Cara Mengatasi Pemanasan Global, Agar Efektif Mulai Dari Diri Sendiri!

Cara mengatasi pemanasan global akan jauh lebih efektif jika dimulai dengan diri sendiri. Terjadinya pemanasan global karena suhu udara dan juga air laut di permukaan bumi mengalami peningkatan. Kondisi tersebut dapat menyebabkan berbagai macam perubahan kondisi bumi secara global, seperti cuaca ekstrem, kesehatan, kualitas dan ketersediaan bahan pangan, dan berbagai permasalahan lainnya. 

Salah satu yang jadi penyebab pemanasan global adalah perilaku manusia yang merugikan. Para ahli sepakat jika sejumlah perilaku manusia cukup berkontribusi terhadap munculnya dampak pemanasan global. Sebagai penduduk bumi, sangat penting untuk tahu bagaimana cara mencegah pemanasan global. 

Cara Mencegah Pemanasan Global dimulai Dari Diri Sendiri

Cara pencegahannya pun sebenarnya cukup sederhana, dengan mengubah kebiasaan dan mulai melakukan perubahan kecil. Jika dilakukan secara konsisten, maka bisa berdampak luar biasa bagi kehidupan dan mencegah terjadinya pemanasan global. 

Sebetulnya ini merupakan tanggung jawab semua orang, tapi kita bisa memulainya dari diri sendiri. Berikut beberapa cara mencegah pemanasan global yang bisa dilakukan dari hal-hal kecil. 

Terapkan Reduce, Reuse dan Recycle

Cara mengatasi pemanasan global

Source: Sheirly804/pixabay

Salah satu cara mengatasi pemanasan global adalah dengan menerapkan reduce, reuse, dan recycle. Reduce maknanya mengurangi, sebisa mungkin kurangi penggunaan barang-barang atau produk dalam kemasan plastik. Langkah ini akan membantu mencegah pemborosan. Selain itu, kurangi juga penggunaan produk-produk sekali pakai dan beralih ke produk yang bisa digunakan lebih lama.

Sementara, reuse merupakan upaya untuk menggunakan kembali berbagai macam barang bekas yang masih layak digunakan, seperti kantong maupun botol plastik. Sedangkan recycle merupakan aktivitas mendaur ulang kembali barang atau benda yang tidak terpakai sehingga bisa digunakan lagi. Misalnya dengan mendaur ulang plastik, kaleng, koran, kaleng, kaca maupun limbah lainnya menjadi lebih bermanfaat.

Mengurangi pemakaian pendingin ruangan

Source: Eli Sommer/pexels

Ketika suhu bumi semakin memanas, menggunakan pendingin ruangan juga menyumbang terjadinya perubahan iklim yang lebih buruk. Ini karena dalam pendingin ruangan terdapat senyawa organik yang disebut HFC atau Hydrofluorocarbon.

Senyawa ini merupakan gas rumah kaca dan efeknya jauh lebih kuat dibandingkan karbon dioksida. Sebaiknya kurangi penggunaan pendingin ruangan dan beralih dengan memberikan ventilasi alami di rumah. Selain lebih hemat juga bisa memberikan sirkulasi udara lebih bagus di rumah.

Cara mencegah pemanasan global dengan mengganti lampu pijar dengan LED 

Source: Eric Anada/pexels

Jika di rumah masih menggunakan bola lampu, maka sebaiknya ganti segera dengan lampu berjenis LED. Jenis lampu LED ini lebih baik dibandingkan lampu jenis CFL atau fluorescent kompak. Hanya dengan mengganti 1 bola lampu pijar saja dengan lampu LED, hal ini bisa menghemat listrik yang jauh lebih besar. Selain itu, penggunaan lampu LED juga lebih tahan lama dibanding lampu pijar.

Kurangi pemakaian kendaraan pribadi

Source: Mikechie Esparragoza/pexels

Mengurangi pemakaian kendaraan pribadi juga bisa menjadi salah satu cara mengatasi pemanasan global. Karena hal ini dapat menghasilkan emisi lebih sedikit. Selain menghemat bahan bakar, mengurangi penggunaan kendaraan pribadi dan menggantinya dengan berjalan kaki atau bersepeda bisa membuat tubuh lebih sehat.  

Kamu juga dapat menggunakan transportasi umum atau menggunakan kendaraan pribadi bersama-sama. Jika terpaksa harus menggunakan kendaraan pribadi, pastikan motor atau mobil berjalan dengan efisien. 

Cara mencegah pemanasan global dengan bijak berbelanja

Source: Oleg Magni/pexels

Berbelanja dengan lebih bijak dan cerdas selain membuat pengeluaran lebih hemat juga menjadi cara mengatasi pemanasan global. Sebaiknya, ketika berbelanja pilih produk-produk yang lebih ramah lingkungan. Juga, hindari penggunaan plastik berlebihan. 

Hal ini akan membantu  mengurangi dampak pemanasan global. Jika barang-barang di rumah ada yang rusak, sebaiknya perbaiki lebih dahulu sebelum membeli yang baru. 

Lebih hemat listrik

Source: Jean Van Serep Meulen/pexels

Menghemat pemakaian listrik juga bisa jadi cara mencegah pemanasan global paling sederhana. Misalnya dengan mematikan lampu, pendingin ruangan maupun alat elektronik lainnya saat tidak digunakan. Mencuci baju dengan tangan ketimbang menggunakan mesin cuci.

Menanam pohon 

Source: Isabel Araujo/pexels

Menanam pohon juga bisa dilakukan sebagai cara mengatasi pemanasan global. Dimulai dari diri sendiri, kamu bisa mencoba menanam pohon atau tanaman hias di halaman rumah. Selama fotosintesis, tanaman dan pohon akan menyerap gas karbon dioksida dan menghasilkan oksigen yang baik untuk tubuh.

Demikian tadi beberapa cara mengatasi pemanasan global yang bisa dilakukan dengan langkah-langkah yang sederhana. Karena mengubah dunia harus dimulai dari diri sendiri, baru kemudian kita bisa menularkannya pada orang lain. Apalagi, menjaga lingkungan adalah tanggung jawab bersama. Jika ingin lingkungan lebih baik maka jangan pernah berpangku tangan dan acuh dengan kondisi sekitar. Bersama kita bisa!

Temukan informasi menarik lainnya bareng VELO! Produk nikotin inovatif bebas tembakau pertama. Praktis dan bebas asap, tinggal POP-SET-GO! Biarkan sensasinya menemani aktivitas kamu. Produk nikotin ini hanya direkomendasikan untuk pengguna produk nikotin dewasa diatas 18 tahun bukan wanita hamil atau menyusui.

Related Articles

Leave a Reply