahui jangka waktu pinjaman tersebut bisa dilunasi. Kalau sudah begitu, tentunya kita akan lebih mudah dalam mengelola keuangan menjadi lebih baik, kan? Untuk itu, yuk simak ulasan berikut selengkapnya.

Cara Menghitung Bunga Bank untuk Jenis Pinjaman atau Kredit

Cara menghitung bunga bank
Source: Snowing via freepik.com

Ada beberapa jenis suku bunga bank yang menjadi acuan dalam menghitung besaran bunga. Berikut cara menghitung bunga bank sesuai jenisnya, yuk simak dulu.

Suku Bunga Flat 

Cara menghitung bunga bank dengan suku bunga flat disebut-sebut cara yang paling gampang dibandingkan yang lain. Alasannya, karena  ara menghitung cicilan bulanan akan sama. Sementara, besaran bunga flat umumnya berdasarkan besaran jumlah utang awal.

Umumnya jenis bunga bank ini dihitung berdasarkan tenor atau jangka waktu pinjaman. Dan biasanya digunakan pada pinjaman KATA atau kredit tanpa agunan.

Berikut rumus dalam menghitung bunga bank dengan suku bunga flat:

(Jumlah pokok pinjaman x besaran suku bunga per tahun) / jangka waktu pinjaman

Contohnya: 

Arya meminjam uang dari bank sebesar Rp 10 juta dengan suku bunga 10% per tahun dengan jangka waktu pinjaman satu tahun. 

Berikut cara menghitungnya:

Cicilan pokok= Rp 12.000.000,- / 12 bulan = Rp 1.000.000,- per bulan

Cicilan bunga= Rp (10% x Rp 12.000.000,-) : 12 bulan = Rp 100.000,-

Jadi cicilan per bulan yang harus dibayar oleh Arya kurang lebih Rp 1.100.000,-

Suku Bunga Efektif

Jenis suku bunga ini lebih digunakan untuk kredit atau pinjaman dalam jangka panjang, misalnya KPR. Lain dengan suku bunga flat, jumlah cicilan tiap bulan akan menjadi semakin sedikit.

Hal ini karena, perhitungan bunga didasarkan pada jumlah dari sisa utang pokok atau jumlah pinjaman yang belum dibayarkan setiap bulan. Berikut rumus penghitungan dengan suku bunga efektif.

SP (Saldo pokok atau sisa pinjaman) x i (suku bunga per tahun) : 12 bulan

Contohnya:

Rita mengajukan pinjaman ke bank sebesar Rp 36 juta dengan bunga 10% per tahun untuk 3 tahun masa pinjaman.

Berikut penghitungannya:

Cicilan bulan 1:

Cicilan pokok: Rp 36.000.000,- : 36 = Rp 1.000.000

Besaran bunga : Rp 36.000.000,- x 10% : 12 bulan = Rp 300.000,-

Total cicilan bulan 1: Rp 1.000.000,- + Rp 300.000,- = Rp 1.300.000,-

Cicilan bulan 2:

SP > Rp 36.000.000,- – Rp 1.000.000,- = Rp 35.000.000,-

Besaran bunga .Rp 35.000.000 x 10 persen : 12 = Rp 291.667,-

Total cicilan bulan 2 > Rp 1.000.000 + Rp 291.667 = Rp 1.291.667,-

Jumlah cicilan yang menurun karena jumlah saldo pinjaman yang mulai berkurang setiap bulannya.

Suku Bunga Anuitas

Jenis bunga ini merupakan modifikasi dari bunga efektif dengan besaran jumlah cicilan yang sama tiap bulannya. Cara menghitung bunganya pun tidak jauh berbeda dengan suku bunga efektif. Dimana bunga akan dijumlahkan dari sisa keseluruhan pokok pinjaman.

Namun, agar jumlah cicilan sama tiap bulannya, maka porsi bunga yang harus dibayar akan menurun sementara porsi angsuran pokok pinjaman meningkat. Jadi, di awal pembayaran cicilan, jumlah bunga yang harus dibayar akan jauh lebih besar, lalu perlahan berkurang hingga jangka waktu pinjaman berakhir. 

Bunga anuitas ini bertujuan untuk mempermudah para nasabah membayar angsuran tiap bulan. Karena jumlah cicilan tetap tidak berubah-ubah. Berikut cara menghitung bunga bank dengan suku bunga anuitas.

Total cicilan tiap bulan = total plafon pinjaman x (suku bunga/12) : (1-(1+(suku bunga /12) – tenor pinjaman). 

Demikian tadi beberapa cara menghitung bunga bank untuk pinjaman. Dengan mengetahui cara penghitungannya, kita akan lebih mudah dalam memprediksi berapa besar bunga dan cicilan yang harus dibayarkan ke bank ketika kita mengajukan pinjaman. 

Dengan begitu, kita juga bisa menentukan pilihan bank yang mana yang menawarkan pinjaman dengan bunga rendah. Jadi jangan buru-buru tergiur promo cicilan murah, cari tahu dulu tingkat suku bunga bank dan penghitungannya bagaimana, ya. Semoga bermanfaat!

Temukan beragam produk nikotin inovatif Velo lainnya hanya disini. Produk alternatif untuk kamu pengguna produk nikotin dengan bentuk yang lebih kecil dan bebas asap. Bukan produk untuk ibu hamil dan wanita menyusui.

Related Articles

Leave a Reply