Anti-Mainstream, 7 Ragam Wisata Bali Bak Surga Dunia

Membahas daya tarik wisata Bali tentu tidak akan ada habisnya. Pulau Dewata di sisi selatan Indonesia ini selalu menjadi destinasi yang ingin dikunjungi para turis, baik dari dalam negeri maupun mancanegara.

Bali menyediakan ragam wisata yang mampu memenuhi kebutuhan semua orang. Mulai dari pemandangan pantai yang bersih, berselancar di antara ombak ganas, kehidupan malam di tengah kota, hingga wisata alam yang ramah lingkungan semua ada. Padatnya wisatawan yang berkunjung ke Bali kadang membuat kita sulit untuk mencari tempat yang sepi dan tenang.

Untungnya, masih banyak kok wisata Bali yang belum dikenal banyak orang dan punya pemandangan yang nggak kalah ciamik dengan destinasi lain yang sudah tersohor. Cocok banget nih buat kamu yang tidak mau berkunjung ke tempat ramai. Yuk, simak daftarnya berikut ini.

  1. Puncak Danau Buyan Wanagiri

Terletak di kawasan Bedugul, Puncak Danau Buyan adalah tempat yang sangat menantang. Dari atas pohon, kamu akan melihat pemandangan danau yang sangat indah. Bahkan kalau berani, kamu bisa mencoba ayunan yang digantungkan di sebuah pohon tua besar.

Untuk mencapai puncak pohon, kamu bisa menaiki tangga alami yang sudah disediakan. Tetapi tentu butuh perjuangan. Selain ayunan yang memacu adrenalin, di kawasan ini juga ada spot foto instagrammable yang sayang dilewatkan, yaitu deck bambu dengan pemandangan yang kece parah.

  1. Bukit Guungan

Wisata Bali anti-mainstream kedua adalah Bukit Guungan yang berlokasi di Candidasa, Karangasem. Jaraknya hanya 1.5 jam saja dari Denpasar tanpa macet. Candidasa memang sangat terkenal dengan wisata pantainya, namun kamu juga wajib mengunjungi Bukit Guungan untuk melihat pemandangan dari ketinggian. Dari atas bukit, kamu bisa melihat seluruh kota Candidasa dan hamparan laut biru yang sangat luas. Karena tempat ini tidak terlalu ramai, kamu bisa mendapatkan foto estetik dengan latar belakang tropikal. Ingin lebih dari sekedar jalan-jalan atau berfoto? Bukit Guungan juga menjadi starting point untuk paragliding lho!

  1. Bukit Putung

Buat kamu yang lebih suka melihat pemandangan hijau, Bukit Putung bisa jadi alternatif destinasi yang tepat. Tempat yang sangat ikonik dari Bukit Putung adalah gazebo kecil bergaya tradisional Bali di atas bukit yang bisa kamu singgahi sambil melihat indahnya pemandangan jauh di bawah.

Suasana yang tenang serta pertemuan antara hijaunya hutan, dalamnya lautan, dan langit biru akan meredakan semua stres yang kamu rasakan karena padatnya aktivitas. Saking indahnya kawasan ini, seorang pelukis Italia pernah mengabadikannya dalam sebuah lukisan.

Bukit Putung terletak di Desa Selat, Kabupaten Karangasem.

  1. Desa Temukus

Temukus, desa yang sunyi di Bali Timur ini punya banyak ladang bunga yang indah. Salah satu yang paling terkenal adalah ladang bunga Marigold yang terhampar luas dan sering dijadikan sebagai objek untuk berfoto.

Ladang bunga ini ditanam dan dirawat sendiri oleh penduduk setempat, karena konon bunga Marigold sering digunakan dalam ritual keagamaan di Bali. Kalau kamu ingin masuk ke ladang, jangan lupa izin dulu pada pihak berwenang setempat ya!

Selain ladang Marigold, kamu juga bisa mengunjungi ladang bunga Edelweiss yang dikenal sebagai bunga abadi. Waktu terbaik untuk mengunjungi kedua ladang bunga ini adalah sebelum waktu panen tiba, dimana bunga sedang berada dalam puncak mekarnya.

  1. Tukad Melangit

Satu lagi nih tempat wisata Bali buat para pemburu foto estetik di Instagram. Tukad Melangit adalah sebuah lembah dengan pemandangan spektakuler yang terletak di kawasan Banjar Antungan, Jehem, Kabupaten Bangli.

Perpaduan hijaunya hutan bertemu dengan langit biru membawa sensasi ketenangan yang tidak bisa kamu temukan di perkotaan. Banyak juga spot foto menarik yang bisa kamu datangi di sini. Seperti deck bambu di puncak lembah yang akan membuat feed Instagram-mu makin keren!

  1. Bukit Belong

Lautan biru di Bali sudah biasa, tapi bagaimana dengan lautan hijau yang penuh dengan rumput gajah setinggi manusia? Ini bisa kamu temukan di Bukit Belong di Desa Gunaksa. Ladang rerumputan yang hijau terang terlihat sangat kontras dengan warna langit yang biru cerah. Bayangkan deh jika kamu berjalan di tengah-tengahnya, lalu mengabadikan momen tersebut dalam sebuah foto.

Selain padang rumput, kamu juga bisa mengunjungi puncak bukit yang lengkap dengan pemandangan hamparan sawah luas di bawahnya. Untuk bisa mencapai tempat ini, kamu harus mendaki bukit setidaknya sejauh 150 meter.

  1. Rumah Pohon Batu Molenteng

Wisata Bali Rumah Pohon Batu Molenteng terletak di jantung Nusa Penida dengan pemandangan Pantai Atuh di bawahnya. Rumah pohon nan cantik ini adalah objek wisata buatan yang menyuguhkan pesona alam Bali secara dramatis.

Kamu tidak hanya bisa melihat Pantau Atuh, tetapi juga pulau-pulau kecil di sekelilingnya yang sangat mirip dengan Raja Ampat. Belum lagi tebing dan bukit yang membungkus Pantai Atuh dengan sangat indahnya. Cobain piknik disini yuk!

Bonus: Taman Tukad Korea

Kamu yang suka nonton drama Korea pasti nggak asing dengan Sungai Cheonggyecheon dengan tamannya yang sangat romantis itu. Nggak perlu jauh-jauh ke sana, kamu bisa datang ke Taman Tukad Korea di Denpasar.

Meski taman ini ramai dikunjungi orang, kamu wajib menilik keindahannya di malam hari. Lampu-lampu kuning yang menghiasi taman terlihat menjadikan taman ini tempat yang cocok untuk bersantai bersama sahabat atau pasangan. Taman Tukad ini sangat viral hingga Presiden Jokowi ikut berkunjung ke sini!


Wisata yang ada di Bali hampir seluruhnya berada di alam bebas yang masih asri. Meski tidak ada peraturan tertulis, namun merokok di alam terbuka dengan banyak pengunjung bisa menyebabkan ketidaknyamanan untuk orang lain. VELO, kantong nikotin pertama di Indonesia, buat kamu yang sudah berusia 18 tahun ke atas dan pengguna produk yang mengandung nikotin, bukan perempuan hamil atau menyusui, menawarkan cara baru menikmati sensasi nikotin tanpa menyebabkan polusi. Sensasi kesegarannya bisa dinikmati selama 20 sampai 30 menit di sela-sela aktivitas, di manapun kamu berada.

Indah Ariviani
Indah is an experienced writer specializes in lifestyle, design, and finance, who occasionally lost in her imaginations.

Related Articles

Leave a Reply