Alat Musik Jazz Yang Sering Dimainkan di Festival Jazz

Bagi penggemar musik, pasti sudah tidak asing dengan genre musik jazz yang enak didengar. Yup, jenis musik ini memang cenderung santai dan menenangkan, tidak heran jika banyak orang yang suka mendengarkan musik jazz dan datang ke festival musik jazz tahunan. Bahkan hampir di seluruh dunia mengadakan festival musik jazz ini. Terlebih, alat musik jazz yang beragam dimainkan musisi-musisi jazz sangat keren. 

Dalam pembahasan artikel kali ini, akan dibahas satu per satu apa saja alat musik jazz yang sering dimainkan. Penasaran apa saja alat musik tersebut? Simak selengkapnya berikut ini. 

1.     Perkusi 

Alat musik jazz yang pertama ini adalah Perkusi. Jika akhir-akhir ini kamu mendengarkan musik jazz, perkusi ikut turut dimainkan di dalam musik jazz. Namun, tidak semua band atau penyanyi menggunakan perkusi untuk memainkan jazz. Beberapa musisi-musisi jazz masih menggunakan drum dengan triangle. 

Perkusi merupakan kategori alat musik yang dimainkan dengan cara digesek, dikocok, dan dipukul. Perkusi terdiri dari Xylophone, Chimes, Timpani, Triangle, Bass Drum, Snare Drum, dan Celesta. Dari banyaknya jenis perkusi, tidak semua musisi atau band menggunakannya, alasannya karena keterbatasan tempat atau memang genre musik jazz mereka tidak membutuhkan semuanya. 

Bagi kamu yang penasaran dengan alat musik jazz perkusi ini, kamu bisa menontonnya di YouTube. Atau sesekali kamu bisa datang ke festival musik jazz atau konser musik orchestra untuk melihatnya. Kamu akan melihat satu per satu alat musik perkusi dimainkan secara keren banget. 

2.     Violin 

Di abad ke-19 penggunaan violin adalah alat musik jazz yang wajib bagi band atau musisi-musisi jazz. Contohnya di masa sekarang ini, Jean-Luc Ponty atau Mazz Swift yang terkenal dengan the Almond Tree quartet memainkan alat musik violin ini dalam mengiringi musik mereka. 

Bagi sebagian orang, mereka melihat biola dan violin hampir sama. Namun, bagi para musisi jazz keduanya memiliki perbedaan yang sangat besar. Violin dan biola memang memiliki bentuk yang sama, tetapi biola dimulai dengan nada yang agak tinggi, Sedangkan untuk violin memiliki nada yang berat. 

3.     Saksofon 

Di masa sekarang ini penggunaan saksofon di dalam musik jazz bisa dikatakan wajib digunakan. Karena hampir semua musisi jazz memainkannya untuk mengiringi musik mereka. Saksofon sendiri merupakan alat musik yang berasal dari negara Belgia. 

Alat musik jazz saksofon masih merupakan satu keluarga dari klarinet yang muncul lebih dulu. Di Indonesia terdapat beberapa pemain saksofon terkenal seperti Dennis Junio, Embong Rahardjo, Damez Nababan, yang bisa kamu ikuti. 

4.     Gitar 

Ketika jazz pertama kali berkembang, sebenarnya gitar bukan termasuk skema formasi musik jazz. Karena pada saat itu, musisi jazz masih lebih memilih menggunakan alat musik seperti triangle, perkusi, dan jawbones sebagai alat musik tiup. Hingga di awal tahun 1900, gitar menjadi salah satu alat musik yang masuk dalam perkembangan jazz. Dan di tahun yang sama beberapa produsen gitar khusus mengeluarkan gitar khusus jazz. 

Tak disangka, jika irama dan nada yang dikeluarkan alat musik gitar ini malah membuat musik jazz jadi lebih berwarna. Di saat itulah, gitar langsung berkembang menjadi alat musik yang turut mengisi festival musik jazz. 

5.     Piano 

Hampir sama seperti gitar, alat musik piano juga baru masuk di awal tahun 1900-an yang ikut meramaikan keluarga musik jazz. 

Grup band jazz pertama yang menggunakan piano sebagai alat musik jazz adalah The Original Dixieland Jazz, dengan Henry Ragas sebagai pianis. Henry Ragas sendiri kemudian menjadi panutan bagi musisi jazz lainnya yang seakan menjadi pedoman bahwa piano sangat cocok dimainkan dengan genre jazz. 

Itulah 5 alat musik jazz yang banyak dimainkan di genre musik jazz. Seiring waktu, jazz memang banyak berubah. Dari yang awalnya swing atau mellow, sekarang kamu bisa mendengarkan jazz fusion atau jazz rock dengan tempo musik yang lebih cepat. Semua kembali ke kamu apakah lebih suka jazz klasik atau jazz modern. 

Festival Musik Jazz Tahunan yang Terkenal 

Selain alat musik yang umumnya dimainkan untuk mengiringi musik jazz, popularitas musik jazz juga kian meningkat di tengah masyarakat. Hal ini bisa dilihat dengan banyaknya festival musik jazz yang diadakan di Indonesia. Biasanya festival musik jazz rutin diselenggarakan tiap tahun yang selalu menghadirkan musisi-musisi jazz terkemuka di level internasional dan nasional. Apa saja festival musik jazz tersebut? Simak 3 festival musik jazz tahunan yang terkenal diselenggarakan di Indonesia. 

·         Jakarta International Java Jazz 

Festival musik jazz yang sudah level Internasional ini sudah diselenggarakan sejak tahun 2005. Jakarta International Java Jazz selalu menghadirkan musisi-musik jazz dalam negeri maupun musisi jazz internasional. Pada tahun 2010, Jakarta International Java Jazz ini pernah dinobatkan sebagai festival musik jazz terbesar di dunia oleh MURI dengan menghadirkan 1300 musisi pada 21 panggung. 

·         Jazz Goes to Campus 

Festival musik jazz ini ditujukan bagi mahasiswa yang menggemari musik jazz, karena diselenggarakan setiap tahunnya di kampus Universitas Indonesia. Jazz Goes to Campus menghadirkan para musisi-musisi jazz terkenal di dalam negeri maupun luar negeri lho! Festival musik ini bukan hanya diselenggarakan dalam bentuk musik jazz saja, namun juga sebagai festival musik yang memberikan kesempatan bagi musisi-musisi baru dan berbakat di Indonesia. 

·         Jazz Gunung 

Festival musik jazz ini cukup unik karena langsung diadakan di Gunung Bromo. Di festival musik jazz ini, kamu bisa berwisata sekaligus menikmati lantunan musik jazz.  

Selain menikmati lantunan musik jazz yang indah. VELO, kantong nikotin bebas tembakau, tanpa asap, tanpa bau bisa jadi teman setia kamu. Apa kamu ingin coba VELO? Caranya gampang, ambil 1 kantong VELO, letakkan di antara bibir dan gusi atas, rasakan sensasinya. VELO hanya diperuntukan untuk pengguna 18 tahun ketas, bukan perempuan hamil atau menyusui.

Elya
Seorang penulis blog yang sudah berkecimpung sejak tahun 2014 sampai sekarang.

Related Articles

Leave a Reply