Body Rafting Green Canyon Pangandaran: Info Kegiatan & Harga Paket

Pangandaran adalah salah satu kawasan karst yang ada di zona selatan Jawa, selain Pangandaran (Ciamis) Jawa Barat memiliki kawasan karst lainnya di daerah Purwakarta dan Cibinong.

Kawasan dengan ekosistem karst ini memiliki keanekaragaman hayati dan kekayaan ekosistem yang masih belum terungkap seluruhnya. Salah satu ciri yang sangat menonjol pada kawasan ini adalah memiliki banyak gua dari proses bentukan alam dengan lanskap yang unik.

Kawasan Karst merupakan bentang alam yang memiliki kondisi hidrologi dan bentuk lahan spesifik yang berkembang di batuan mudah larut (batu gamping, marmer, gipsum, halit) dan memiliki rekahan.

Di kawasan seperti ini biasanya lumrah ditemukan canyon atau ngarai, seperti halnya Green Canyon Pangandaran.

Aktivitas Seru Body Rafting Green Canyon

Body Rafting Green Canyon
Image source: Bloggerceria.com

Saat menyusuri aliran sungai di antara tebing ngarai ini, kita bisa melihat tumbuhan hijau menghiasi dinding batu indah, hasil pahatan alam selama bertahun-tahun. Ngarai ini terbentuk dari erosi tanah akibat aliran Sungai Cijulang selama jutaan tahun.

Aliran itu menembus gua dengan stalaktit dan stalagmit yang memesona. Aliran itu kemudian diapit dua bukit yang menjulang dengan bebatuan yang berhiaskan rerimbunan pepohonan. Benar-benar sebuah atraksi alam yang khas dan menantang.

Setibanya di Green Canyon Pangandaran kita bisa bermain air hingga puas. Tapi ada beberapa aktivitas seru yang bisa kita coba dan sayang untuk dilewatkan. Misalnya saja body rafting green canyon. 

Body rafting sendiri merupakan aktivitas berenang dengan menghanyutkan diri mengikuti arus air. Kita akan ditemani pemandu untuk mendampingi petualangan body rafting. Durasi setiap aktivitas body rafting umumnya 3-4 jam. Petualangan akan dimulai dari hulu Sungai Cijulang untuk kemudian menempuh jarak pengarungan sejauh 5 km.

Setelah puas menyusuri keindahan aliran sungai di Green Canyon, kita bisa mengisi perut di tepian sungai. Jangan takut kehabisan pilihan makanan. 

Berbagai sajian tradisional nan nikmat menanti kita. Ada nasi bakar ayam yang dibungkus daun pisang, serta melepas dahaga dengan meneguk segarnya air kelapa muda, atau sekadar menyantap gorengan ditemani secangkir kopi.

Paket Body Rafting Green Canyon Pangandaran

Image source: IDN Times

Disana sudah tersedia operator resmi untuk kegiatan body rafting, sehingga kita tidak perlu repot lagi mencari jasa operator dari luar. 

Peserta akan diantar ke bukit dengan mobil pick-up (bak terbuka) dan dilanjutkan menuju titik start dengan jalan kaki menuruni bukit kurang lebih 10 menit (200 meter). 

Yang paling utama adalah aman dan nyaman, dengan perlengkapan safety Body Rafting, para pengarung akan menyusuri sungai Cijulang hingga berakhir di Green Canyon menempuh jarak 10 km.

Di titik akhir Green Canyon akan dijemput dengan perahu dan diantar ke dermaga Ciseureuh untuk istirahat dan makan siang bersama. Berikut keterangan paket-paket yang tersedia:

Paket hemat (IDR 175.000/pax 5 km & IDR 200.000/pax 10 km)

  • Body rafting 
  • Jasa river guide, 
  • Pilihan jarak tempuh 5 km (2-3 jam) & 10 km (3-4 jam)
  • Transport pick-up + perahu

Paket standar (IDR 195.000/pax 5 km & IDR 220.000/pax 10 km)

  • Body rafting 
  • Jasa river guide, 
  • Pilihan jarak tempuh 5 km (2-3 jam) & 10 km (3-4 jam)
  • Transport pick-up + perahu
  • Makan siang

Paket lengkap (IDR 210.000/pax 5 km & IDR 235.000/pax 10 km)

  • Body rafting 
  • Jasa river guide, 
  • Pilihan jarak tempuh 5 km (2-3 jam) & 10 km (3-4 jam)
  • Transport pick-up + perahu
  • Makan siang 
  • Souvenir
  • Snack

Harga di atas berlaku untuk minimal pemesanan 5 orang dalam satu rombongan dan ada diskon khusus untuk rombongan lebih dari 20 orang.

Itu semua sudah termasuk perlengkapan keamanan, asuransi, sertifikat (khusus track 10 km), biaya retribusi, dan lain sebagainya. Susunan kegiatan biasanya dimulai sejak pukul 7.30 pagi hari sampai pukul 13.00.

Demikianlah info body rafting green canyon di Pangandaran. Simak juga info menarik lainnya dari VELO, kantong nikotin bebas tembakau pertama di Indonesia yang praktis dan simple!

VELO tersedia dalam aneka varian rasa unik seperti Berry Frost, Tropical Mix, Polar Mint, dan Ruby Berry. Kantong nikotin ini ditujukan bagi pengguna nikotin berusia 18 tahun ke atas dan tidak sedang hamil atau menyusui.

VELO akan menemani keseruan aktivitasmu kapan saja dan dimana saja tanpa khawatir mengganggu kenyamanan orang di sekitar, karena kantong nikotin ini sepenuhnya bebas asap!

Hengky
For the last few years, Hengky living as a digital nomad and currently settled in Denpasar. As a writer, he is interested in a certain topic such as pseudoscience, culture, art, and lifestyle.

Related Articles

Leave a Reply