Begini Sejatinya Makna Move On, Tak Harus Melupakan!

Siapapun mungkin tak pernah terpikir jika hubungan yang dijalankan akan pupus di tengah jalan. Dan ketika hubungan tersebut berakhir, seseorang pasti ingin segera move on dan melupakan semua kenangan tentang mantan. Tapi yang terjadi justru banyak yang masih teringat mantan terus menerus bahkan semakin galau.

Ini sangat mungkin terjadi, terlebih banyak yang masih salah kaprah dengan makna move on sesungguhnya. Supaya bayangan mantan tidak terus-menerus menghantui dan bikin galau, pahami dulu maknanya berikut ini.

Move on Itu Berdamai dengan Masa Lalu

Masa lalu dengan mantan itu tidak perlu dilupakan. Banyak yang mengira ketika move on, ini berarti harus melupakan semua kenangan tentang mantan. Hal ini yang membuat kamu akan selalu gagal move on. Sebab, konsep utamanya bukan melupakan, tetapi berdamai dengan semua hal yang pernah terjadi bersama mantan.

Semuanya, baik kenangan manis dan juga pahit sekalipun harus bisa kamu pahami dan jadikan pembelajaran. Sehingga ketika teringat kembali, maka tak akan membangkitkan rasa sakit. 

Mencari Pengganti Mantan Bukan Solusi Terbaik 

Banyak yang menganggap jika move on akan lebih sukses jika sudah bisa bertemu dengan pengganti mantan yang tepat. Bagaimana kamu bisa menemukan pengganti kalau kamu berpikiran kekanak-kanakan seperti itu? Jangan-jangan pengganti yang baru cuma jadi pelarian saja buat kamu. Coba deh, pahami makna move lebih lagi!

Kembali lagi di poin awal, kamu harus bisa berdamai dengan masa lalu kamu. Pengganti bukan solusi tepat, apalagi jika kamu buru-buru atau bahkan cemburu melihat mantan sudah punya gandengan baru. Fokuslah dengan diri kamu sendiri lebih dulu, baru jika sudah siap, kamu bisa mencari pengganti yang baru.

Jangan Salahkan Orang Lain Kalau Kamu Susah Move On!

Move on
Source: Austin Guevara via pexels.com

Keinginan untuk move on itu bisa datang dari diri kamu sendiri jika ada niat dan usaha. Jadi jangan salahkan orang lain jika keinginan kamu untuk move on selalu gagal. Kalau mantan masih memberi perhatian, jangan jadikan ini alasan. 

Kalau kamu sudah punya niat dan tekad, apapun sikap mantan sama kamu, semua itu tidak akan membuat kamu terpengaruh. Lagipula kamu punya kuasa penuh atas hati dan perasaan kamu, jadi jangan salahkan orang lain. Fokuslah dengan diri kamu sendiri.

Bukan Ajang Balas Dendam 

Ada juga yang beranggapan jika balas dendam bisa jadi kunci sukses buat move on. Hanya orang-orang berpikiran sempit yang bisa memikirkan hal itu. Jika memang hubungan yang kamu jalin bersamanya tidak berhasil, ada baiknya mulailah fokus untuk mencintai diri. Dan bukan justru membuat orang lain tersakiti. 

Kapan bisa move on, kalau tiap hari berpikir soal balas dendam sama mantan? Ini artinya kamu gagal buat move on, gagal total! Meskipun dia yang ada di masa lalu kamu sudah bahagia dengan pasangan barunya, bukan berarti kamu harus mengusik ketenangannya. 

Apa hak kamu buat menyakiti orang lain? Daripada sibuk dengan masa lalu kamu, sibukan saja diri kamu dengan kegiatan yang lebih bermanfaat. Open your mind, guys!

Membuka Diri untuk Orang Lain 

Berbeda dengan mencari pelarian, tapi move on mengajak kamu membuka diri dan menerima orang baru tanpa membawa perasaan lama. Move on akan membawa kamu lebih terbuka dengan orang-orang baru dan tak  lagi terjebak dalam perasaan di masa lalu. 

Kenangan lama dengan mantan tidak untuk ditangisi apalagi diratapi berlarut-larut. Kamu bisa membuka lembaran baru yang lebih cerah dengan bertemu dengan banyak orang. Membuka diri untuk seseorang yang baru bisa membawa suasana baru dan menyuntikan semangat yang lebih positif. 

Maafkan Kesalahan Orang Lain dan Diri Sendiri 

Move on dengan memaafkan kesalahan orang lain
Source: Deden Dicky Ramadani

Ketika kamu memutuskan untuk move on, kamu harus bisa memaafkan mantan dan semua hal tentangnya. Kamu juga harus bisa memaafkan diri sendiri dan jangan malah terpuruk. Ketika kamu mampu memaafkan orang lain dan diri sendiri, kamu tidak akan lagi terjebak dalam perasaan yang pelik.

Karena memaafkan bisa menjadi obat menyembuhkan luka hati, dan kenangan pahit akan berangsur terlupakan dengan sendirinya. Dengan maaf, perlahan tapi pasti kemarahan dan luka yang tersimpan di hati akan menghilang.

Merelakan Memang Tidak Mudah Tapi Ini Jalannya

Ketika kamu gagal move on, satu hal yang pasti ialah kamu belum benar-benar merelakannya. Baik itu hubungan, kenangan atau apapun yang berhubungan dengan masa lalu kamu. Kalau kamu masih merasa demikian, ini tandanya kamu belum memahami makna move on sebenarnya. 

Karena move on berarti merelakan dan melepaskan semua hal yang pernah terjadi. Perasaan rela akan membuat kamu lebih ikhlas dan tidak merasa terbebani. Dan ketika teringat kenangan masa lalu, kamu tak lagi merasa sakit atau galau.

Move On Itu Belajar dari Masa Lalu

Ketika kamu sudah bisa mengambil pelajaran dari masa lalu dan menjadikannya sebagai acuan, itulah yang namanya move on. Siapa sih yang tak pernah punya masa lalu? Tapi cara kamu menyikapi masa lalu, bisa membuat kamu lebih baik. Bisa memilih pasangan yang baru dengan lebih jeli hingga tahu bagaimana menjaga sebuah hubungan. Move on akan memberi kamu pelajaran yang sangat berharga di masa depan.

Jangan sampai lupa, move on bukanlah melupakan. Karena jika kamu semakin berusaha ingin melupakan sesuatu, kamu justru akan terjebak masa lalu. Lepaskan dan relakan semua masa lalu kamu bareng mantan. Lantas, sudah siap buat move on belum? Jangan sampai jadi tambah galau ya!

Buat kamu yang belum tahu, kini ada produk nikotin inovatif yang bernama VELO. Produk kantong nikotin pertama di Indonesia ini ditujukan untuk kamu yang sudah 18 tahun ke atas dan pengguna produk yang mengandung nikotin. Bukan perempuan hamil atau menyusui, menawarkan cara baru menikmati nikotin yang lebih praktis, kapan saja dan dimana saja.

Tidak menimbulkan asap sehingga kamu tidak perlu khawatir akan mengganggu kenyamanan orang di sekitar. Bahkan di sela-sela aktivitasmu yang padat, kamu tetap bisa bebas menikmati kantong nikotin ini.

Tersedia dalam kemasan praktis. Kamu cukup menyelipkan kantong nikotin VELO di antara bibir dan gusi atas, lalu biarkan sensasinya terasa antara 20 – 30 menit. Menarik bukan?

Related Articles

Leave a Reply