Berapa Biaya Liburan ke Santorini? Yuk, Hitung Dulu!

Ngomong-ngomong soal liburan ke Santorini, banyak orang sudah ciut duluan karena takut biayanya yang super mahal. Dari Indonesia, liburan ke negara-negara Eropa memang tidak murah. Namun, jika kamu bisa menghitung biaya liburan ke Santorini dengan tepat, kamu bisa menghemat uang.

Yuk, hitung biaya apa saja yang harus kamu siapkan untuk liburan ke pulau kecil nan indah di Yunani itu.

Tiket Pesawat

Tiket pesawat pulang dan pergi biasanya memakan biaya yang mahal, apalagi kalau tujuannya ke Eropa. Untuk mencapai Santorini, setidaknya kamu harus menempuh 3 rute yaitu Jakarta-Singapura, Singapura-Athena, lalu Athena-Santorini.

Terbang ke Athena dari Singapura jauh lebih murah dibandingkan direct flight dari Jakarta ke Athena yang biayanya bisa berkali-kali lipat. Berikut ini perkiraan biaya yang kamu butuhkan untuk tiket pesawat:

  • Jakarta-Singapura: Rp 500.000 – Rp 800.000
  • Singapura Athena: Rp 15.000.000 – Rp 20.000.000
  • Athena-Santorini: Rp 3.000.000 – 5.000.000

Untuk mendapatkan tiket pesawat dengan harga murah, sebaiknya kamu melakukan pemesanan jauh-jauh hari dan jangan lupa rajin cari promo ya!

Akomodasi

Ada banyak pilihan penginapan di Santorini yang bisa disesuaikan dengan kantongmu. Untuk penginapan standar, siapkan budget mulai Rp 800 ribu semalam. Sedangkan tarif yang harus dibayar untuk penginapan mewah seperti resort di pinggir pantai mulai Rp 10 juta.

Harga penginapan di sana juga akan meningkat di musim-musim puncak liburan seperti musim panas atau saat akhir tahun. Kamu bisa menginap di desa-desa yang ada di Santorini seperti Oia, Finikia, dan Fira.

Makan

Biaya untuk makan harus dihitung dengan benar untuk memastikan kamu tidak kelaparan saat liburan ke Santorini. 

Ada tips untuk menghemat uang makan nih saat di Santorini. Jika kamu makan di restoran atau cafe yang menawarkan pemandangan indah, harga makanannya bisa sangat mahal, mencapai lebih dari 20 Euro satu porsinya.

Jika kamu mencari makanan yang murah, coba deh kuliner lokal yang dijual di sana. Hindari membeli makanan di jalan-jalan utama Santorini. Makanan yang dijual di kedai-kedai kecil di gang sempit biasanya lebih miring. Kamu bisa membeli seporsi kebab yang mengenyangkan hanya dengan 5 Euro saja!

Buat kamu yang terbiasa mengkonsumsi nikotin, setelah makan kamu pasti ingin merokok bukan? Namun ketika kamu liburan di tempat yang dikunjungi banyak orang seperti Santorini, jaga kenyamanan dan kebersihan sekitar dengan tidak merokok.

Ada alternatif lain untuk menikmati nikotin yang lebih nyaman. VELO adalah kantong nikotin tanpa asap yang bisa dinikmati kapan saja dan dimana saja tanpa takut mengganggu kenyamanan orang-orang yang ada di sekitarmu.

Transportasi Lokal

Setelah sampai di Santorini, tentu kamu harus menjelajah setiap sudutnya. Kalau kamu ingin berjalan-jalan di satu desa dan menikmati semua bangunan indah di sana, kamu bisa berjalan kaki.

Tetapi kalau ingin mengunjungi kota atau desa lain yang ada di sana, kamu akan membutuhkan transportasi khusus. Beberapa pilihannya antara lain adalah dengan mengendarai bus lokal yang akan mengantarmu ke berbagai pantai dan kaldera yang ada di pulau itu.

Kamu bisa menyewa mobil atau motor jika sudah punya SIM Internasional. Kalau tidak punya SIM, kamu bisa menyewa ATV untuk menjelajahi seluruh sudut pulau.

Biaya liburan ke Santorini harus dihitung dengan baik agar kamu bisa menikmati liburan yang menyenangkan di sana. Memang tidak murah, namun pengalaman yang kamu dapatkan akan setara dengan uang yang kamu keluarkan.

Yuk, semangat menabung mulai dari sekarang!

Indah Ariviani
Indah is an experienced writer specializes in lifestyle, design, and finance, who occasionally lost in her imaginations.

Related Articles

Leave a Reply