Biografi Pengusaha Sukses Ini Inspiratif Banget!

Membaca biografi pengusaha sukses di Indonesia yang merintis usahanya dari bawah tentu bisa memberikan dorongan dan motivasi yang luar biasa. Salah satu yang cukup terkenal ialah Bob Sadino sang konglomerat nyentrik pelopor agribisnis di Indonesia. Selain itu masih ada banyak pengusaha sukses di Indonesia yang juga mengawali karirnya dari nol.

Tentunya bukan hal yang mudah bisa di posisi mereka yang sekarang, dan pastinya ada banyak lika-liku dan rintangan yang harus dihadapi. Biografi pengusaha sukses tersebut tentu akan sangat menarik untuk dikulik lebih jauh. Agar kita bisa belajar bagaimana caranya meraih kesuksesan seperti mereka.

Penasaran seperti apa? Yuk simak beberapa biografi pengusaha sukses di Indonesia berikut ini.

Biografi pengusaha-pengusaha sukses di Indonesia

1. Chairul Tanjung

source: @anita_chairultanjung/instagram.com

Biografi pengusaha sukses yang pertama ini datang dari pemilik CT Corp yang dikukuhkan sebagai orang terkaya nomor 5 di Indonesia versi majalah Forbes tahun 2019. Lahir pada 19 Juni 1962 di Jakarta, Chairul Tanjung lahir dari pasangan Sumatera-Jawa Barat. Sang ayah Abdul Ghafar Tanjung asalnya dari Sumatera Utara tepatnya Sibolga, sementara Halimah sang ibu berasal dari Cibadak, Jawa Barat.

Kehidupan masa kecil salah satu pengusaha sukses di Indonesia ini bisa dibilang sangat sederhana, meskipun demikian ia tetap mampu melanjutkan pendidikannya hingga tamat kuliah di Fakultas Kedokteran Gigi sekitar tahun 1987 di Universitas Indonesia. Baru di tahun 1993 lanjut lagi kuliah di Executive IPPM.

Jiwa bisnisnya sudah ada sejak jaman kuliah, dengan berjualan buku materi kuliah, kaos hingga jasa foto kopi.  Berawal dari situ, kelihaian berbisnisnya pun berkembang. Hingga kini Chairul Tanjung memiliki bisnis dari berbagai sektor, mulai dari sektor keuangan, hiburan, media hingga keuangan. Sama seperti Bob Sadino, semua yang CT miliki diperoleh dengan merintis usahanya dari bawah.

2. Nadiem Makarim

Biografi pengusaha sukses Nadiem makarim
source: @nadiemmakarim/instagram.com

Berikutnya, biografi pengusaha sukses yang juga meraih kesuksesannya dari nol ialah Nadiem Makarim. Pria yang kini menjabat sebagai Menteri Pendidikan Republik Indonesia ini lahir pada 4 Juli 1984 di Singapura.

Nadiem dibesarkan di keluarga yang berkecukupan dan mengenyam pendidikan tingginya di Brown University of United State. Selesai S2 di negeri Paman Sam, Nadiem kemudian mengawali karirnya dengan merintis perusahaan startup Zalora bersama sahabatnya. Ia juga bertindak sebagai Managing Editor di perusahaan tersebut.

Tak puas sampai di situ saja, ia kemudian melihat peluang lain dengan mengembangkan Gojek yang kini menjadi salah satu perusahaan startup terbesar di Indonesia.  

3. William Tanuwijaya

source:@liamtanu/instagram.com

Tentu kamu tak asing dengan Tokopedia bukan? Salah satu marketplace terbesar di Indonesia ini ternyata milik William Tanuwijaya. Biografi pengusaha sukses yang satu ini juga tak kalah menarik untuk disimak.

Pria kelahiran Pematang Siantar, Sumatera Utara 29 tahun yang lalu ini mengawali karirnya sebagai seorang penjaga warnet, lho! Hal ini dilakukan selama William berkuliah demi mendapatkan tambahan uang saku dan membayar biaya kuliah.

Meski bukan berasal dari keluarga berada, namun sang ayah begitu peduli dengan pendidikan William. Sehingga, berbekal tabungan serta penghasilan yang seadanya, William pun berkuliah di Jakarta. Ia memilih Teknik Informatika sebagai jurusan kuliahnya di Universitas Bina Nusantara.

Itulah mengapa ia rela menjadi penjaga warnet, dari situlah kecintaannya dengan dunia digital terus berkembang. Hingga membawanya bekerja di beberapa perusahaan digital sebelum akhirnya memutuskan mengembangkan perusahaan digital miliknya sendiri, yakni Tokopedia.  Dan seperti yang kita tahu, Tokopedia kini menjadi salah satu perusahaan digital terbesar di Indonesia.

Nah itu tadi, biografi pengusaha sukses yang mengawali karirnya dari nol dan patut jadi idola. Dari sekilas perjalanan karir mereka, kita bisa belajar bahwa kesuksesan bukan sesuatu yang mustahil. Asalkan punya tekad, kegigihan serta inovasi semua bisa diraih dengan pasti. Inspiring banget kan?

Related Articles

Leave a Reply