Camping dan Tujuannya, Pahami Persiapan Yang Perlu Diketahui

Pernahkah kamu diajak untuk berkemah atau camping? Bagi sebagian orang, terutama pecinta alam kegiatan ini pasti terdengar menyenangkan. Apalagi kamu memang akan menginap beralaskan hamparan tanah dan beratapkan langit. Ya, istilahnya seperti itu. Walaupun, pada hakikatnya kamu tetap berada di dalam sebuah tenda, kok. Jadi, kamu tetap terlindungi dari panasnya matahari dan basah nya hujan. 

Tapi, sebenarnya, bagaimana tata cara untuk melaksanakan perkemahan ini? Atau, apa saja peralatan yang diperlukan? Sebab, pemula yang baru kali pertama akan melakukan perkemahan tentu membutuhkan Informasi tersebut. Agar kamu juga memahaminya, mari kita bahas seluk beluk camping di bawah ini.

Sekilas Tentang Camping 

Sebenarnya camping ini adalah kata dari bahasa asing. Lebih tepatnya, bahasa Inggris. Makna dari camping itu sendiri adalah berkemah. Namun, jika kamu juga belum memahami apa pengertian dari berkemah, maka kita akan tetap membahasnya. Berkemah adalah aktivitas yang dilakukan di luar ruangan alias alam bebas. 

Aktivitas ini sendiri dilakukan untuk tujuan rekreasi. Jadi, siapapun kamu bisa menghilang sejenak dari padatnya rutinitas harian. Misalnya saja dari masalah pekerjaan, atau menyegarkan otak dari pelajaran bagi kamu yang masih berstatus pelajar. 

Berkemah ini bisa dilakukan di mana saja. Asal kamu memang mengetahui medan atau lokasi tersebut. Biasanya memang dilakukan di pegunungan, pantai bahkan di sebelah rumah. Yang penting kamu hanya menggunakan tenda dan tidak di dalam ruangan permanen. 

Merasakan sensasi baru dan menikmati alam merupakan salah satu alasan mengapa orang-orang berkemah. Ya, bayangkan saja, kamu bisa semalaman di luar tenda menikmati indahnya malam. Jika kamu capek, kamu bisa langsung tidur di dalam tenda, kan? 

Manfaat yang Diperoleh dari Kegiatan Camping

Camping
Source: Jcomp via pexels.com

Selain mengetahui salah satu tujuan berkemah, yakni menikmati alam maka kamu juga harus tahu manfaatnya. Walaupun terlihat sepele, sebenarnya ada beberapa manfaat berkemah atau camping, antara lain. 

Berlatih Untuk Mandiri 

Kamu mungkin sudah terbiasa dengan rutinitas di rumah. Namun, bagaimana saat kamu berada di alam bebas? Tentu kamu mau tidak mau harus belajar mandiri agar semua aktivitas sehari-hari berjalan normal.

Misalnya tidak ada pencahayaan yang bisanya kamu dapatkan di rumah hanya dengan menyalakan lampu. Atau, kamu harus berusaha memasak dengan peralatan seadanya. Berusaha mandiri menjaga barang-barang kamu agar tidak rusak dan hilang.

Meningkatkan Rasa Keberanian

Kondisi alam tentu tidak dapat kita prediksi dengan mudah. Bisa saja sebelum berkemah perkiraan cuaca baik, ternyata mendadak buruk. Atau kamu harus bergulat dengan kondisi minim cahaya. Setidaknya, sekali-kali berkemah akan menumbuhkan rasa berani di dalam diri seseorang.

Melatih Kesehatan Fisik

Kamu pasti bisa membayangkan untuk semalam saja berada di al bebas, bukan? Dimana biasanya kamu hanya perlu ke kamar mandi jika ingin mandi, saat berkemah kamu harus mencari sumber mata air terlebih dahulu. Otomatis, kamu akan terlatih untuk berjalan kaki. Mau tidak mau, fisik kamu akan terlatih untuk lebih sehat dan bugar.

Menumbuhkan Rasa Cinta Lingkungan

 Ketika kamu secara langsung berada di alam bebas kamu akan lebih peduli terhadap lingkungan. Contoh kecilnya saja, kamu tidak akan sembarangan membuang sampah di sekitaran tenda, kan? 

Sebab ini akan menimbulkan bau tidak sedap dan juga menjadi sarang nyamuk. Bahkan, tidak jarang kamu akan berusaha membersihkan lingkungan di sekitar tenda. Secara tidak langsung kegiatan berkemah ini menumbuhkan rasa cinta terhadap alam.

