Buah Berry, Manfaat dan Efek Sampingnya untuk Kesehatan

Tahukah kamu jika berry merupakan salah satu jenis buah yang cukup populer dan memiliki banyak macam? Dikenal sebagai buah yang memiliki rasa manis dengan sedikit asam, buah-buah yang termasuk jenis berry ternyata kaya akan kandungan gizi yang sangat baik untuk kesehatan. Seperti apa sih buah berry dan dari mana asalnya? Yuk kenalan lebih jauh dengan buah mungil kaya manfaat ini selengkapnya!

Sekilas Tentang Buah Berry 

Di dunia ada banyak sekali jenis berry yang bisa kamu temukan dan semuanya punya manfaat yang luar biasa. Salah satu yang cukup populer di Indonesia adalah jenis strawberry yang cukup banyak ditemui di daerah pegunungan dengan cuaca yang sejuk.

Selain itu ada raspberry, blackberry, goji berry, blueberry, blackcurrant, cranberry, mulberry dan banyak lagi jenis-jenis berry lainnya. Blackberry merupakan jenis berry pertama yang dikembangkan oleh orang-orang Romawi dan kemudian menyebarkannya hingga ke wilayah Eropa. 

Di Inggris raspberry menjadi cukup populer dan diperkirakan sudah dikembangkan hingga diekspor ke Amerika sekitar tahun 1771. Sementara Goji Berry di banyak ditemukan di kawasan pegunungan Himalaya.

Buah-buahan jenis berry juga kerap disebut dengan brambles. Ini merupakan sebutan lain untuk jenis tanaman berduri yang berasal dari genus Rubus. Tanaman dari genus ini memiliki banyak spesies dan juga varietas. Rubus sendiri masih termasuk dari keluarga Rosaceae dan masih termasuk kerabat dekat strawberry. 

Tanaman berry umumnya bisa tumbuh tegak, semi tegak hingga merambat dengan ketinggian tanaman sampai 1,5 meter. Selain itu, tanaman berry juga termasuk tanaman perennial yang akan tetap hijau segar sepanjang tahun. Buahnya sendiri merupakan kumpulan buah kecil yang berkumpul menjadi satu yang disebut drupelet. 

Manfaat Buah Berry

Salah satu jenis jenis Buah berry

Kaya akan kandungan antioksidan, vitamin C, vitamin K, mangan, mineral, serat dan vitamin B kompleks, tak heran jika buah berry memiliki manfaat yang begitu luar biasa bagi kesehatan. Terlebih jika dikonsumsi secara rutin setiap hari. Berikut beberapa manfaat mengkonsumsi buah-buahan berry untuk tubuh, diantaranya.

1. Mencegah Stres Oksidatif

Raspberry yang kaya antioksidan mampu menjaga tubuh dalam menangkal munculnya stres oksidatif. Seperti yang kita ketahui jika stres oksidatif merupakan kondisi yang mampu memicu resiko munculnya penyakit kanker, masalah kardiovaskular, hingga diabetes. Dengan konsumsi raspberry secara rutin minimal 100 gr setiap hari, kamu akan mendapatkan banyak manfaat baiknya untuk kesehatan tubuh secara menyeluruh.

2. Menjaga Kesehatan Kulit

Buah berry juga mampu menjaga kesehatan kulit, seperti yang dilakukan goji berry. Ini karena buah yang berasal dari pegunungan himalaya ini kaya akan kandungan antioksidan yang baik untuk menangkal radikal bebas, merangsang pembentukan kolagen serta melindungi kulit dari bahaya paparan sinar ultraviolet. 

3. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Manfaat luar biasa ini bisa kamu temukan di buah blackcurrent. Kaya akan kandungan antosianin, vitamin A, B kompleks, C dan E serta Gamma-linolenic membuatnya begitu sempurna untuk menjaga daya tahan tubuh. Seperti menjaga kesehatan organ ginjal, membuat peredaran darah lebih lancar, hingga menyehatkan organ mata dan pencernaan.

