Belajar dari Biografi Orang Sukses, Merintis Karir dari Nol

Kesuksesan tentu tak bisa diperoleh dengan mudah kecuali dengan berusaha keras. Selain berusaha dengan keras dan gigih, kita juga perlu belajar dari biografi orang sukses agar bisa mengambil pelajaran dari kehidupan mereka.

Karena, pengalaman hidup orang yang sudah sukses jauh lebih menarik untuk dipelajari. Di Indonesia sendiri ada banyak orang sukses yang tak hanya dikenal di dalam negeri tetapi juga secara internasional, baik karena karya ataupun bisnisnya. Penasaran seperti apa? Yuk simak ulasan singkat tentang biografi orang sukses berikut ini.

Biografi orang sukses di Indonesia

1. Bob Sadino

Nama Bob Sadino tentu sudah tidak asing lagi di Indonesia. Pengusaha sukses yang terkenal karena gaya berpakaiannya yang khas ini merupakan pendiri sekaligus pemilik dari jaringan bisnis Kemchick, Kemfood dan Kem Farm.

source: wikipedia.id

Biografi orang sukses ini cukup menarik untuk disimak. Lahir dari keluarga pendidik di masa kolonial Belanda, membuat masa kecil Bob Sadino hidup berkecukupan dan mampu menyelesaikan pendidikannya sampai setingkat SMA. Selesai SMA, Bob tak langsung kuliah tetapi bekerja sebentar di PT. Unilever lalu memutuskan untuk kuliah.

Belum sempat selesai kulah, ia memutuskan bekerja kembali di PT. Unilever. Tak lama pindah lagi di perusahaan pelayaran internasional Djakarta Lloyd hingga kemudian berkeliling dunia. Puas melanglang buana di negeri orang, Bob kembali ke Indonesia bersama sang istri yang ia nikahi ketika di Jerman.

Di Indonesia, Bob Sadino tak langsung sukses. Banyak lika-liku yang dihadapi hingga membuatnya depresi. Tak lama terpuruk dalam depresi, ia pun mulai berpikir untuk menjual telur ayam negeri dan melihat peluang yang menguntungkan. Karena waktu itu telur ayam negeri belum populer di Indonesia.

Diawali dengan menawarkan ke tetangga di sekitar rumahnya, bisnis rintisannya ini pun berkembang pesat hingga berdirilah Kemchick, disusul Kemfarm, Kemfood hingga bisnis lainnya di bidang properti dan travel. Semuanya sukses bahkan menjadi pioner di bidangnya.

Setelah sempat mendapat perawatan intensif selama kurang lebih 2 bulan di Rumah Sakit Pondok Indah di Jakarta karena adanya infeksi pernapasan. 19 januari 2015 tepatnya hari Senin, Bob Sadino pun berpulang.

2. Susi Pudjiastuti

Lahir pada 15 Januari 1965 di Pangandaran, putri dari pasangan Ahmad Karlan dan Suwuh Lasminah ini merupakan pemilik dari Susi Air, sebuah perusahaan di bidang jasa penerbangan. Meski cuma mengenyam pendidikan hanya sampai setingkat SMP saja, namun ia berhasil membuktikan diri dan salah satu pengusaha sukses di Indonesia. Tak heran jika biografi orang sukses ini begitu menarik untuk disimak.

source: detik.com

Awal mula mengenal bisnis ialah sewaktu mengenyam pendidikan SMA namun hanya sampai di kelas dua kemudian lebih memilih berjualan ikan. Karena kegigihannya, bisnis kecil-kecilan yang dijalankan pun berkembang hingga memiliki tambak untuk ternak ikan.

Karena permintaan pasar yang meningkat ke pasar Asia hingga Amerika, bisnis perikanan yang dijalankan oleh Susi Pudjiastuti ini pun sedikit terkendala karena minimnya transportasi. Dengan tekad yang kuat, ia pun memberanikan diri untuk membeli pesawat dengan tipe Cessna Caravan dengan harga Rp 20 miliar yang diperoleh dari pinjaman bank.

 Hal ini ternyata keputusan yang tepat, sehingga bisnis perikanan yang dijalankan menjadi sangat berkembang. Hingga ia pun melebarkan sayapnya ke bisnis penerbangan yang hingga kini tetap dijalankannya.  Berbagai penghargaan bergengsi sebagai sosok wanita inspiratif telah diterimanya, baik dari organisasi independen hingga pemerintah.

3. Sunny Kamengmau

Biografi orang sukses
@sunny.kamengmau/Instagram.com

Pria asal Nusa Tenggara Timur ini juga merintis bisnisnya dengan penuh lika-liku. Biografi orang sukses dengan bisnis tas kulit ini juga cukup menarik. Sebelum menjadi seorang pengusaha sukses seperti sekarang, awalnya Sunny Kamengmau ini kabur dari rumah saat masih SMA. Ia memilih Bali sebagai tempat pelariannya.

Setibanya di Bali, ia pun bekerja sebagai tukang kebun di salah satu hotel yang di Bali. Kegigihannya membuat Sunny dipromosikan sebagai satpam setelah setahun bekerja. Bosan dengan pekerjaannya, Sunny mencoba mencari sesuatu tantangan yang lebih menarik.

Sunny kemudian mencoba untuk berbisnis tas kulit, tentu ada banyak lika-liku sebelum akhirnya sukses. Bukan Sunny namanya kalau gampang menyerah, berbagai model dan bentuk dibuat hingga membuat penjahit tas yang disewa Sunny putus asa.

Setidaknya perlu waktu 6 bulan untuk bisa membuat tas kulit yang cocok untuk pelanggan yang kala itu ditargetkan khusus untuk orang Jepang. Yang awalnya cuma mengerjakan pesanan 100 tas perbulan, kini omset dari penjualan tas kulit bisa mencapai Rp 10 miliar!

Itu tadi biografi orang sukses yang merintis karirnya benar-benar dari nol. Mengesankan bukan? Dari pengalaman mereka kamu bisa belajar bahwa kegagalan bukan akhir dari segalanya, tapi justru langkah awal menuju kesuksesan. Masalahnya, kamu berhenti berusaha dan putus asa atau mau berubah lebih baik dengan memperbaiki kesalahan? Semua keputusan ada di tangan kamu!

Related Articles

Leave a Reply