Cara Memainkan Angklung dan Teknik Dasarnya

Meski terkesan sederhana, cara memainkan angklung juga butuh effort.  Supaya nada-nada yang dihasilkan bisa menciptakan musik yang enak didengar dan membuat siapapun terpukau. Tetapi bagaimana caranya ya? Apakah cukup dengan digoyang-goyangkan saja atau ada teknik yang lain. Daripada penasaran, yuk simak ulasan berikut ini selengkapnya.

Cara Mudah Memainkan Angklung

Cara memainkan angklung
source: instagram.com/dewi_mapayas

Dalam memainkan alat musik angklung umumnya dimulai dengan tahapan persiapan. Tahapan ini menjadi salah satu dari hal yang harus diperhatikan sebelum memulai permainan angklung. Berikut beberapa diantaranya.

Mengatur posisi angklung

Adapun hal pertama dalam persiapan memainkan alat musik ini adalah dengan mengatur terlebih dahulu posisi angklung. Kamu bisa memposisikan alat musik ini dengan posisi lurus dan juga tidak miring. Barulah setelah itu letakkan tabung bambu angklung di posisi paling tinggi sebelah kanan, sedangkan pada bagian kecil yang sendiri diletakkan pada bagian kiri.

Mengatur posisi tangan

Kamu harus memastikan terlebih dahulu bahwa tangan kiri bisa memegang angklung tersebut secara tepat di bagian simpul atas yang terdapat pada angklung. Juga tangan kanan memegang angklung di bagian bawahnya. Adapun yang perlu diperhatikan disini adalah mengusahakan agar kedua tangan tetap lurus.

Cara memainkan angklung dengan menggetarkannya

Cara memainkan angklung yang ke-3 tahapannya yaitu dengan teknik penggetaran angklung. Nada yang begitu nyaring nantinya akan dihasilkan jika getaran yang dilakukan juga sudah cukup benar. 

Caranya hanya dilakukan oleh tangan kanan Kamu saja. Sedangkan pada tangan sebelah kiri sifatnya hanya untuk memegang angklung. Ketika hendak menggetarkan angklung maka lakukan secara cepat dengan mempergunakan pergelangan tangan dan tidak perlu lagi menggerakkan seluruh bagian tangan. 

Cara memegang angklung lebih dari satu

Jika ingin memainkan angklung lebih dari satu, maka terlebih dahulu letakkanlah angka tersebut yang besar di dekat dengan tubuh Kamu. Apabila memang angklung tersebut yang dimainkan cukup besar maka Kamu bisa meletakkan pada bagian lengan Kamu, supaya nanti nya bisa memainkannya dengan begitu mudah.

Tapi apabila ukuran angklung tersebut yang dimainkan sudah cukup kecil, maka Kamu hanya bisa memegangnya saja dengan cara memberikan jarak antar keduanya supaya ya tidak terjadi benturan ketika memainkan angklung.

Apabila Kamu sedang memainkan satu set angklung maka caranya adalah dengan mempergunakan gawang. Gawang inilah yang nantinya berfungsi sebagai penggantung angklung angklung tersebut, sehingga lebih mudah untuk dapat dimainkan.

Belajar Teknik Dasar dalam Memainkan Angklung

Cara memainkan angklung
source: facebook.com

Jika Kamu sudah mengetahui persiapan-persiapan apa saja yang harus dilakukan sebelum memainkan angklung, maka  hal yang tidak kalah pentingnya adalah mengetahui teknik dasar cara  memainkan angklung tersebut.  Adapun  beberapa teknik dasar yang dapat dipergunakan ketika memainkan alat musik angklung adalah sebagai berikut

Penggunaan getaran panjang

Adapun memang salah satu dari pada teknik dasar untuk memainkan angklung adalah dengan mempergunakan metode getaran panjang.  Hal ini dilakukan dengan cara membuat alat musik ini bergetar secara panjang sesuai nada yang  akan dimainkan. Nada tersebut yang nantinya akan terus bersambung dengan nada-nada yang berikutnya ketika hendak dibunyikan.

Staccato

Perlu diketahui bahwasanya teknik ini merupakan salah satu dari pada cara memainkan angklung dengan cara diketok, dan bukan digetarkan seperti pada umumnya. Nantinya nada yang akan dihasilkan tersebut tidak akan terlalu panjang. Supaya Kamu dapat menghasilkan bunyi yang pendek maka bisa dengan cara memposisikan angklung tersebut lebih miring ditabung dasar kanan dan kemudian pukulkanlah ke tangan Kamu setelahnya.

Tengkep

Teknik dasar yang lainnya adalah tangkep,  ini merupakan salah satu dari pada teknik dasar cara memainkan angklung. Dimana caranya adalah menutup atau menahan tabung kecil supaya tidak mengeluarkan bunyi pada saat dimainkan. Teknik ini biasanya dipergunakan supaya dapat menghasilkan suara dari angklung menjadi lebih  halus lagi.

Nah, Itulah Tadi  beberapa cara memainkan angklung yang ternyata tidak sulit dilakukan. Sebelum mulai memainkan alat musik angklung, ada baiknya untuk mempersiapkan terlebih dahulu semua hal. Dari mulai alat musik angklung yang akan digunakan hingga mempelajari teknik dasar dalam bermain angklung. Agar permainan angklung terasa lebih asyik dan seru!

Temani momen seru kamu dalam bermain angklung dengan VELO. Kantong nikotin bebas tembakau pertama di Indonesia ini punya banyak varian rasa dengan level nikotin berbeda. Cara pakai yang praktis dan bebas asap membuat VELO, selalu siap menemani kamu kapan saja dan di mana saja.

Produk khusus dewasa ini hanya boleh digunakan oleh kamu yang sudah berusia diatas 18 tahun. Bukan wanita hamil maupun menyusui dan produk ini bisa  mengakibatkan ketergantungan. 

Related Articles

Leave a Reply