Bungee Jumping, Olahraga Menantang yang Bikin Adrenalin Terpacu!

Pernah coba sesuatu yang ekstrem dan bikin adrenalin terpacu? Kalau belum kamu harus coba kegiatan yang bakal bikin kamu sport jantung yang satu ini. Bungee jumping! Ya, kegiatan yang satu ini bakal bikin kamu ngerasain pengalaman yang tak terlupakan. Ingin tahu lebih jauh tentang bungee jumping? Yuk cari tahu lebih lanjut!

Kenalan dengan Bungee Jumping, Olahraga Ekstrem yang Seru Abis!

Source: istockphoto

Rasanya gak salah kalau menyebut kegiatan yang satu ini sebagai olahraga ekstrim. Karena untuk melakukannya, kamu harus melompat dari tempat yang tinggi hingga ratusan meter dari permukaan tanah. Biasanya dari tebing, jembatan, helikopter atau tempat yang memang dibuat secara khusus untuk olahraga ini.

Kamu akan melompat dengan kepala terlebih dahulu menghadap ke bawah, dengan kedua kaki yang diikat dengan tali pengaman. Coba bayangkan bakal seperti apa rasanya? Tapi tak perlu khawatir, kegiatan ini sangatlah aman. 

Karena sebelum memulainya, kamu pasti akan dilengkapi dengan alat-alat pengaman, seperti tali dan lain sebagainya. Alat-alat tersebut juga akan dipasangkan secara aman sesuai standar keselamatan, agar meminimalkan risiko. 

Jadi meskipun dianggap ekstrim, bungee jumping sangatlah aman. Asalkan, kegiatan tersebut diawasi oleh orang-orang yang memang profesional di bidangnya agar tidak terjadi kecelakaan yang tak diinginkan. Untuk itu, pastikan untuk benar-benar melakukan kegiatan bungee jumping dengan didampingi orang-orang yang terpercaya dan berpengalaman.

Bungee jumping pertama dilakukan di tahun 1979 dan sejak saat itu olahraga ini menjadi begitu populer. Kegiatan ini juga menjadi salah satu olahraga ekstrim yang paling dinikmati dan ada di hampir semua destinasi wisata di dunia. 

Siapa saja yang boleh melakukan bungee jumping?

Bungee jumping
Source: freepik.com

Bungee jumping ditujukan untuk semua kalangan, terutama orang-orang yang sudah berusia di atas 16 tahun. Untuk mencoba olahraga ini, kamu tak perlu memiliki pengalaman sebelumnya. 

Kamu pun, tak harus membeli peralatan sendiri, karena pastinya akan sangat mahal! Kamu cukup datang ke tempat-tempat penyedia kegiatan ekstrem ini dan menikmati pengalaman serunya. Bagian terpenting adalah, kamu harus mampu mengumpulkan keberanian yang cukup untuk melakukannya. Karena tak semua orang mampu dan berani untuk mencoba pengalaman ekstrem untuk terjun bebas dari atas ketinggian. 

Namun, untuk melakukan olahraga ini ada beberapa batasan yang harus diikuti, untuk mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan. Misalnya, orang-orang  dengan masalah berat badan berlebih dan cedera disarankan untuk tidak melakukannya. Karena resikonya lebih tinggi, jadi tak perlu memaksakan diri.

Selain itu, wanita hamil, penderita gangguan jantung dan tekanan darah tinggi juga tidak disarankan melakukan kegiatan ekstrim tersebut. Jika kamu merasa ragu, pastikan untuk berkonsultasi lebih dulu dengan dokter.

Peralatan yang digunakan dalam bungee jumping

Source: instagram.com

Untuk melakukan kegiatan olahraga ekstrim ini, ada beberapa peralatan yang harus digunakan untuk menjaga keselamatan. Berikut beberapa diantaranya.

1. Bungee Cord

Peralatan pertama menjadi yang terpenting untuk melakukan bungee jumping. Alat ini akan dipasang di pergelangan kaki bersama dengan harness untuk melindungi tubuh. Bungee cord biasanya dibuat dari perpaduan  antara karet dan lateks alami sehingga memiliki kekuatan yang luar biasa untuk menahan beban berat tubuh yang melompat dari ketinggian. 

