Bahasa Tertua Di Dunia Ini Masih Sering Digunakan!

Pernahkah kamu berfikir bagaimana hidup di zaman yang menggunakan bahasa kuno? Tentu saja hal itu telah dilewati oleh kakek nenek kita jauh sebelum kita lahir dan menikmati pesatnya teknologi saat ini.

Pada abad ke 21 semua tidak terlepas dari internet, bahkan kita kerap kebingungan bagaimana cara berkomunikasi tanpa wi-fi. Akan tetapi, jika kita mundur ke ratusan tahun yang lalu saat media berkomunikasi belum ditemukan lewat internet atau berbicara secara langsung.

Nenek moyang kita berkomunikasi melewati gerakan dan tulisan. Sulit untuk membayangkan bagaimana menjalani masa-masa itu, ya. Setelah semakin cepatnya peradaban, bahasa menjadi media berkomunikasi paling tepat.

Setidaknya ada sekitar 7000 bahasa di seluruh dunia, yang tersebar ke berbagai negara, diikuti oleh perkembangan adat istiadat dan budaya masing-masing. Di Antara ribuan bahasa tersebut.

Ternyata ada 6 bahasa tertua yang telah digunakan sejak ratusan tahun yang lalu, dan masih menjadi media berkomunikasi hingga saat ini.

Penasaran apa saja bahasa tertua di dunia yang dapat bertahan dari pesatnya teknologi? Simak penjelasannya berikut ini.

Bahasa Latin

Seperti yang kita tahu, ada banyak bahasa di dunia bukan? Ternyata, hal ini membuat para ilmuwan sulit mencari tahu mana yang tertua. Akan tetapi, pada tahun 1975, ilmuwan telah menetapkan bahasa Latin sebagai bahasa tertua sejak zaman Romawi.

Bahasa Latin merupakan asal usul dari bahasa Spanyol, Perancis, Portugis, dan Italia. Namun, hal ini tidak menjadikan bahasa Latin sebagai bahasa sehari-hari, bahkan dianggap sebagai bahasa mati yang hanya digunakan dalam pada ilmu pengetahuan, area teknis, terminologi spesies, dan taksonomi pengklasifikasian spesies. 

Bahasa yang dianggap terlalu rumit jika digunakan sebagai bahasa sehari-hari karena tidak memiliki standarisasi penglafalan dan tidak menjadi media berkomunikasi sejak abad ke-16.

Bahasa Yunani Jadi Bahasa Tertua di Dunia

Cara komunikasi yang bertahan selama ratusan tahun diperkirakan sudah digunakan sejak tahun 3000 SM. Penemuan Linear B Script membuktikan fakta tersebut, aksara silabis yang digunakan sebagai bentuk awal dari Bahasa Yunani.

Skrip Linear B ditemukan di daerah Knossos, Philos, dan Mikene, penemuan ini mengungkapkan kalau skrip ini ditulis di abad 1450 SM. 

Seiring berjalannya waktu, bahasa Yunani mengalami beberapa kali evolusi sampai bahasa Yunani modern digunakan sebagai bahasa resmi Yunani dan Siprus yang telah dituturkan oleh 15 juta penduduk di dunia dan telah menjadi bahasa resmi Uni Eropa dan PBB.

Bahasa Tionghoa

Negara lain yang memiliki bahasa tertua di dunia ada di Asia, yaitu di negara China. Bahasa yang telah digunakan pada tahun yang sama dengan bahasa Yunani ini telah berkembang sejak 3000 SM.

Penemuan catatan tertua di China yang ditemukan di kota Yanxu ini ditulis pada tahun 1250 SM di era dinasti Shang.

Saat ini, bahasa China masih digunakan di seluruh dunia dengan beberapa variasi seperti Mandarin, kantonis, dan Hokkien. China juga menjadi bahasa resmi PBB.

Bahasa Tertua di Dunia dari Ibrani

Ibrani yang telah digunakan selama 5000 tahun terakhir ini diketahui setelah ditemukan peninggalan tertulis yang membuktikan bahasa Ibrani telah menjadi media berkomunikasi sejak 1000 SM.

Sebagai cabang rumpun bahasa Afro – Asia, bahasa Ibrani masih digunakan hingga sekarang. Walaupun telah memiliki beberapa evolusi bahasa, penutur bahasa ini berjumlah sekitar sembilan juta orang di seluruh dunia.

Dari sekian banyak bahasa yang berkembang di seluruh dunia, ternyata hanya ada beberapa bahasa saja yang bertahan dan terus digunakan hingga sekarang. Jadi, bahasa tertua mana yang ingin kalian kuasai?

Frista Kurniasari
Talented professional good multitasking, organizational and verbal and written communication skills. Expertise includes writing content on topics such as Lifestyle, Humanity, Education and Travel.

Related Articles

Leave a Reply