Cara Bermain Lompat Tali Untuk Pemula Supaya Mahir

Bermain lompat tali merupakan salah satu cara yang bisa kamu lakukan jika ingin meninggikan badan, menngurangi berat badan atau menguatkan jantung. Lompat tali sering juga disebut dengan jumping rope atau skipping

Awalnya, lompat tali hanya dimainkan oleh anak-anak saja, namun seiring berjalannya waktu lompat tali sudah menjadi alternatif untuk meningkatkan kebugaran tubuh sejak 1970-an di Eropa dan Amerika. 

Ternyata, tidak semua orang dapat memainkan lompat tali loh, ada beberapa hal yang harus diperhatikan terlebih lagi bagi pemula yang ingin belajar. Persiapan untuk memainkan lompat tali bisa kamu lakukan saat memulai lompat tali di bawah ini. 

Persiapan Awal Bermain Lompat Tali Untuk Pemula 

Olahraga yang aman dilakukan untuk segala usia ini, baik anak kecil maupun orang dewasa jika kamu melakukannya dengan benar. Untuk terhindar dari cedera saat bermain dan mendapatkan hasil yang maksimal, persiapkan diri kamu dengan beberapa hal berikut. 

1. Cara Memegang Tali 

Cara memegang tali berperan besar dalam olahraga ini. Buat pemula, pilihlah tali yang sama dengan tinggi badan kamu. Misalnya, jenis tali beaded rope karena modalnya pas untuk pemula yang sedang ingin belajar olahraga lompat tali. 

Setelah nyaman memegang tali, sesuaikan juga pegangannya dengan cara menggulung tali hingga pegangannya mencapai ketiak kamu. 

Ada tips nih, saat melakukan lompat tali, kamu harus menyiapkan area seluas 1 m x 2 m, dan jarak sekitar 30 cm dari atas kepala kamu. Perhatikan juga lantai saat latihan, untuk pemula hindari memainkan lompat tali di karpet, rumput, aspal atau lantai beton ya. 

Hal itu dapat dihindari karena akan menyebabkan sepatu kamu terselip dan cedera di pergelangan kaki. Kamu bisa berlatih di atas lantai kayu atau matras khusus untuk berolahraga. 

2.  Persiapan Melompat 

Sebelum memulai melompat dengan lompat tali, kamu bisa melatih gerakan kaki dan lengan terlebih dahulu. Setelah mendapatkan posisi tali yang sesuai, letakan satu kaki di bagian tengah tali dan mulailah angkat pegangannya. Jika tali yang kamu pakai pas, seharusnya gak melewati ketiak kamu. 

Setelah mendapatkan ritme yang tepat antara tangan dan kaki, pegang erat ujung tali. Jangan lupa untuk menyesuaikan dengan tinggi badan kamu agar tali tidak kepanjangan atau kependekan. 

Tips lainnya yang akan memudahkan kamu memainkan lompat tali adalah dengan melonggarkan tali sekitar 3cm, supaya kaki dan tali tidak menyentuh. Jadi, kamu akan terhindar dari cedera karena kaki terselip atau kesandung. 

3. Saat Lompat Tali 

Sebagai permulaan, lompatlah dengan waktu 20 detik. Setelah kamu berhasil melewati 20 detik pertama, mulai atur ritme perlahan dan jangan sampai kamu tersandung tali saat melompat. Jika kamu merasa lelah, berhenti sejenak untuk mengambil nafas. 

Ketika kamu sudah berhasil mengatur ritme selama 20 detik, berarti kamu sudah berhasil melewati langkah awal bagi pemula dalam permainan lompat tali ini. 

Agar semakin mahir, lakukan pengulangan setiap 30 detik, kemudian beri jeda istirahat selama 60 detik dan lakukan selama 20 pengulangan. Setidaknya lakukan selama 3 set bagi pemula secara bertahap. 

Kamu bisa meningkatkan intensitas menjadi 60 detik nih dengan jeda istirahat 90 detik. Lakukan olahraga lompat tali setiap hari dengan waktu bebas, misalnya di pagi hari atau sore hari untuk mendapatkan hasil yang maksimal. 

Frista Kurniasari
Talented professional good multitasking, organizational and verbal and written communication skills. Expertise includes writing content on topics such as Lifestyle, Humanity, Education and Travel.

Related Articles

Leave a Reply