Arung Jeram Sukabumi di Sungai Citarik, Sensasi Menegangkan dengan Pemandangan Cantik

Sungai Citarik dikenal sebagai salah satu lokasi arung jeram Sukabumi terbaik yang sangat direkomendasikan. Selain karena arusnya yang menantang, sungai ini juga dikelilingi oleh panorama alam Jawa Barat yang cantik. Sayang sekali jika dilewatkan!

Ada berbagai pilihan jarak tempuh yang bisa kamu coba, mulai dari jarak terpendek 5 km hingga jarak jauh sepanjang 17 km. Semua akomodasi dan fasilitasnya bisa didapatkan dengan membeli paket rafting yang telah disediakan berbagai operator disana.

Jika kamu ingin menghabiskan waktu liburan di tempat seru dan penuh tantangan, arung jeram Sungai Citarik bisa dijadikan referensi yang paling cocok.

Arung Jeram Sukabumi di Sungai Citarik

Arung Jeram Sukabumi
Source: Talenta Outbound/FOTO doc

Sungai Citarik yang berlokasi di Kecamatan Cikidang, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, memiliki tingkat kesulitan rata-rata di grade 3 sampai 5 (intermediate).

Dengan kehadiran pemandu dan operator rafting yang selalu siap membimbing, sungai ini tetap aman bagi pemula yang ingin merasakan serunya arung jeram.

Selain itu, disini juga ada banyak permainan lainnya seperti flying fox, team building, paintball, dan lain-lain. Sungai ini mempunyai keunggulan lebih dibandingkan dengan sungai-sungai yang ada di Tanah Air lainnya.

Sungai Citarik memiliki debit air stabil, air yang bersih, dan arus yang relatif stabil sepanjang tahun. Jeram dan bebatuan di sungai ini pun cukup banyak dengan tingkat kesulitan yang beragam.

Selain itu, rutenya pengarungan di Sungai Citarik sudah memenuhi standar Federasi Arung Jeram Internasional atau International Rafting Federation (IRF).

Dalam berarung jeram peserta akan dipandu oleh guide-guide yang berpengalaman, menggunakan fasilitas peralatan yang berstandar internasional.

arung jeram sukabumi
Source: Alidesta Adventure

Peserta akan didampingi oleh rescue team yang akan selalu siap siaga jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan selama pengarungan. Bahkan, setiap peserta arung jeram akan diberikan perlindungan asuransi.

Dengan segala kelebihan yang dimilikinya membuat Sungai Citarik dijadikan tuan rumah lokasi kejuaraan dunia arung jeram (World Rafting Championship) pada tahun 2015. 

Biasanya Sungai Citarik sering digunakan untuk kegiatan rekreasi perusahaan karena sifatnya yang membangun kerja sama tim. Namun, bagi Anda yang ingin datang dengan sedikit orang tak usah khawatir.

Pengunjung sungai ini cukup banyak sehingga Anda dapat bermain dengan orang lain secara beramai-ramai.  

Panjang rute bermain arung jeram di Sungai Citarik rata-rata habis ditempuh selama 4 jam. Titik start berada di Desa Cigelong dan berakhir di Desa Citangkolo atau Desa Cikadu.

Sepanjang pengarungan di Sungai Citarik, suguhan pemandangan hijau akan menjadi atraksi penghibur di sela-sela histeria rombongan. 

Sungai Citarik mempunyai puluhan jeram yang terbagi dalam enam kelas, yaitu: class VI (extreme), class V (expert), class IV (advance), class III (intermediate), class II (novice), dan class I (easy).

Source: java holidays

Arung jeram adalah kegiatan yang mengasyikkan sekaligus menegangkan. Ada banyak manfaat dari aktivitas ini.

Arung jeram dapat melatih kapasitas jantung dan paru-paru, kekuatan dan daya tahan otot, serta fleksibilitas sendi bahu dan pinggang.

Selain bermanfaat, arung jeram nyatanya memang mengasyikan karena Anda akan dibawa pada situasi penuh ketegangan dan keseruan. Diyakini bagi Anda yang tertekan akibat rutinitas pekerjaan maka rafting adalah obat mujarabnya.

Fasilitas yang ada di sana juga sangat mendukung, dari mulai penginapan, rumah makan hingga toko cenderamata.

Akses menuju ke lokasi pun tidak sulit, jalan raya tergolong cukup bagus dan besar meskipun berkelok-kelok melewati lembah-lembah dan perkebunan kelapa sawit.

Adapun akses menuju Citarik jika menggunakan kendaraan pribadi, kamu bisa menempuh jalur Bogor-Cicurug-Parungkuda-Cikidang.

Jika berasal dari arah Bogor/Jakarta, gunakan arah kiri sesampainya di pertigaan jalur alternatif Pelabuhan Ratu, tepat di depan polsek Laka Lantas Cikidang.

Demikianlah informasi arung jeram Sukabumi di Sungai Citarik. Mau tahu rekomendasi seputar arung jeram yang tidak kalah seru dan menantang? Simak dalam artikel selanjutnya bersama VELO!

VELO adalah kantong nikotin pertama di Indonesia yang ditujukan untuk kamu yang sudah 18 tahun ke atas dan pengguna produk yang mengandung nikotin, bukan perempuan hamil atau menyusui, menawarkan cara baru menikmati nikotin yang lebih praktis, kapan saja dan dimana saja.

Tidak menimbulkan asap sehingga kamu tidak perlu khawatir akan mengganggu kenyamanan orang di sekitar. Bahkan di sela-sela aktivitasmu yang padat, kamu tetap bisa bebas menikmati kantong nikotin ini.

Hengky
For the last few years, Hengky living as a digital nomad and currently settled in Denpasar. As a writer, he is interested in a certain topic such as pseudoscience, culture, art, and lifestyle.

Related Articles

Leave a Reply