Belajar Mengendalikan Ego Serta Emosi

Ketika di alam bebas, rasa kompromi harus ditingkatkan. Sebab, semua yang ada pasti terbatas atau butuh perjuangan untuk mendapatkannya. Misalnya kamu harus sabar menunggu makanan untuk selesai dimasak.

Sebab, kamu yang terbiasa memasak menggunakan kompor maka saat berkemah mungkin hanya berbekalkan kayu saja. Jadi, kamu tidak boleh egois ataupun terburu-buru.

Persiapan Penting Saat Camping

Camping
Source: Tawatchai07 via freepik

Selain mengerti maksud dan tujuan dari camping kamu juga harus mengetahui apa saja peralatan yang harus disiapkan. Beberapa peralatan penting saat berkemah adalah:

Siapkan Tenda Camping

 Sudah jelas lah ya, kenapa kamu perlu menyiapkan tenda jika ingin berkemah. Namun, terkadang tempat yang kamu tuju sudah menyiapkan rental tenda kok. Jadi, pastikan saja sebelum berangkat, ya! Sesuaikan ukuran tenda dengan jumlah anggota yang akan ikut berkemah nantinya.

Bahan Makanan

Tujuan berkemah memang menyatu dengan alam, tapi kamu juga perlu makanan. Untuk itu, bawalah bekal makanan atau bahan makanan yang mudah untuk disajikan. Mengingat di alam bebas akan lebih sulit untuk memasak. Lagipula, kamu tidak mungkin membawa peralatan makan dan memasak lengkap, bukan?

Botol Minum

Sangat disarankan untuk menggunakan botol minum yang tahan dan bisa digunakan berkali-kali. Misalnya saja yang terbuat dari bahan alumunium. Jadi, kamu tetap bisa menggunakannya untuk air panas.

Senter atau penerangan lainnya

Karena di alam bebas pasti minim pencahayaan saat malam datang, maka kamu memerlukan senter. Atau, kamu juga bisa menggunakan lampu darurat untuk sumber pencahayaan.

Pisau Mini dan Korek Api

Duo combo ini juga diperlukan saat berkemah. Kamu membutuhkan korek untuk menciptakan api agar bisa memasak atau menghangatkan tubuh. Kamu juga membutuhkan pisau mini untuk berbagai keperluan. Karena ukurannya mini, maka tidak akan memakan banyak tempat.

Obat-obatan 

 Setidaknya bawalah obat-obatan yang umum diperlukan. Seperti obat flu, salep antibiotik, kasa steril maupun obat demam.

Pakaian Ganti, Ransel dan Alas Kaki Yang Tepat

Kamu pasti tidak akan menemukan laundry saat berkemah. Jadi, pastikan kamu sudah mempersiapkan pakaian ganti yang cukup. Sebab, cuaca tidak bisa diprediksi dengan mudah. Selain itu, karena kamu hendak berkemah, maka jangan lupa  gunakan alas kaki dan ransel khusus ya! Biar bisa mengangkut semua peralatan dan perlengkapan camping.

Jaket, Jas Hujan dan Perlengkapan Tidur

Karena cuaca tidak bisa diprediksi, maka kamu juga harus menyiapkan ketiga item tersebut. Bahkan ada yang membawa kasur lipat untuk tidur saat berkemah. Minimal kamu harus membawa selimut agar tidak kedinginan saat cuaca menjadi ekstrim.

Demikian tadi informasi tentang camping dan bagaimana agar kamu lebih siap saat diajak berkemah. Jadi, jangan sampai kelabakan lagi kalau ada acara berkemah, ya. Sebab persiapan saat berkemah itu penting, loh!

Sambil berkemah, menikmati VELO bisa bikin suasana makin asyik. Rasa hangat dari kantong nikotin bebas tembakau yang menggelitik ini, bakal memberikan sensasi berbeda. Kemasannya yang praktis dan higienis bisa kamu simpan dimana saja, setelah selesai digunakan kami bisa menyimpannya untuk dibuang ditempat sampah. Jadi, gak bikin lingkungan tercemar.

Tersedia dalam kemasan kaleng dan sachet dengan level nikotin berbeda, kamu bisa memilihnya sesuai selera kamu. Dibuat khusus untuk pengguna produk nikotin dewasa, kamu harus berusia minimal 18 tahun dan bukan wanita hamil atau menyusui.  

Related Articles

Leave a Reply