Alat Musik Mancanegara Yang Terkenal dan Mendunia!

Setiap negara pasti mempunyai ciri khas nya masing-masing yang terbentuk dalam tradisi dan budaya. Mulai dari tarian, bahasa, musik daerah, upacara adat dan lainnya termasuk alat musik tradisional mancanegara. 

Selain di Indonesia yang kaya dengan musik tradisional dari Sabang hingga Merauke sebagai bagian dari identitas suatu negara. Sama halnya juga di negara lain yang terkenal dengan alat musik tradisional juga. 

Kalau di negara Indonesia terkenal dengan alat musik gamelan, gendang, angklung, sasando dan masih banyak lagi. Kalau sebelumnya kita telah mengenal alat musik harpa, bagaimana kalau kita cari tahu lebih lanjut tentang alat musik tradisional mancanegara yang belum pernah kamu dengar sebelumnya. 

Jenis Alat Musik Mancanegara 

1. Gitar Flamenco – Spanyol 

Pernah mendengar istilah “bentuk seperti gitar Spanyol?” Nah, alat musik tradisional yang berasal dari Spanyol ini dikenal dengan nama Gitar Flamenco. 

Gitar flamenco terlihat sama dengan gitar klasik lainnya, yang membedakannya hanyalah material khusus yang digunakan sehingga mengeluarkan suara lebih lembut serta ukuran yang lebih kecil. 

Konon, gitar flamenco akan mengeluarkan suara lebih baik ketika dimainkan dengan cara dipetik langsung daripada menggunakan pick gitar. Biasanya, alat musik dari Spanyol ini sering digunakan dalam acara seni ataupun musik. 

2. Orgel – Belanda 

Alat musik tradisional lainnya berasal dari Belanda yang terkenal dengan Orgel. Jika dilihat-lihat, alat musik ini mirip dengan piano, perbedaannya ada pada banyak pipa-pipa yang menjadi pusat suara di orgel. 

Orgel sering digunakan di gereja-gereja yang memiliki konsep klasik, dan terus berkembang seiring berjalannya waktu. 

3. Bagpipe – Skotlandia 

Sama seperti namanya, Bagpipe dimainkan dengan cara ditiup. Alat musik tradisional yang berasal dari Britania Raya, Skotlandia ini terkenal dengan Bagpipe yang berbentuk kantong dengan pipa-pipa sebagai sumber suara. 

Pada bagpipe, terdapat lima pipa, empat pipa di bagian atas dan satu pada ujung kantong dengan sebutan chanter. Alat musik ini semakin menonjolkan identitas dari negara Skotlandia, karena pada bagian kantung Bagpipe menggunakan kain bermotif tartan. 

4. Janggu – Korea 

Jika kamu sering menonton drama Korea dengan tema kerajaan, maka kamu pasti tidak asing lagi dengan alat musik bernama Janggu. 

Janggu memiliki bentuk hampir sama dengan gendang, yang dimainkan menggunakan dua tongkat khusus untuk mengeluarkan suara khusus. Biasanya, Janggu akan dimainkan pada acara khusus kebudayaan, upacara sebagai ciri khas dari negara Korea. 

5. Qanun – Arab 

Alat musik mancanegara selanjutnya berasal dari Arab yang dikenal dengan nama Qanun. Jika di Indonesia memiliki kecapi, di Arab juga memiliki kecapi khas, yaitu Qanun. Bentuknya yang setengah trapesium dengan memiliki 81 senar. 

Alat musik qanun membutuhkan skill yang cukup mahir karena termasuk alat musik yang sulit dimainkan. 

6. Grajabpi – Thailand 

Alat musik yang berasal dari Thailand bernama Grajabpi ini juga memiliki bentuk seperti kecapi, dan cara memainkannya lebih mudah karena hanya memiliki tiga senar saja. 

Biasanya, grajabpi digunakan dalam acara budaya yang menonjolkan tradisi di Thailand. Pemain akan memangku Grajabpi saat memainkannya. 

7. Tabla – India 

India terkenal dengan irama musik yang kencang khususnya ketika ada acara pernikahan atau upacara lainnya. Alat musik yang dapat menimbulkan suara yang kencang tersebut bernama Tabla. 

Tabla memiliki bentuk mirip gendang dan cara memainkannya pun dipukul menggunakan tangan. Selain itu, tabla memiliki ciri khas berwarna sehingga terlihat lebih meriah. 

Frista Kurniasari
Talented professional good multitasking, organizational and verbal and written communication skills. Expertise includes writing content on topics such as Lifestyle, Humanity, Education and Travel.

Related Articles

Leave a Reply