Arung Jeram Magelang di Sungai Elo, Aman Buat Pemula!

Selain Candi Borobudur yang memang sudah terkenal secara internasional, Kabupaten Magelang memiliki banyak wisata alam. Salah satu yang cukup populer adalah arung jeram Magelang di Sungai Elo.

Selain penuh tantangan, pemandangan di sekitar track arung jeram Sungai Elo cukup menarik. Merasakan serunya terhempas ombak saat rafting dengan arahan operator yang handal bisa menjadi pilihan menarik memacu adrenalin!

Arung Jeram Magelang di Sungai Elo

Arung Jeram Magelang
Source: Klook/FOTO

Sungai Elo memang bukan sekadar aliran air hampa yang tidak memiliki kehidupan. Bahkan, tiap meternya memiliki aktivitas seru yang dapat memanjakan dahaga para wisatawan untuk bertualang.

Sejak dulu, sungai sepanjang 12 kilometer itu memang sudah dimanfaatkan masyarakat sekitar untuk berbagai kegiatan. Mulai dari mandi, cuci, kakus, memancing, sampai wisata petualangan seperti arung jeram.

Memiliki setidaknya lima jeram, pengunjung yang ingin menikmati serunya arung jeram memang harus datang berkelompok. Perahu yang digunakan cukup diisi enam orang ditambah satu pemandu.

Sejumlah operator rafting telah menyediakan berbagai pilihan paket sehingga pengunjung tidak direpotkan. Jasa tersebut mulai dari perahu, jasa pemandu, tempat bilas, tempat beristirahat, angkutan umum sampai makan telah diatur.

Harga berkisar Rp 700-800 ribu untuk setiap perahu yang berisikan enam penumpang. Titik kumpul awal tempat membawa peralatan berada di Desa Mendut, dan perjalanan akan berakhir di Desa Blondo.

Dari Desa Mendut, biasanya telah disediakan angkutan umum yang membawa peserta, peralatan seperti rompi, helm dan kayuh sampai perahu. Perahu biasanya dibawa dengan diikat di atas kendaraan. Sesampainya di titik awal, peserta diberikan penjelasan oleh pemandu sekaligus instruktur arung jeram, mulai dari cara mendayung, sampai cara-cara menyelamatkan teman yang tercebur ke sungai.

Daya Tarik Sungai Elo

Source: Berlibur.co.id/FOTO

Sungai Elo terletak di Kabupaten Magelang, sekitar 45 menit dari kota Yogyakarta. Hulu air Sungai Elo berasal dari Gunung Merbabu. Dengan jarak pengarungan sekitar 12 kilometer, rafting di Sungai Elo memiliki tingkat kesulitan yang cukup rendah (tingkat II-III), sehingga cocok dan aman untuk pemula.

Dengan tingkat kesulitan yang cukup rendah ini, arung jeram Magelang di Sungai Elo sangat cocok untuk jadi pilihan kegiatan seru bersama teman-teman, bahkan untuk liburan kantor dan acara rekreasi keluarga.

Wisata air yang seru dan memacu adrenalin

Arung jeram Magelang yang memakan waktu hingga 3 jam ini akan membuat kita merasakan serunya sensasi terhempas ombak di dalam perahu karet, ditemani oleh pemandu-pemandu arung jeram yang profesional tentunya.

Aman untuk pemula

Dengan karakter aliran sungai dan banjir relatif stabil dan aman (bahkan di musim hujan), dan ditemani oleh pemandu arung jeram yg profesional, membuat rafting di Sungai Elo relatif aman untuk pemula.

Tidak harus memiliki kemampuan khusus rafting

Untuk menikmati rafting di Sungai Elo ini tidak perlu memiliki keahlian khusus. Peserta akan dipandu dengan baik selama menyusuri aliran Sungai Elo.

Track strategis melewati candi-candi

Sepanjang perjalanan, pemandu akan memberikan penjelasan dari tempat-tempat yang ada di sekitaran sungai, bangunan-bangunan yang ada hingga kisah sejarah. Sungai Elo juga berada dekat dengan candi-candi.

Candi Borobudur dan Candi Mendut lokasinya cukup dekat Sungai Elo. Bahkan, salah satu alirannya berada tepat di belakang kompleks Candi Mendut. Banyak cerita yang akan kita didapatkan sepanjang perjalanan.

Jangan lewatkan informasi menarik seputar rekomendasi arung jeram lainnya dalam update artikel selanjutnya bersama VELO!

VELO adalah kantong nikotin pertama di Indonesia yang ditujukan untuk kamu yang sudah 18 tahun ke atas dan pengguna produk yang mengandung nikotin, bukan perempuan hamil atau menyusui, menawarkan cara baru menikmati nikotin yang lebih praktis, kapan saja dan dimana saja.

Tidak menimbulkan asap sehingga kamu tidak perlu khawatir akan mengganggu kenyamanan orang di sekitar. Bahkan di sela-sela aktivitasmu yang padat, kamu tetap bisa bebas menikmati kantong nikotin ini.

Henki Taher
For the last few years, Hengky living as a digital nomad and currently settled in Denpasar. As a writer, he is interested in a certain topic such as pseudoscience, culture, art, and lifestyle.

Related Articles

Leave a Reply