Bartender Job Description: 6 Tugas Paling Penting Untuk Seorang Bartender

Bartending termasuk salah satu pekerjaan dengan penghasilan tertinggi di industri F&B dunia. Di Indonesia—terutama di Bali dan daerah-daerah wisata lainnya, seorang bartender bisa menghasilkan hingga puluhan juta Rupiah.

Walaupun begitu, besarnya penghasilan bartender tergantung dari pengalaman, kualitas pekerjaan, dan tempatnya bekerja. Kreativitas dan keahlian-keahlian lainnya juga akan mempengaruhi “nilai jual” seorang bartender.

Sebelum menghasilkan nominal fantastis, bartender biasanya akan melewati berbagai proses terlebih dahulu, terutama untuk bartender junior. Semuanya kembali pada kualitas kerja dan portofolio yang dimiliki.

Bartender Job Description

Ada beberapa cara untuk meningkatkan kualitas diri bagi seorang bartender, terutama yang berkaitan dengan tugas-tugas paling penting. Berikut 6 bartender job description yang harus dikuasai dengan baik:

1. Customer Service

Bartender Job Description
Source: Khanh Tu Nguyen Huy via Unsplash

Jangan salah, bartender job description yang harus dikuasai pertama kali bukanlah meracik resep minuman mahal dari bahan-bahan seadanya, tapi pelayanan.

Seorang bartender bertanggung jawab untuk melayani seluruh pelanggan di bar. Pelayanan tersebut terbagi menjadi dua; fleksibilitas dan rekomendasi.

Fleksibilitas artinya mampu memberikan sesuatu yang sesuai dengan preferensi pelanggan, walaupun hal itu tidak tercantum di dalam menu.

Sedangkan rekomendasi berarti sebaliknya, ada kalanya seorang pelanggan bingung menentukan pilihan.

Buatlah penawaran yang sekiranya bisa membuat pelanggan tersebut tertarik dan puas. Bartender job description ini membutuhkan kemampuan prediksi yang baik.

2. Membuat dan Menyajikan Minuman dengan Baik

bartender job description
Source: QUENTIN Mahe via Unsplash

Setelah mengerti cara melayani pelanggan dengan baik, barulah kita fokus pada tugas utama bartender.

Mencampur dan mengolah bahan-bahan minuman—baik yang beralkohol atau tidak, terbagi menjadi dua level; yang pertama adalah pengetahuan tentang cocktail klasik, yang kedua bereksperimen dengan bahan-bahan dasar dan membuat cocktail original.

Selain itu, bartender juga harus tahu cara menyajikan minuman dengan cara yang tepat.

3. Menjaga Kebersihan Area Kerja

bartender job description
Source: 丁亦然 via Unsplash

Salah satu kriteria untuk menjadi bartender profesional adalah soal ketelitian, termasuk teliti dalam menjaga area kerja tetap rapi dan bersih. Lingkungan bar yang tidak diatur akan sangat mengganggu pekerjaan bartender. Cukup beri perhatian khusus pada area tempat kerja, dan biarkan sisanya dikerjakan pelayan dan barback.

4. Menangani Proses Pembayaran

Source: Sharon McCutcheon via Unsplash

Bartender job description yang satu ini masih berhubungan dengan ketelitian. Untuk bisnis eceran seperti apapun—termasuk bar, proses pembayaran harus dilakukan dengan cermat dan teliti.

Lebih dari itu, proses pembayaran juga sebisa mungkin dilakukan dengan cepat. Cobalah untuk mempelajari dasar-dasar akuntansi, karena hal ini akan sangat membantu.

5. Manajemen Inventaris

Source: The Distiller Blog

Inventaris adalah suatu kegiatan pencatatan aset atau barang-barang, sekaligus pengelolaan data aset yang dimiliki organisasi/perusahaan secara profesional demi kelancaran operasionalnya.

Secara teknis, tugas ini sebenarnya merupakan tanggung jawab manajer. Tapi, bartender juga sering terlibat langsung dalam mengelola inventaris bar.

Sebagian peralatan dan suplai bahan hanya digunakan oleh bartender terkait tugas pokoknya. Itu artinya, bartender jauh lebih mengerti tentang kondisi inventaris di bar.

6. Merancang Menu 

Source: DesignCrowd

Bartender job description yang satu ini masih berkaitan dengan manajemen inventaris. Bartender yang terlibat langsung dalam manajemen inventaris akan lebih memahami berapa modal yang harus dikeluarkan untuk setiap minuman yang disajikan.

Menu bisa menjadi senjata ampuh untuk meningkatkan profit. Seorang bartender bisa merancang menu untuk menjadikan minuman yang paling menguntungkan menjadi menu populer. Ini dilakukan dengan memanfaatkan cara orang berinteraksi ketika pertama kali melihat daftar menu.

Nah, itulah 6 bartender job description paling penting yang harus dikuasai bartender. Simak juga informasi menarik lainnya dalam update artikel selanjutnya bersama VELO! Kantong nikotin bebas tembakau pertama di Indonesia yang bisa dinikmati kapan saja, tanpa asap, tanpa mengganggu orang disekitar!

Tersedia dalam aneka varian rasa unik seperti Berry Frost, Tropic Mix, Polar Mint, dan Ruby Berry. Produk nikotin ini dikhususkan untuk pengguna berusia 18 tahun ke atas, tidak sedang hamil atau menyusui, dan bisa menyebabkan kecanduan.

Henki Taher
For the last few years, Hengky living as a digital nomad and currently settled in Denpasar. As a writer, he is interested in a certain topic such as pseudoscience, culture, art, and lifestyle.

Related Articles

Leave a Reply