10 Alat Panjat Tebing yang Wajib Dimiliki Beserta Fungsinya

Panjat tebing merupakan salah satu olahraga alam bebas yang masih termasuk aktivitas mendaki gunung. Ada kalanya mendaki gunung tidak hanya dilakukan dengan berjalan kaki, tetapi harus menggunakan teknik dan alat panjat tebing untuk melalui medan khusus. Jalur pendakian yang dimaksud umumnya terdapat di daerah yang berkontur bebatuan curam.

Panjat tebing merupakan olahraga outdoor yang cukup extrim dan bisa mengancam nyawa jika melakukan kesalahan, terutama yang berkaitan dengan prosedur keamanan. Pengetahuan tentang alat panjat tebing beserta fungsinya perlu diketahui terlebih dahulu sebelum kita mencoba olahraga ini.

Alat Panjat Tebing

Alat panjat tebing terbagi dalam 2 kategori peralatan, yaitu peralatan non logam dan peralatan logam. Peralatan non logam umumnya terbuat dari bahan serat sintetis seperti nilon 6 atau spectra, beberapa diantaranya yaitu harness, sling, flootloop, chalk bag, protector.

Sementara peralatan logam dibagi berdasarkan bahan bakunya, mulai dari peralatan yang dibuat dari besi basa seperti piton maillon rapide hingga logam campuran seperti aluminium alloy.

Berikut 10 alat panjat tebing yang wajib dimiliki beserta penjelasan fungsinya:

1. Sepatu Panjat

Alat Panjat Tebing
Source: alatpanjattebing.com/FOTO

Sebagai alas untuk memanjat, sepatu ini mempunyai daya lekat yang sangat tinggi untuk menahan pijakan kaki di permukaan tebing. Ada dua jenis sepatu panjat, yaitu sepatu lentur dan sepatu keras. Selain sebagai alas, sepatu panjat juga berfungsi sebagai pengaman saat memanjat agar kaki tidak sakit saat menginjak atau berpijak pada point atau tonjolan tajam.

2. Karmantel

Source: Switchback Travel

Karmantel atau tali pengaman berfungsi untuk melindungi pemanjat dari resiko freefall atau jatuh menghantam tanah. Tali pengaman ini memiliki beberapa jenis, mulai dari tali serat alam, hawser laid, core, dan sheat rope. Ada karmantel yang bersifat elastis dan ada pula yang dinamis.

3. Harness

alat panjat tebing
Source: Black Diamond

Alat panjat tebing harness berfungsi untuk mengamankan tubuh pemanjat yang dihubungkan dengan tali melalui pengaman khusus dan juga untuk mengurangi rasa sakit ketika memanjat. Harnes ini dibagi menjadi beberapa jenis, seperti full body harness, seat harness, dan chest harness.

4. Chalk Bag

alat panjat tebing
Source: Edelrid/FOTO

Chalk Bag berfungsi sebagai tempat penyimpanan magnesium (tepung pengering). Magnesium yang digunakan pemanjat berupa serbuk putih halus seperti tepung untuk melumasi tangan agar tidak licin.

5. Carabiner

alat panjat tebing
Source: The Dyrt

Carabiner atau cincin kait berfungsi sebagai alat bantu khusus untuk menyambungkan berbagai alat panjat tebing. Dengan menggunakan carabiner, pemanjat akan lebih mudah melepas dan memasang peralatan yang terhubung. Ada berbagai macam carabiner yang dibedakan menurut jenis dan fungsinya, seperti carabiner oval, delta, screw (ulir), non screw, dan snap.

6. Mailon Rapid

Source: Sécurité Landry/FOTO

Mailon Rapid memiliki fungsi yang sama dengan carabiner. Alat ini terbuat dari aluminium alloy dan terdapat beberapa jenis berbeda seperti oval, delta, dan half moon atau semi circular.

7. Ascender

Source: Black Diamond

Ascender merupakan alat panjat tebing mekanik yang sering digunakan untuk lintasan tali. Peralatan ini dibagi menjadi 2 jenis, yaitu; handled ascender dan Non Handled Ascender.

8. Descender

Source: Webb-Rite Safety/FOTO

Alat panjat tebing ini berfungsi menahan laju pemanjat ketika menuruni tebing dengan tali. Descender dibagi menjadi dua macam berdasarkan cara kerjanya, yaitu descender otomatis dan manual.

9. Helm

Source: GearJunkie

Bagian tubuh yang paling membutuhkan perlindungan adalah kepala, sehingga pemanjat perlu memakai helm khusus. Helm akan melindungi kepala dari benturan jika tergelincir serta bebatuan tebing yang berjatuhan dari atas. Meskipun agak mengganggu, alat ini akan meminimalisir resiko.

10. Pulley

alat panjat tebing
Source: OutdoorGearLab

Pulley adalah sebuah alat yang digunakan untuk membelokan arah tarikan beban. Jika dibedakan menurut bentuknya, pulley memiliki beberapa jenis seperti fixed, rescue, oscillante, dan tandem.

Demikianlah 10 alat panjat tebing yang wajib dimiliki. Ikuti perkembangan informasi menarik seputar olahraga ekstrim lainnya bersama VELO! Kantong nikotin paling praktis untuk menemani keseruan petualanganmu!

Kantong nikotin VELO ditujukan untuk kamu yang sudah 18 tahun ke atas dan pengguna produk yang mengandung nikotin, bukan perempuan hamil atau menyusui. Berbagai varian rasanya bisa kamu pilih sesuai selera. Selain itu, VELO bisa dinikmati dengan nyaman kapan saja dan dimana saja tanpa khawatir mengganggu orang lain.

Hengky
For the last few years, Hengky living as a digital nomad and currently settled in Denpasar. As a writer, he is interested in a certain topic such as pseudoscience, culture, art, and lifestyle.

Related Articles

Leave a Reply