Cara Jualan Online & Strategi Jitu untuk Pemula di Tahun 2021

Buat kamu yang sedang mencari cara jualan online dan strategi yang cocok untuk mengembangkan ide usaha, kali ini VELO akan membagikan beberapa tips jitu seputar online shop di tahun 2021.

Di tengah pandemi corona yang belum juga usai, sebagian besar pelaku UMKM mendapat tekanan luar biasa yang berdampak pada penurunan omset hingga 72,6 persen. Terlebih, proses penyaluran modal juga ikut terhambat.

Cara jualan online di tengah kondisi pasar seperti ini butuh beberapa penyesuaian agar bisnis bisa berjalan lancar dan tetap menghasilkan keuntungan, terutama terkait tren produk dan penerapan strategi kreatif di kanal-kanal marketing yang digunakan.

Nah, berikut beberapa tips yang bisa kamu coba untuk berjualan online di tahun 2021:

1. Riset Tren Produk dan Kenali Keunikannya

Cara Jualan Online
Image source: Austin Distel via Unsplash

Sebelum lebih jauh membahas strategi cara jualan online yang akan diterapkan, penting untuk mengetahui tren produk yang sedang disukai dan banyak dicari orang-orang. 

Mengapa hal ini menjadi penting? Tentunya agar menghindari usaha yang sia-sia, seandainya produk yang kamu pilih tidak diminati target konsumen.

Di antara berbagai produk yang sedang tren, pilihlah produk terbaik yang bisa disesuaikan harga jualnya dengan target profit. Dengan begitu, kamu tidak perlu khawatir merugi ketika mengeluarkan biaya promosi.

Selain itu, kenali juga poin keunikan dari produk yang kamu pilih. Untuk menemukan poin unik atau USP, kamu bisa mengambil sudut pandang konsumen. Coba bayangkan, apa yang sekiranya benar-benar dibutuhkan target konsumen? Apakah produk tersebut bisa memenuhi kebutuhan tersebut? Jika ya, apa yang membedakan produk kamu dengan kompetitor?

2. Maksimalkan Kanal Pemasaran

Cara Jualan Online
Image source: Campaign Creators via Unsplash

Jika kamu sudah menemukan produk yang paling cocok, kamu bisa mulai memperbanyak kanal pemasaran alias marketing channel melalui marketplace. Memilih marketplace sebagai wadah bisnis merupakan cara jualan online terbaik yang bisa ditempuh para pemula. 

Namun, agar hasilnya lebih maksimal, ada beberapa poin penting yang mesti dipenuhi. Mulai dari memilih judul, menjalankan iklan yang tepat untuk meningkatkan brand awareness, hingga menggunakan foto atau gambar yang kredibel, meyakinkan, dan jelas.

Jangan sepelekan soal gambar, semakin riil gambar yang kamu gunakan, semakin tinggi pula minat konsumen untuk membeli produk kamu.

3. Pelajari dan Pahami Data

Cara Jualan Online
Image source: Luke Chesser via Unsplash

Saat ini data sudah menjadi hal krusial dalam dunia bisnis. Jadi, kita harus cermat dalam mempelajari dan memahami data-data yang berkaitan dengan penjualan dan upaya promosi.

Pertama, data penjualan. Data ini akan memberi tahu produk-produk paling laris dan disukai sesuai momentum penjualannya. Begitu pula sebaliknya, melalui data penjualan kita bisa mengetahui produk-produk yang tidak cocok dijual pada momen tertentu.

Kedua, data promosi dan pemasaran. Data ini berguna untuk memantau performa penjualan secara menyeluruh, mulai dari segmen usia konsumen, pekerjaan, tempat tinggal, hingga channel marketing yang paling banyak menghasilkan penjualan.

4. Marketing Kreatif di Instagram

Image source: Jakob Owens via Unsplash

Selain marketplace, Instagram juga termasuk salah satu channel terbaik saat ini untuk jualan online. Instagram bisa menjadi citra untuk bisnis, berkat aksesnya yang simpel dan tampilan yang bisa diatur sesuai katalog.

Pertama, pilih nama akun yang unik, menarik, dan mudah diingat. Kamu bisa mulai dengan melakukan riset kata kunci untuk mengetahui sejauh mana popularitas produk yang akan dijual. Dengan demikian, saat konsumen mencari produk yang diinginkan, akun kamu akan muncul di sebagai hasil pencarian utama. 

Selanjutnya, jangan lupa untuk melakukan riset konten dan menggunakan hashtag yang tepat. Dengan menghadirkan konten yang relevan, jumlah follower akun kita bisa meningkat lebih cepat. Sementara itu, hashtag akan menjadi sarana akses bagi audiens agar konten kita bisa dilihat dan diketahui lebih banyak orang.

5. Manfaatkan Strategi Word of Mouth Marketing

Image source: Ben White via Unsplash

Apa yang dikatakan orang-orang nyatanya sangat berpengaruh pada keputusan pembelian kita. Misalnya saja ketika kamu mendengar ulasan negatif di marketplace, apakah kamu akan memilih untuk lanjut membeli atau mencari produk serupa lainnya dari seller yang berbeda? Mungkin sebagian besar dari kita akan lebih memilih untuk mencari produk lain, betul?

Itulah pentingnya menerapkan strategi word of mouth marketing. Jika kamu tidak keberatan mengeluarkan budget lebih, kamu bisa mencoba promosi lewat selebgram atau micro influencer sejenis lainnya. Seketika, bisnis kamu akan terkenal dan jangkauan audiens pun akan semakin luas.

Selain itu, kamu juga bisa bekerja sama dengan para content creator untuk membuat konten review, dimana produk kita akan diulas secara lengkap dengan potensi visibilitas yang tinggi. Disitu calon pelanggan akan menilai kualitas barang dan lebih yakin untuk membelinya. Cara jualan online ini juga bisa turut mendongkrak kredibilitas bisnis kita.

Nah, itulah beberapa cara jualan online dan strategi jitu untuk pemula yang bisa diterapkan di tahun 2021. Untuk mendapatkan tips jitu seputar jualan online lainnya, simak update artikel terbaru dari VELO, kantong nikotin bebas tembakau super praktis dengan aneka varian rasa unik!

Kantong nikotin VELO 100% bebas tembakau dan bisa kamu nikmati kapan saja dan dimana saja. VELO dikhususkan bagi pengguna produk nikotin berusia 18 tahun ke atas dan tidak sedang hamil atau menyusui.

Penasaran dengan sensasi nikotinnya? Langsung saja kunjungi situs VELO Indonesia!

Hengky
For the last few years, Hengky living as a digital nomad and currently settled in Denpasar. As a writer, he is interested in a certain topic such as pseudoscience, culture, art, and lifestyle.

Related Articles

Leave a Reply