2. Harness

Selanjutnya, tubuh akan dipasangi dengan harness atau tali kekang untuk melindungi tubuh selama melakukan lompatan. Umumnya, akan dipasang di pergelangan kaki dan satu lagi di tubuh untuk meningkatkan keamanan. Alat ini akan membantu memberikan pengamanan ekstra atau cadangan, dan mengurangi segala risiko yang ada.

3. Rubber cord atau kabel karet

Beberapa fasilitas bungee jumping juga menambahkan fitur safety lainnya seperti tali karet ekstra atau rubber cord untuk memaksimalkan keamanan. Karena kegiatan ini sangatlah ekstrem, maka dari itu faktor keamanan dan keselamatan pengguna harus benar-benar diperhatikan. Agar tidak ada kesalahan fatal yang bisa membahayakan keselamatan.

Tips aman untuk bermain bungee jumping agar lebih menyenangkan

Bungee jumping

Agar pengalaman main bungee jumping lebih mengesankan ada beberapa tips yang bisa kamu coba. Berikut beberapa diantaranya.

Gunakan pakaian yang nyaman 

Tidak ada aturan pasti atau tertulis soal pakaian, tetapi akan lebih baik jika kamu menggunakan pakaian yang ketat saat melakukan bungee jumping. Atau pakaian apa saja yang membuat kamu merasa nyaman saat memakainya. Karena ini merupakan olahraga yang ekstrim, jadi disarankan untuk kamu para cewek, jangan memakai dress atau sepatu hak tinggi. Lagian ini buat have fun, bukan mau ke acara wedding, guys!

Kumpulkan keberanian dan jangan ragu-ragu!

Jika kamu merasa takut dengan ketinggian di tempat saat ingin melakukan bungee jumping, hal ini normal. Jangan khawatir dan kamu bisa memutuskan untuk tidak melompat jika memang ada kekhawatiran. Satu hal yang terpenting adalah lompatlah saat kamu yakin, dan lakukan itu di awal bukan di langkah terakhir.

Percaya dan dengarkan instruksi

Ketika akan melakukan kegiatan ekstrim ini, pastinya ada instruktur yang akan memandu agar kamu bisa sukses saat bungee jumping. Dengarkan instruksi mereka dengan seksama dan percaya sepenuhnya dengan apa yang mereka ucapkan. Karena seorang instruktur biasanya sudah melalui pelatihan secara profesional dan berpengalaman. Jika masih ragu, jangan takut untuk bertanya, ya.

Hindari perut terlalu kenyang

Sebelum mulai melakukan kegiatan melompat ini, usahakan untuk tidak makan terlalu banyak atau terlalu kenyang. Karena lompatan ekstrim bisa membuat perut terasa mual, bayangkan saja jika perut kamu penuh. Apa jadinya nanti? Akan jauh lebih baik jika kamu melompat dengan keadaan perut kosong. Jadi lebih aman.

Jangan bawa barang-barang berharga

Saat melakukan bungee jumping, pastinya tubuh kamu akan melompat dari atas ketinggian yang tingginya bisa puluhan hingga ratusan meter bukan? Nah, karena itu, sangat tidak disarankan untuk kamu memakai atau membawa barang-barang berharga. Seperti smartphone, perhiasan dan lain sebagainya. Karena bisa jatuh dan mengganggu pengalaman saat sedang melakukan lompatan ekstrim tersebut. 

Demikian tadi, informasi tentang bungee jumping, olahraga ekstrim yang banyak digandrungi. Ada banyak pengalaman seru yang bisa kamu dapatkan dari kegiatan ekstrem ini. Adrenalin akan lebih terpacu dan membebaskan diri dari rasa takut. 

Sama seperti VELO, sebagai produk kantong nikotin pertama di Indonesia. Dibuat dengan berbagai varian rasa unik dan asyik, VELO cocok banget buat dirasakan sambil melakukan aktivitas yang lain. Seperti baca buku, ketemu klien, bahkan olahraga bungee jumping. Jadi bisa dinikmati kapan saja, dimana saja tanpa asap dan bau mengganggu. Seru kan!

Perlu diingat, VELO yang ditujukan untuk kamu yang sudah 18 tahun ke atas dan pengguna produk yang mengandung nikotin, bukan perempuan hamil atau menyusui.

Related Articles

Leave a Reply