Cara Berubah Menjadi Lebih Baik Dari Sebelumnya Setelah Gagal

Sejak kecil hingga dewasa kita telah belajar secara perlahan, bagaimana mengatasi kegagalan dan kekecewaan. Pasti kamu ingin tahu bagaimana cara berubah menjadi lebih baik dari sebelumnya bukan?

Ingatkah kamu waktu pertama kali jatuh dari sepeda dan memutuskan untuk tidak mencobanya lagi karena takut untuk gagal? Atau ketika menjadi orang dengan peringkat paling terakhir di kelas? Biasanya, kamu akan mulai meragukan diri untuk bangkit dan memulainya lagi dari awal. 

Semua hal itu tidak ada bedanya saat menjadi dewasa, dimana semua persoalan menjadi kompleks, dimulai dari bekerja keras untuk meraih cita-cita, memutuskan tidak melanjutkan sekolah dan membuka bisnis, sampai kehilangan kepercayaan diri karena dianggap remeh oleh lingkungan sekitar. Tentunya, kita semua akan berada di posisi itu, tapi satu hal yang perlu kamu ingat yaitu tetap pegang prinsip hidup dan berusaha untuk berubah menjadi lebih baik dari sebelumnya. 

Meski sulit untuk dilakukan, percayalah bahwa kamu bisa melakukannya. Dengan mencoba tips cara berubah menjadi lebih baik dari sebelumnya ini, kamu akan baik-baik saja dalam menghadapi kegagalan.

Cara Berubah Menjadi Lebih Baik Dari Sebelumnya: Jangan Menyerah Menggapai Mimpi

Ada kata-kata yang sudah sering kamu dengar yaitu “gapailah cita-cita setinggi langit”. Mungkin pada waktu itu, kamu tidak terlalu mengerti filosofi dari kalimat tersebut. Padahal, makna nya sederhana, kamu akan membutuhkan kerja keras untuk mencapai cita-cita, jadi berusahalah sekuat tenaga. Akan tiba waktunya kamu merasa tidak cukup, tidak kompeten, dan tidak memiliki keberanian untuk melanjutkan cita-cita dan menyerah begitu saja. Tetapi, kemana arah hidupmu juga kamu tidak berusaha lebih baik lagi agar tujuan tersebut dicapai? 

Mulailah untuk bangkit lagi secara perlahan, lakukan evaluasi berkala dari rencana dan strategi yang gagal serta mintalah kritik dari orang yang berpengalaman. 

Mencoba Keluar Dari Zona Nyaman

Saat berada dirumah, kamu akan merasakan kenyamanan bukan? Karena kamu dikelilingi oleh orang-orang yang percaya pada kemampuan kamu, dan tidak menganggap kamu sebelah mata. Hal itu memang terasa menyenangkan, tetapi kamu tidak akan bergerak kemana-mana. Cobalah untuk keluar dari zona nyaman tersebut, dengan mencoba hidup merantau dan bertemu dengan banyak orang baru. 

Maka, dengan begitu kamu akan menyadari sampai mana tingkat kemampuanmu. Saat berada di zona nyaman, kamu akan membatasi diri akan hal-hal besar di luar sana. Ketika kamu memberanikan diri untuk mencari suasana yang baru, saat itulah kamu belajar lebih banyak untuk evaluasi dan intropeksi agar lebih baik dari sebelumnya.

Siapkan Rencana Cadangan

Merasakan kegagalan adalah hal yang biasa, bahkan dianggap suatu keharusan karena merasakan kekecewaan akan membuat diri kamu lebih baik lagi. Setiap rencana yang sudah diusahakan pastilah tidak sempurna, mendapat kritik pedas dari kolega akan membuat kepercayaan diri kamu turun akan tetapi belajarlah dari hal tersebut. 

Ketika rencanamu tidak berhasil, ada baiknya untuk mempersiapkan rencana cadangan lainnya untuk dikembangkan. Jangan pernah pesimis walau telah mengalami kegagalan berulang kali. Lebih baik mencoba daripada tidak sama sekali bukan?

Belajar Dari Pengalaman Untuk Menjadi Cara Berubah Menjadi Lebih Baik Dari Sebelumnya

Tidak ada orang yang ingin jatuh ke lubang yang sama dua kali, merasakan perasaan kecewa secara terus menerus. Ketika harapan dan usaha tidak sesuai apa yang kamu inginkan, belajarlah dari pengalaman sebelumnya mengapa kamu gagal. Cari referensi lain untuk mengembangkan diri pada kesempatan selanjutnya. Karena, tidak ada pelajaran terbaik kecuali dari pengalaman yang kamu ciptakan sendiri.

Menjadi orang yang lebih baik lagi setelah mengalami kegagalan akan memberikan kekuatan lebih untuk kamu. Memang sulit untuk memulai dari awal lagi, percaya pada diri sendiri, serta berusaha tidak mendengarkan apa kata orang lain. Tetapi, percayalah bahwa usaha yang keras tidak akan menghianati hasil.

Frista Kurniasari
Talented professional good multitasking, organizational and verbal and written communication skills. Expertise includes writing content on topics such as Lifestyle, Humanity, Education and Travel.

Related Articles

Leave a Reply