Cara Memainkan Harmonika dengan Mudah, Pemula Harus Tahu!

Harmonika merupakan alat musik serbaguna berukuran kecil yang sering digunakan untuk memainkan berbagai jenis musik dan budaya. Meski awalnya cukup membingungkan untuk dipelajari, alat musik harmonika sebetulnya cukup mudah dan sangat fun untuk dimainkan. Penasaran bagaimana cara memainkan harmonika? Simak langkah-langkah mudahnya berikut ini.

Cara memainkan alat musik harmonika

Mengenal dan memilih harmonika

Cara memainkan harmonika
Source: Rubenstein Rubello via pexels.com

Cara memainkan harmonika yang pertama harus diketahui adalah memilih harmonika. Di pasaran ada banyak jenis alat musik harmonika yang diperjualbelikan dengan harga dan fungsi yang berbeda. 

Untuk pemula, kamu bisa membeli jenis harmonika kromatik atau diatonik. Karena kedua tipe harmonika ini bisa dipakai untuk memainkan musik-musik populer, seperti folk atau blues.

Selain itu, harmonika diatonik juga cukup mudah ditemukan dan harganya pun cukup terjangkau. Ditambah lagi, kebanyakan harmonika jenis ini sudah memiliki kunci-kunci yang spesifik (kunci C) dan biasanya tidak bisa diubah-ubah.  Tipe harmonika ini meliputi harmonika tremolo, harmonika blues, dan juga harmonika oktaf.

Umumnya, harga harmonika kromatik dibanderol dengan harga yang jauh lebih mahal dari harmonika diatonik. Bahkan bisa menjalani jutaan rupiah. Ini karena harmonika tipe ini memiliki fleksibilitas yang cukup tinggi sehingga sering digunakan dalam musik Jazz.

Belajar membaca tabulasi nada harmonika 

Source: Racool_studio via pexels.com

Cara memainkan harmonika, sama halnya dengan memainkan gitar. Alat musik ini bisa dimainkan dengan membaca tabulasi nada. Biasanya, tabulasi nada harmonika berisi pola hisap dan tiup, sementara untuk hembusan atau tarikan nafas ditandai dengan tanda panah. 

Tanda panah mengarah ke atas tandanya hembuskan nafas, sementara tanda panah ke arah bawah tandanya hisap nafas. Sebagian besar lubang pada harmonika diatonik dapat menghasilkan dua nada yang berdampingan pada tangga nada. Sehingga, ketika memainkan nada C dan D, bisa juga dilakukan dengan menghisap dan meniup pada lubang yang sama persis.

Setiap lubang pada harmonika ditandai dengan angka-angka. Nada paling rendah berada di bagian tangan kiri dan semakin ke kanan maka nadanya semakin naik. Dalam harmonika, tak ada standarisasi sistem. Tetapi, setelah kamu berlatih dan terbiasa membaca satu jenis tabulasi, maka jenis tabulasi yang lainnya akan dengan mudah dipelajari.

Belajar teknik dasar memainkan harmonika

Cara memainkan harmonika
source: Jakson Martin via pexels.com

Membunyikan nada dengan meniup

Cara memainkan harmonika yang paling pertama harus dipahami adalah bagaimana membunyikan nada dengan meniup. Mulailah dengan memilih satu set lubang atau satu lubang pada mouthpiece lalu tiuplah dengan lembut. 

Lubang-lubang yang berdampingan didesain secara otomatis untuk saling berharmonisasi satu dengan yang lain. Jadi kamu bisa meniup dua atau tiga lubang sekaligus agar menghasilkan bunyi atau nada yang indah. 

Latihan berpindah dengan memainkan satu lubang serta memainkan chord dengan banyak lubang. Cara bermain seperti itu dikenal dengan first position atau straight-harp.

Mengganti nada dengan menghisap udara

Perlu diingat, hisaplah udara secara lembut untuk mengubah nada dan meningkatkan nada dalam satu langkah. Meniup dan menghisap di sepanjang mouthpiece, menjadi cara memainkan harmonika yang sangat penting. Cara bermain seperti itu dikenal dengan second position atau cross-harp. Nada tersebut sangat cocok untuk memainkan musik riff blues.

Belajar memainkan tangga nada 

Dalam alat musik harmonika diatonik C, umumnya tangga nada dimulai dari angka 4 (atas) kemudian naik ke angka 7 (atas). Selanjutnya, pola tiup-hisap kembali diulangi kecuali di lubang angka 7, dan dibalik polanya (isap dulu baru ditiup). 

Tangga nada tersebut merupakan satu-satunya tangga nada lengkap di harmonika C. Tapi terkadang kita juga dapat memainkan lagu atau musik dengan tangga nada yang lainnya, asal nada pada lagunya bisa ditemukan pada harmonika.

Terus berlatih. 

Cara memainkan harmonika akan menjadi lebih mudah jika kamu tidak berhenti berlatih atau putus asa. Teruslah untuk berlatih membunyikan tangga nada hingga kita merasa nyaman dengan memainkan satu nada saja dalam satu waktu. Saat kita sudah bisa membunyikan harmonika, pilihlah lagu sederhana lalu berlatihlah memainkannya. 

Demikian tadi beberapa cara memainkan harmonika yang bisa dilakukan dengan mudah. Sesungguhnya tidak ada hal yang sulit ketika kita mau berusaha dan terus berlatih. Apalagi sudah ada niat dan keinginan, pasti memainkan alat musik harmonika bukan lagi hal yang sulit. 

Sambil bermain harmonika, kamu juga bisa mencoba sensasi hangat menggelitiknya dari VELO. Produk nikotin bebas tembakau pertama di Indonesia yang bebas asap dan bau mengganggu. Jadi kamu tinggal selipkan di antara gusi dan gigi atas, lalu biarkan sensasinya meledak di mulut. Seru banget!

Dibuat khusus untuk pengguna produk nikotin dewasa berusia lebih dari 18 tahun, VELO tidak disarankan untuk digunakan oleh wanita hamil dan menyusui. 

Related Articles

Leave a Reply