Baby Boomers VS Millennials: Perbedaan dan Kebiasaan!

Baby boomers vs millennials? Generasi mana yang paling baik?

0
250
baby boomers vs millennials
Fauxels via Pexels

Perdebatan antara generasi baby boomers vs millennials baru-baru ini ramai diperbincangkan warganet sosial media. Berita-berita yang beredar cukup membuat jengah karena pernyataan mengenai siapa yang bertanggung jawab atas masalah keuangan, sosial, dan lingkungan yang sedang millennial hadapi saat ini.

Generasi millennial menyalahkan generasi baby boomer atas masalah tersebut, millennial menganggap bahwa baby boomer dapat menanggulangi masalah itu lebih awal maka millennial tidak perlu menanggung semua masalah itu pada generasinya.

Buat yang belum tau siapa itu generasi millennial, mereka adalah salah satu dari deretan generasi yang lebih muda. Mereka yang lahir antara tahun 1981 hingga 1996 dikelompokan sebagai milenial atau generasi Y. Saat ini, mereka berumur antara 23 hingga 38 tahun. Salah satu alasan mengapa millennial menyalahkan baby boomer karena generasi Boomer adalah orang tua mereka, yang kini berumur 56 hingga 76 tahun.

Jelas ada garis tebal antara milenial dan baby boomers, karena ada hubungan antara orang tua dan anak yang sebenarnya tidak patut untuk diperdebatkan. Generasi millennial telah dilewati oleh generasi X, setelah baby boomer sehingga masalah-masalah sosial yang saat ini terjadi, tentu bukan sepenuhnya salah orang tua mereka, baik cara mendidik atau menjelaskan situasi. 

Agar lebih memahami garis tebal yang membedakan generasi millennial dan baby boomer dari sudut pandang pekerjaan, simak penjelasannya berikut ini:

Perbedaan Antara Baby Boomers vs Millennials

1. Loyal

Kamu tahu tidak, kalau generasi baby boomer itu sangat setia dengan perusahaan tempat mereka bekerja? Baby Boomer bakal melakukan usaha apapun demi pekerjaannya. Sedangkan millennial lebih setia dengan apa yang sedang mereka kerjakan saat itu. Karena kesetiaannya pada perusahaan, maka baby boomers rentan berpindah-pindah, kebalikannya dengan millennial yang dapat berpindah-pindah tempat bekerja. Millennial dilabeli “bouncing around” yang diperkirakan dapat berpindah tempat untuk mengejar peluang kerja yang lebih baik kurang dari tiga tahun.

2. Lokasi Kerja

Millennial terbiasa bekerja dari mana saja, seperti dari café, rumah, atau di mana saja yang dapat mengakses wifi secara gratis. Gaya bekerja yang memiliki waktu sedikit di kantor tampaknya sudah menjadi “style” millennial. Generasi ini dimudahkan oleh teknologi, mandiri, dan fleksibel terhadap jadwal kerja mereka.

Sedangkan generasi baby boomer lebih suka bekerja di lokasi. Mereka lebih menghargai komunikasi tatap muka dan hal itu dianggap sebagai bagian dari profesionalitas bekerja.

3. Bekerja Sama Dengan Orang Lain

Generasi baby boomer menyukai bekerja sama dengan tim, mereka berhasil melakukan itu karena komunikasi yang ekstensif dengan rekan kerja.

Hal ini bukanlah sebuah patokan bahwa millennial tidak bisa bekerja sama dengan tim, walaupun memang seringkali millennial bersikap individualistis dan lebih suka bekerja sendiri.

4. Mentorship

Sebagai generasi yang sudah memasuki umur pensiun, baby boomer cenderung ingin memimpin dan memberikan bimbingan di tempat kerja.

Namun, ini akan agak sedikit berbeda dengan Boomer yang hendak memulai karir, mereka seringkali tidak membutuhkan bimbingan dan lebih memilih bekerja secara mandiri. Berbeda dengan millennial yang membutuhkan bimbingan dan feedback dari rekan atau atasan yang profesional mengenai pekerjaan mereka. 

5. Kontribusi

Generasi baby boomer memiliki keyakinan yang kuat bahwa memiliki pengalaman yang banyak dapat menjadikan pekerjaan mereka mendapatkan reward, seperti naik jabatan.

Sedangkan generasi millennial juga memiliki pemikiran yang sedikit berbeda bahwa fokus pada pekerjaan dapat memberikan kontribusi signifikan pada perusahaan. Tanpa memandang usia atau pengalaman yang relevan dengan pekerjaan.

Setelah mengetahui beberapa perbedaan di tempat kerja antara milenial dan baby boomer, kini kalian tau perbedaan baik dan buruknya generasi mereka yang akan membedakan antar generasi.

Leave a Reply