Cara Membuat Tanda Tangan Digital, Solusi WFH di Masa Pandemi

Sudah tahu cara membuat tanda tangan digital?

Semakin berkembangnya zaman, kecanggihan teknologi pun semakin meningkat. Saat ini, banyak kegiatan yang dilakukan berbasis digital. Hal ini dikarenakan perangkat digital dirasa lebih mudah dan instan, sehingga sering dianggap hemat, baik dari segi biaya, tenaga, hingga waktu.

Sebagai mahasiswa maupun pekerja, berbagai dokumen mungkin telah menjadi bagian dari aktivitas kita dalam sehari-hari. Biasanya setelah menyelesaikan sebuah pekerjaan, kita membutuhkan tanda tangan dari dosen atau atasan sebagai bukti persetujuan atau pengesahan atas pekerjaan yang telah kita lakukan.

Namun, bagaimana cara kita mendapat tanda tangan dosen atau atasan di masa pandemi seperti saat ini, ketika kita diminta untuk melakukan social distancing bahkan work from home?

Tentu solusinya tetap berbasis digital, yakni pembuatan tanda tangan digital.

Sebelumnya, kita mungkin sering berpikir bahwa tanda tangan digital bisa didapat dengan mencetak sebuah dokumen, menandatanganinya, lalu melakukan scan pada dokumen tersebut. Hal ini tentu dinilai ribet. Padahal, pembuatan tanda tangan berbasis digital tidak serumit itu, lho!

Secara garis besar, tanda tangan digital dibagi menjadi dua jenis, yakni tanda tangan digital tersertifikasi dan tanda tangan digital tidak tersertifikasi. Berikut penjelasan serta cara pembuatannya.

Cara membuat tanda tangan digital tidak tersertifikasi

Saat ini sudah banyak situs online maupun aplikasi yang dapat digunakan untuk membuat tanda tangan digita. Jadi kamu tidak harus memiliki pen tablet dulu untuk menandatangani dokumen digital.

Tanda tangan tidak tersertifikasi biasanya digunakan untuk mengesahkan dokumen-dokumen yang sifat kepentingannya rendah, misal persetujuan dosen untuk tugas-tugas tertentu dan sebagainya.

1. Membuat tanda tangan digital dengan telepon genggam

Baik di Playstore maupun Appstore, terdapat banyak aplikasi yang dapat kamu gunakan untuk membuat tanda tangan digital, baik dengan atau tanpa membuat akun terlebih dahulu. Salah satu aplikasi yang dapat membantumu untuk membuat tanda tangan tanpa membuat akun terlebih dahulu adalah Adobe Fill & Sign. Cara melakukannya, sebagai berikut:

  • Pastikan aplikasi tersebut sudah terpasang di telepon genggammu
  • Klik ikon pulpen yang terdapat di sudut kanan atas aplikasi
  • Pilih Create signature untuk mulai membuat tanda tangan. Kamu akan dialihkan pada halaman dengan sebuah kolom besar.
  • Gambarkan tanda tanganmu pada kolom tersebut
  • Klik kembali ikon pulpen di sudut kanan aplikasi. Pada ikon tersebut, kamu akan melihat hasil tanda tangan yang telah kamu buat.
  • Di aplikasi, kamu akan melihat tampilan select a form to fill out. Klik tampilan tersebut dan pilihlah dokumen yang ingin kamu sisipkan tanda tangan.
  • Drag tanda tangan digitalmu ke dalam file yang telah dipilih

2. Membuat tanda tangan digital dengan komputer

Selain melalui aplikasi Android dan iOS, kamu juga dapat membuat tanda tangan digital melalui situs online yang bisa diakses dengan komputer atau laptop. Langkah-langkahnya, sebagai berikut:

·      Kunjungi salah satu situs pembuat tanda tangan digital di mesin pencari yang kamu gunakan. Salah satu situs yang dapat kamu manfaatkan adalah Online Signature.

·      Di halaman pertama situs ini, kamu akan menemukan sebuah kolom besar di mana kamu bisa membuat tanda tangan. Langkah selanjutnya yang harus kamu lakukan adalah membuat tanda tangan dengan bantuan mouse pada komputer atau touch pad pada laptop. Setelah selesai menggoreskan tanda tangan, klik save.

·      Kamu akan dialihkan ke sebuah kolom pada situs tersebut di mana kamu bisa mengunduh tanda tangan yang telah kamu buat. Simpan tanda tangan tersebut dengan format PNG.

·      Jika kamu ingin memasukkan tanda tangan tersebut pada dokumen digital yang perlu kamu tandatangani, kamu hanya perlu melakukan klik pada menu insert picture. Lalu, pilih tanda tanganmu dan posisikan di tempat yang diinginkan.

Cara membuat tanda tangan digital tersertifikasi

Tanda tangan digital tersertifikasi memiliki tingkat keamanan yang lebih tinggi. Keabsahannya juga memiliki dasar hukum, yakni diatur dalam UU No 11 Tahun 2008 Pasal 11 ayat (1) tentang Informasi dan Transaksi Elektronik dan Peraturan Pemerintah No 82 Tahun 2012 tentang Penyelenggaraan Sistem dan Transaksi Elektronik. Oleh karena itu, tanda tangan digital tersertifikasi biasanya digunakan untuk dokumen-dokumen yang membutuhkan tingkat keamanan yang lebih tinggi.

Dalam pembuatan tanda tangan digital tersertifikasi,  kamu dapat menggunakan jasa penyelenggara sertifikasi elektronik. Di Indonesia, ada beberapa perusahaan penyedia jasa ini, seperti PT Solusi Net Internusa, PT Privy Identitas Digital, PT Indonesia Digital Identity, dan sebagainya.

Kamu hanya perlu menghubungi dan mendaftarkan diri ke perusahaan-perusahaan tersebut. Dengan sistem keamanan yang ada, mereka akan membuatkanmu tanda tangan digital tersertifikasi serta memberikanmu sebuah sertifikat elektronik atas tanda tangan yang kamu miliki.

Demikian cara membuat tanda tangan digital, baik yang tersertifikasi maupun yang tidak tersertifikasi, yang perlu kamu ketahui. Jenis tanda tangan tersebut dapat kamu sesuaikan dengan tingkat kepentingan dokumen yang ingin kamu sahkan.

Sembari menunggu tanda tangan digitalmu diverifikasi, tidak ada salahnya kamu santai dan mencoba VELO, cara asyik merasakan sensasi nikotin tanpa pembakaran dan asap. VELO ditujukan bagi pengguna produk nikotin berusia 18 tahun atau lebih, bukan perempuan hamil atau menyusui.

Related Articles

Leave a Reply