Biaya ke Karimunjawa Terbaru 2021 untuk Perjalanan Backpacking

Banyak jalan menuju Roma, banyak jalan menuju Karimunjawa. Tidak menyoal berapa pun budget yang tersedia, selalu ada cara untuk melakukan perjalanan wisata menuju the paradise of java. Gugusan pulau tropis nan cantik ini tak pernah luput dari radar para pemburu wisata alam. Selain karena daya tariknya yang sangat beraneka ragam, tempat ini juga menawarkan berbagai akomodasi wisata untuk semua segmen, mulai dari paket-paket eksklusif hingga berbagai pilihan akomodasi murah meriah ala backpacker.

Biaya ke Karimunjawa

Tata letak kepulauan Karimun Jawa memang sangat ideal untuk melakukan perjalanan backpacking. Objek wisata yang tersebar di setiap pulau gugusannya memungkinkan kita berpindah-pindah dari satu lokasi ke lokasi lainnya tanpa harus melangkah keluar dari satu wilayah. Mulai dari daerah perbukitan hingga ujung pulau, semuanya mungkin untuk dijelajahi.

Lantas, berapa biaya ke Karimunjawa yang dibutuhkan untuk perjalanan backpacking? Di bawah ini VELO telah merangkum detail biaya perjalanan ke Karimun jawa dari berbagai referensi terbaru. Semuanya meliputi kebutuhan transportasi, penginapan, dan konsumsi.

Biaya Transportasi Pulang-Pergi

biaya ke karimunjawa
Source: Denis Tuksar via Unsplash

Sebelum memikirkan hal lain, pastikan jadwal pulang-pergi sudah ditentukan secara matang. Transportasi umum—khususnya kapal angkutan—yang melewati rute Karimunjawa tidak selalu tersedia setiap hari. Jangan sampai salah memilih jadwal di saat transportasi sedang tidak tersedia, bisa-bisa kamu terjebak sampai berhari-hari.

Untuk tiba di wilayah Karimunjawa, kita bisa berangkat menuju Pelabuhan Kartini Jepara terlebih dahulu untuk menyeberang menggunakan kapal angkutan. Dari sini kamu tinggal pilih dua opsi, kapal feri atau kapal express. Berikut rincian biaya ke Karimunjawa:

Kapal Feri

Jadwal keberangkatan kapal feri dari Pelabuhan Kartini Jepara ke Pelabuhan Karimunjawa hanya ada setiap hari Senin, Rabu, Jumat, dan Sabtu. Adapun jam operasionalnya yaitu sekitar pukul 6.30 sampai 7 pagi.

Sementara untuk keberangkatan dari Pelabuhan Karimunjawa menuju Pelabuhan Kartini Jepara tersedia setiap hari Selasa, Kamis, Jumat, dan Minggu. Jam operasional hari Selasa, Kamis, dan Minggu pukul 7 pagi, sedangkan Jumat pukul 13.00.

Harga tiketnya yaitu sekitar Rp95.000 per orang.

Kapal Bahari Express

Jadwal keberangkatan kapal express atau kapal cepat dari Pelabuhan Kartini Jepara ke Pelabuhan Karimunjawa setiap hari Senin, Selasa, Jumat, dan Sabtu. Jam keberangkatan hari Senin, Selasa, dan Jumat pukul 9 pagi, sementara hari Sabtu pukul 10 pagi.

Kemudian, jadwal kapal express dari Pelabuhan Karimunjawa menuju Pelabuhan Kartini Jepara yaitu setiap hari Senin, Rabu, Sabtu, dan Minggu. Jam operasionalnya untuk hari Rabu dan Minggu pukul 11 siang, hari Sabtu pukul 7 pagi, sedangkan hari Senin pukul 13.00 WIB. Harga tiket untuk kapal express mulai dari Rp152.000 sampai Rp177.000 per orangnya.

Perlu dicatat bahwa jadwal operasional dan harga tiket ini bisa berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan. Sediakan dana lebih untuk berjaga-jaga.

Jika membutuhkan fasilitas transportasi untuk bepergian ke berbagai lokasi wisata, sebaiknya manfaatkan jasa rental motor saja. Budget-nya lebih murah dibanding menggunakan angkutan wisata setiap kali bepergian. Biaya rental motor hanya dipatok mulai dari Rp50.000 sampai Rp100.000 saja per 24 jam.

Untuk traveler yang membawa kendaraan dari rumah, di pelabuhan Kartini Jepara sudah tersedia tempat penitipan kendaraan. Biaya parkirnya Rp50.000 untuk 3 hari.

Akomodasi Penginapan dan Konsumsi

Source: Boxed Water Is Better via Unsplash

Di Karimunjawa tersedia cukup banyak pilihan akomodasi penginapan berikut konsumsinya dengan harga bersahabat. Tidak sulit menemukan penginapan yang nyaman dan terletak di lokasi strategis yang hanya dibanderol sekitar Rp100.000-an saja per malamnya.

Kamu bisa menggunakan berbagai aplikasi/layanan akomodasi perjalanan untuk mencari informasi seputar guest house di Karimunjawa. Selain harganya yang sangat terjangkau, biasanya itu semua sudah termasuk sarapan.

Ke mana pun kita pergi, selama masih berada di pulau utama Karimunjawa, kita tidak akan kesulitan mencari tempat makan enak dengan harga terjangkau. Sebagai contoh di warung makan; dengan biaya Rp30.000 saja kita sudah bisa mendapat dua porsi nasi lengkap dengan olahan cumi-cumi segar.

Demikianlah ulasan kali ini tentang biaya ke Karimun Jawa terbaru. Ikuti terus update informasinya untuk mendapatkan tips-tips seputar traveling dari VELO, kantong nikotin bebas tembakau pertama di Indonesia dengan aneka rasa menyegarkan buat kamu pengguna produk nikotin yang sudah berusia 18 tahun atau lebih, bukan perempuan hamil atau menyusui.

Henki Taher
For the last few years, Hengky living as a digital nomad and currently settled in Denpasar. As a writer, he is interested in a certain topic such as pseudoscience, culture, art, and lifestyle.

Related Articles

Leave a Reply