Berbagai Macam Alat Musik yang Berbentuk Tabung dengan Suara Unik

Musik merupakan cabang seni yang paling diminati oleh sebagian besar orang. Musik memadukan suara vokal dan instrumental sebagai bentuk ekspresi emosional untuk mewakili suasana hati pendengarnya.

Dalam proses pembuatannya, para musisi biasa menggunakan berbagai macam instrumen musik. Instrumen musik sendiri memiliki beragam rupa bentuk dan teknik permainan yang berbeda-beda pula.

Salah satu yang paling unik adalah alat musik yang berbentuk tabung. Instrumen ini biasanya dibuat dari bahan dasar bambu, namun ada juga yang dimodifikasi dengan bahan lain seperti kayu dan logam. Alat musik tabung biasanya dimainkan dengan cara ditiup, dipukul, atau digoyang.

Nah, berikut ini ada beragam alat musik yang berbentuk tabung dengan suara unik.

1. Kentongan

Alat Musik yang Berbentuk Tabung
Image source: Lazada

Alat musik ini biasanya terbuat dari bambu seperti tabung yang memiliki rongga di dalamnya dan terdapat sebuah lubang di sisinya yang digunakan sebagai sumber keluarnya bunyi. Cara memainkan alat musik tradisional yang satu ini adalah dengan dipukul.

Selain terbuat dari bambu, kentongan juga bisa terbuat dari kayu. Alat musik yang satu ini dibudidayakan sebagai alat musik tradisional di kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah. Dimana berbagai macam keuntungan disatukan menjadi satu sehingga menghasilkan melodi musik yang indah.

2. Angklung

Alat Musik yang Berbentuk Tabung
Image source: Hanyaberbagi.com

Angklung adalah alat musik multitonal yang secara tradisional berkembang dalam masyarakat Sunda di Suku Sunda Alat musik ini dibuat dari bambu, dibunyikan dengan cara digoyangkan sehingga menghasilkan bunyi yang bergetar dalam susunan nada 2, 3, sampai 4 nada dalam setiap ukuran, baik besar maupun kecil.

3. Suling

Alat Musik yang Berbentuk Tabung
Image source: Lazada

Suling adalah alat musik dari keluarga alat musik tiup kayu atau terbuat dari bambu. Suara suling berciri lembut dan dapat dipadukan dengan alat musik lainnya dengan baik. Suling modern untuk para ahli umumnya terbuat dari perak, emas atau campuran keduanya.

Di Indonesia, ada banyak sekali alat musik tradisional dari kategori suling. Sebut saja saluang dari Minangkabau, Suling Gayo dari Aceh, Suling Bahalang dari Kalimantan, dan masih banyak lagi.

4. Trombone

Alat Musik yang Berbentuk Tabung
Image source: Amazon

Trombon adalah alat musik tiup logam. Seperti pada alat musik tiup logam lainnya, suara dihasilkan dengan menggerakan bibir. Kata trombon diambil dari bahasa Italia tromba dan -one, maka secara bahasa tulis arti trombon adalah “trompet besar”. Pemain trombon disebut trombonis.

5. Saxofon

Image source: eBay

Saxofon adalah alat musik tiup yang terbuat dari kuningan, campuran antara tembaga dan seng. Alat musik yang berbentuk tabung ini masih tergolong dalam aerophone, single-reed woodwind instrument. Saksofon berasal dari Belgia, dibuat oleh seorang pemain klarinet dan pembuat alat musik bernama Adolphe Sax oleh karena itu alat musik ini disebut Saxophone pada awal tahun 1840.

6. Tubular Bell

Image source: kindpng.com

Tubular lonceng (juga dikenal sebagai lonceng) adalah alat musik dalam keluarga perkusi. Suaranya menyerupai lonceng gereja, lonceng, atau menara lonceng; lonceng tubular asli dibuat untuk menduplikasi suara lonceng gereja dalam sebuah ensemble.

7. Didgeridoo

Image source: Didgeproject.com

Didgeridoo adalah alat musik tiup penduduk asli Australia dari bagian utara Australia. Sebuah didjeridu biasanya berbentuk silinder atau cenderung kerucut, serta berukuran panjang sekitar 1 sampai 2 meter, namun lebih banyak berukuran 1,2 meter.

Para pemain tradisional Aborigin lebih menyukai kunci nada antara D ke F. Alat musik ini oleh penduduk asli dikenal dengan nama yidaki.

Demikianlah informasi seputar alat musik yang berbentuk tabung. Simak juga informasi menarik seputar alat musik Sasando lainnya bersama VELO, kantong nikotin bebas tembakau pertama di Indonesia yang praktis dan simple!

VELO tersedia dalam aneka varian rasa unik seperti Berry Frost, Tropical Mix, Polar Mint, dan Ruby Berry. Kantong nikotin ini ditujukan bagi pengguna nikotin berusia 18 tahun ke atas dan tidak sedang hamil atau menyusui.

VELO akan menemani keseruan aktivitasmu kapan saja dan dimana saja tanpa khawatir mengganggu kenyamanan orang di sekitar, karena kantong nikotin ini sepenuhnya bebas asap!

Hengky
For the last few years, Hengky living as a digital nomad and currently settled in Denpasar. As a writer, he is interested in a certain topic such as pseudoscience, culture, art, and lifestyle.

Related Articles

Leave a Reply