Bisnis Thrift Shop Bisa Dapat Untung Tinggi dengan Modal Seadanya?

Secara bahasa, thrift artinya penghematan dan shop adalah toko. Jadi bisa dibilang thrift shop adalah toko penghematan. Mengapa bisa dibilang toko penghematan? Karena barang-barang yang dijual di thrift shop adalah barang-barang bekas layak pakai, sehingga memiliki harga yang sangat terjangkau namun tetap memiliki kualitas yang tidak buruk.

Banyak orang merasa thrift shop bisa menjadi pilihan yang tepat, karena mereka bisa lebih menghemat uang jika ingin berbelanja pakaian. Apalagi pakaian merupakan salah satu kebutuhan, sehingga berbelanja pakaian pasti bisa dilakukan sebulan sekali bahkan seminggu sekali. 

Nah akibat minat masyarakat yang besar, bisnis thrift shop pun menjadi sangat meningkat beberapa tahun terakhir. Banyak sekali pedagang-pedagang thrift shop yang merebak di Instagram, marketplace, maupun berdagang offline.

Kamu harus memanfaatkan situasi ini untuk kamu memulai bisnis thrift shop, karena ada beberapa keuntungan yang perlu kamu tahu. Apa aja sih keuntungannya? Penasaran kan? Yuk langsung simak artikelnya ya!

Modal Kecil Untung Besar

bisnis thrift shop
Source: Hitput.com

Tahukah kamu? Pakaian bekas yang biasa dijual di thrift store dengan harga 25.000-150.000 rupiah di toko itu didapatkan dengan harga 1 juta rupiah per karung. Satu karung pakaian bekas biasanya berisi 50-100 potong pakaian secara acak.

Katakanlah kita membeli 1 karung dengan harga 1 juta rupiah dan mendapat 50 potong pakaian, lalu dijual kembali dengan harga 50.000 rupiah per potong, kita akan mendapatkan modal kembali beserta profitnya sebesar 2.500.000 rupiah.

Banyak Barang Berharga yang Bisa Dikumpulkan

bisnis thrift shop
Source: Ponta

Banyak kemungkinan kalau kamu bisa mendapatkan pakaian bermerk yang memiliki harga yang mahal jika dibeli di toko resmi. Biasanya pakaian tersebut merupakan produk reject yang tidak memenuhi standar mutu yang telah ditetapkan sebuah toko pakaian, sehingga pakaian tersebut dijual ke supplier pakaian bekas yang bisa kamu beli untuk bisnis thrift shop kamu. Yang penting kamu harus sabar untung memilah ratusan pakaian yang ada, karena perlu teliti untuk mendapatkan pakaian yang masih bagus.

Bisnis Thrift Shop Cocok dengan Karakter Konsumen Masa Kini

Source: Girl We Can

Bisnis ini sangat cocok dengan generasi saat ini, generasi yang membeli barang secara impulsif dan senang mengikuti tren sehingga rela mengeluarkan sejumlah uang yang cukup banyak.

Akan tetapi, dengan adanya thrift store, tentu menjadi solusi atas masalah tersebut. Mereka dapat produk branded dengan harga yang ramah di kantong.

Tersedia Berbagai Pilihan Platform Bisnis Thrift Shop

Source: GQ Australia

Saat ini, sudah banyak platform online yang menjadi wadah dalam memperjualbelikan barang bekas. Dengan demikian, kamu tidak perlu kebingungan untuk memulai bisnis. Kamu cukup menuliskan kata kunci “secondhand” atau “preloved” maka situs yang menjual barang bekas akan muncul.

Jenis Produk Sangat Beragam

Source: KASKUS

Dalam bisnis thrift shop, berbagai macam produk dapat diperjualbelikan. Untuk kategori pakaian sendiri memiliki banyak pilihan seperti kemeja, jaket, celana jeans maupun celana bahan. Bahkan rompi pun dapat diperjualbelikan. Jenis produk ini merupakan jenis yang paling banyak di pasaran Indonesia saat ini. 

Jangan lupa ikuti terus update info menarik seputar thrift shop lainnya bersama VELO! Kantong nikotin bebas tembakau pertama di Indonesia yang bisa dinikmati kapan saja, tanpa asap, dan tanpa ribet!

Tersedia dalam aneka varian rasa unik seperti Berry Frost, Tropic Mix, Polar Mint, dan Ruby Berry yang bisa kamu pilih sesuai selera. Produk nikotin ini ditujukan khusus untuk pengguna berusia 18 tahun ke atas, pengguna produk nikotin, tidak sedang hamil atau menyusui.

Hengky
For the last few years, Hengky living as a digital nomad and currently settled in Denpasar. As a writer, he is interested in a certain topic such as pseudoscience, culture, art, and lifestyle.

Related Articles

Leave a Reply