5 Cara Memainkan Harpa Bagi Pemula!

Harpa adalah alat musik yang terkenal dengan keindahan suaranya dan elegan. Sehingga, kerap dikaitkan dengan kemewahan yang berkelas. Suara khas dari harpa akan sangat menenangkan dan damai yang membuat siapapun mendengarnya serasa sedang di surga. Tapi, ternyata cara memainkan harpa tidak mudah, lho.

Oleh karena itulah, harpa sering dikaitkan dengan suara malaikat dan membuat siapapun penasaran bagaimana cara memainkan harpa. Ternyata, memainkan harpa tidak semudah ketika mendengar petikan senarnya. Kamu akan diharuskan untuk memiliki pemahaman yang cukup tentang teknik memainkan harpa. Sama saja saat ingin belajar permainan alat musik lainnya. 

Jika kamu benar-benar tertarik dengan alat musik harpa, khususnya untuk pemula ada beberapa langkah sederhana berikut ini untuk belajar memainkannya agar kamu tidak terlalu kesulitan saat memainkan instrumen alat musik yang sudah ada sejak zaman Mesir Kuno tersebut. 

Ketahui Perbedaan Jenis Alat Musik Harpa 

Langkah pertama yang harus diperhatikan bagi pemula adalah mengetahui perbedaan jenis alat musik harpa yang bisa kamu pelajari. Ada dua jenis dasar harpa yaitu dengan kecapi tuas dan kecapi pedal. 

1. Jenis Harpa Paling Umum 

Salah satu jenis harpa yang harus kamu ketahui disebut dengan harpa celtic. Kamu pasti sudah familiar dengan jenis ini, karena sudah biasa diputar di berbagai pertunjukan, seperti konser, film dan televisi. 

2. Jenis Harpa Pedal 

Jika dibandingkan dengan harpa celtic, jenis harpa pedal jauh lebih kompleks dan sulit untuk dimainkan karena kamu harus melakukan perubahan kunci secara cepat. Biasanya, harpa pedal dimainkan dalam permainan orkestra, dan terkenal dengan harganya yang mahal. 

Kalau kamu hanya ingin mengetahui bagaimana cara memainkan harpa agar mahir memainkan lagu klasik, jazz, atau pop maka kamu bisa belajar menggunakan harpa celtic. 

Namun, jika tujuan kamu ingin bermain di suatu pagelaran orkestra, mulailah dengan harpa tuas dan dilanjutkan dengan harpa pedal ketika kamu sudah mendapatkan kenyamanan dalam bermain harpa. 

Memahami Tuas Harpa 

Setelah kamu mengetahui jenis harpa apa yang cocok untuk kamu pelajari, langkah selanjutnya yaitu mencari tahu bagaimana mempelajari tuas dari harpa. 

Untuk pemula, kamu dapat menaikkan atau menurunkan titik nada di setiap senar. Melalui cara ini, akan memungkinkan kamu menyetel harpa dengan mudah. Tapi, hal ini tidak bisa dilakukan dengan harpa jenis kecapi tuas ya karena akan membutuhkan kunci pas serta perlu menyetel ulang beberapa senar terlebih dahulu sebelum menemukan suara yang tepat. 

Hal ini sama seperti senar pada gitar atau bass, karena tugas ini memungkinkan kamu menyetel harpa ke suara tertentu. 

Pelajari Harpa Sebagai Langkah Awal 

Setelah mendapatkan harpa, langkah selanjutnya yang bisa kamu lakukan adalah dengan mempelajari dasar-dasar memainkan harpa. Bagian paling terpenting yaitu dengan memegang harpa dengan benar. 

Carilah kursi yang nyaman tetapi tidak bergerak. Tempatkan lengan kamu pada sudut 90 derajat dari badan kamu sehingga kamu dapat dengan mudah memainkan senar harpa bagian tengah. 

Selanjutnya, miringkan harpa dan sandarkan ke bahu kanan hingga kamu merasakan keseimbangan yang pas. Kamu juga harus memiringkan sedikit ke samping hingga senar dapat terlihat lebih jelas. 

Untuk memulai memainkan harpa akan membutuhkan waktu dan kesabaran karena harpa termasuk instrumen alat musik yang sulit dipelajari terlebih bagi pemula yang belum mengetahui langkah dasar. 

Tetapi, ketika kamu sudah menguasai dasarnya, harpa akan menjadi lebih menyenangkan untuk dimainkan. 

Frista Kurniasari
Talented professional good multitasking, organizational and verbal and written communication skills. Expertise includes writing content on topics such as Lifestyle, Humanity, Education and Travel.

Related Articles

Leave a Reply