 4. Mengurangi Resiko Kolesterol

Kolesterol muncul karena kandungan lemak jahat dalam tubuh yang menumpuk dan tidak bisa dibuang. Salah satu jenis berry yang bisa dikonsumsi untuk mengurangi masalah kolesterol adalah Acai Berry. Buah ini kaya akan antioksidan yang berlimpah bahkan disebut-sebut 10 kali jauh lebih tinggi dari blackberry. Selain itu buah ini juga bagus sekali untuk menjaga kesehatan kulit.

Efek Samping Buah Berry yang Perlu Diperhatikan

Manfaat buah berry

Meskipun buah-buahan ini mengandung nutrisi yang berlimpah dan sangat baik untuk kesehatan, kamu pun tak boleh berlebih ketika mengkonsumsinya. Pasalnya buah-buahan tropis ini bisa menyebabkan berbagai efek buruk untuk kesehatan. Simak apa saja efek sampingnya berikut ini.

1.  Memicu Alergi

Konsumsi berry secara berlebihan bisa memicu hipersensitivitas, seperti gatal-gatal, ruam merah di kulit, muntah hingga sesak napas. Hal ini bisa kamu rasakan jika kamu terlalu banyak mengkonsumsi buah goji berry, blueberry dan lain sebagainya. Karenanya, batasi konsumsi buah tersebut secukupnya saja.  

2. Mengakibatkan Masalah Interaksi Obat

Beberapa jenis berry, seperti blueberry dan goji berry bisa memicu interaksi obat-obatan tertentu seperti warfarin misalnya. Sementara goji berry jus merupakan minuman yang justru membuat pendarahan meningkat. Ini akibat dari interaksi obat seperti warfarin (obat antikoagulan).

3. Mengakibatkan Masalah Pencernaan

Konsumsi secara berlebihan bisa memicu masalah pencernaan, seperti diare, kembung bahkan sembelit. Hal ini akan semakin parah, terlebih jika kamu sebelumnya memang masalah dengan pencernaan. Karenanya, kamu harus menghindari beberapa jenis berry seperti goji berry, blueberry dan jenis-jenis lainnya.

4. Mengakibatkan Hipotensi

Mengkonsumsi berry secara berlebihan bisa memicu  penurunan tekanan darah. Hal ini memang bukan kondisi yang membahayakan, namun akan menjadi masalah jika kamu mengkonsumsinya ketika sedang menjalani pengobatan untuk masalah hipertensi.

Misalnya goji berry mampu memicu interaksi obat yang digunakan untuk menurunkan tensi darah. Kondisi tersebut justru akan memicu masalah hipotensi atau penurunan tekanan darah hingga ke titik yang membahayakan. 

5. Masalah Gangguan Tidur

Jika mengkonsumsi beberapa jenis berry di malam hari, kamu bisa mengalami masalah gangguan tidur. Karena bisa membuat pola tidur terganggu, makanya disarankan untuk mengkonsumsinya di siang hari saja. Selain itu, kamu juga harus membatasi konsumsinya dalam batas yang wajar.

Ternyata buah-buahan berry tak hanya memiliki banyak manfaat tapi juga efek samping yang berbahaya. Jadi sekarang harus lebih hati-hati dan jangan berlebihan mengkonsumsinya. Sudah tahu belum kalau sekarang ada VELO? Produk hasil inovasi dari Swedia ini berbentuk kantong kecil yang menawarkan cara baru menikmati nikotin yang bebas tembakau dengan banyak varian rasa.

Dibuat khusus untuk kamu yang merupakan pengguna produk nikotin yang sudah berusia 18 tahun atau lebih, bukan perempuan hamil atau menyusui. Jadi kamu cukup menyelipkannya di sela gusi dan mulut bagian atas selama 20-30 menit  untuk merasakan sensasinya. Ya, sepraktis itu!  

Related Articles

Leave a Reply